Pengembangan E-Modul Tari Topeng Patih Berbasis Model 3N Siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 1 Ngajum

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i52022p645-657

Keywords:

E-Modul; Tari Topeng Patih; Penelitian Pengembangan

Abstract

Abstract: Teaching materials are needed in learning to support the process properly. This research and development aim to produce teaching material products of E-Modules that are valid, practical, interesting, and can improve student learning outcomes. The Patih Mask Dance E-module product was developed as technology-adaptive teaching material in accordance with 2013 curriculum in class VIIIc SMP Negeri 1 Ngajum. This research and development use a modified Borg and Gall method with stages, 1) Analysis of potential and problems, 2) Initial product analysis, 3) Initial product development, 4) Validation and revision, 5) Small-scale trials and revisions, 6) Large-scale trial and production. The results of the development of the E-Modul contain covers, material concept maps, materials of Topeng Patih dance, and practice questions. The resulting E-Module is categorized as very valid with a validation result of 95.9 percent. E-Modules are also categorized as very practical and very interesting through the responses of students with practicality test results of 90.3 percent and attractiveness test results of 87.3 percent. Learning with E-Modules can also improve student learning outcomes, which is indicated by increasing the pretest results, which initially only 9.4 percent of students who scored above the KKM increased to 71.9 percent in the post test results.

Keywords: e-modul; tari topeng patih; development research

Abstrak: Bahan ajar diperlukan dalam pembelajaran agar dapat menunjang prosesnya dengan baik. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa E-Modul yang valid, praktis, menarik, dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk E-Modul tari Topeng Patih dikembangkan sebagai bahan ajar yang adaptif teknologi sesuai dengan kurikulum 2013 di kelas VIIIc SMP Negeri 1 Ngajum. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan modifikasi metode Borg and Gall dengan tahapan yaitu 1) Analisis potensi dan masalah, 2) Analisis produk awal, 3. Pengembangan produk awal, 4) Validasi dan revisi, 5) Uji coba skala kecil dan revisi, 6) Uji coba skala besar dan produksi. Hasil pengembangan E-Modul berisi cover, peta konsep materi, materi tari Topeng Patih, dan latihan soal. E-Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid dengan hasil validasi sebesar 95,9 persen. E-Modul juga dikategorikan sangat praktis dan sangat menarik melalui respon peserta didik dengan hasil uji kepraktisan sebesar 90,3 persen dan hasil uji kemenarikan sebesar 87,3 persen. Pembelajaran dengan E-Modul juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan melalui peningkatan hasil pretest yang semula hanya 9,4 persen peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM meningkat menjadi 71,9 persen pada hasil posttest-nya.

Kata kunci: e-modul; tari topeng patih; penelitian pengembangan

References

Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ardhyantama, V. (2020). Pengembangan kreativitas berdasarkan gagasan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 73–86. Retrieved from https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/387/

Arianto, A. S., & Nadiar, F. (2021). Studi literatur tentang penerapan media pembelajaran modul pada materi menggambar 2D dengan AutoCAD di Sekolah Kejuruan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42929

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, D., Pratama, A., & Rani, H. A. D. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas (WAN) kelas XI di SMK Negeri 1 Kempas. Joined Journal, 3(1), 52–61. doi: https://doi.org/10.31331/joined.v3i1.1075

Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Panduan praktis penyusun e-modul pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Firmansyah. (2021). Pengembangan e-modul mata pelajaran Matematika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII Di SMP Negeri 9 Pagar Alam. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 157–168. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/view/18379

Hanafi. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204

Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. Proceedings of Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial, 2019, 280–286.

Irfadila, M. S. (2020). Praktikalitas pengembangan bahan ajar pembelajaran bahasa dan IBM mahasiswa Program Studi PBSI FKIP UMSB. Inovasi Pendidikan, 7(2), 76–83. doi: https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2305

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikbud (ed.)). Retrieved from http://www.bssaonline.org/content/95/6/2373%5Cnhttp://www.bssaonline.org/content/95/6/2373.short%0Ahttp://www.bssaonline.org/cgi/doi/10.1785/0120110286%0Ahttp://gji.oxfordjournals.org/cgi/doi/10.1093/gji/ggv142%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/s00024-01

Kemendikbud. (2018). Perubahan atas Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan e-modul (modul digital) dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219–231. doi: http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828

Manurung, Y., Junaidi, J., & Hermawan, I. (2021). Model latihan lari sprint berbasis permainan untuk usia 6-12 tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 156–171. doi: https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1403

Minarto, S. W., & Rahmanto, K. D. (2020). Topeng Patih dance: A manifestation of the beginning of human life in the Malang mask puppet’s world. KnE Social Sciences, 2020, 456–469. doi: https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7619

Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi google classroom, google form, dan quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26. doi: https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129

Nita, C. I. R., Jazuli, M., Sumaryanto F., T. & Sayuti, S. A. (2018). Niteni, Niroake, Nambahi (3N) concept in the learning of dance in Elementary School. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(5), 137–142. doi: https://doi.org/10.2478/mjss-2018-0106

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model pembelajaran respons verbal dalam kemampuan berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. doi: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Nurlatifah, S. C., Hodijah, S. R. N., & Nestiadi, A. (2021). pengembangan modul berbasis multimedia dengan menggunakan Flip PDF Professional pada tema udara yang sehat. PENDIPA: Journal of Science Education, 6(1), 226–232. doi: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.226-232

Pradana, R. A., Sulton, & Husna, A. (2020). Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran Seni Budaya materi konsep budaya, seni, dan keindahan kelas X SMKN 1 Turen Malang. JINOTEP, 6(2), 89–96. doi: https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p089

Purwaningtyas, Dwiyogo, W. D., & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis online dengan program edmodo. Jurnal Pendidikan, 2(1), 121–129. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8471

Pratiwi, E. Y. R., & Asmarani, R. (2018). Kualitas media card dance untuk pembelajaran seni tari di lembaga pendidikan. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. doi: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2534

Rosnawati, V., & Sunaryati. (2021). Pengembangan ensiklopedia berbasis potensi lokal Wakatobi pada materi mollusca. Jurnal Pendidikan Tambslai, 5(3), 6622–6632. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2003

Setyaningsih, Rusijono, & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. doi: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Tahrun. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis konstruktivisme pada kelas maya melalui LMS Sisfo. Proceedings of Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 2021, 34–45. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5468

Winaya, I. K. A., Darmawiguna, I. G. M., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan e-modul berbasis project-based learning pada mata pelajaran Pemrograman Web kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. KARMAPATI: Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 13(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/8203

Zulhijjah. (2021). Meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa di masa new normal melalui e-modul interaktif. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 10(2), 67–74. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/10299

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Sugevin, W. ., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. . (2022). Pengembangan E-Modul Tari Topeng Patih Berbasis Model 3N Siswa Kelas VIIIc SMP Negeri 1 Ngajum. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(5), 645–657. https://doi.org/10.17977/um064v2i52022p645-657

Issue

Section

Articles