Identifikasi Miskonsepsi Materi Upaya Pelestarian dan Keseimbangan Alam Kelas V SDN Bendogerit 1

Authors

  • Sholiahtuzumna Putri Permadani Universitas Negeri Malang
  • Jihan Dewi Nur Aini Universitas Negeri Malang
  • M Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p916-924

Keywords:

misconception, natural science, natural resources, miskonsepsi, ilmu pengetahuan alam, sumber daya alam

Abstract

Abstract: Misconception is one of the cause of low score for the students’ subject or lessons. Then, the teacher is one of the factor of students’ misconception. The aims of the research is to describe the misconception among the students of the Fifth  Class SDN Bendogeerit 1, particularly the their misconception of sciences relating to effort in preservation and natural balance. The participants of research are 9 men and 10 girls in the fifth grade at SDN Bendogerit 1. The methode used in the research was descriptive quantitative. The data was gained through multiple choice test that using the answering sheet certainty of respone index (CRI) and the sample was 19 students. The result of research was: 1) misconception was occuring among the fifth grade students; 2) misconception was not influenced by the difficulties of questions level (misconception was occurred in any difficulties levels); 3) cognitif levell that mostly appeared the misconception was C2 (understanding); 4) the students which the abilities in low categories mostly having the misconception. Some advices of researcher, such as: the teachers must be change their low qualities of style and method learning upgrading the learning process (meaningful learning) through the constructive process in the form of active learning using the available media.

Abstrak: Miskonsepsi merupakan salah satu penyebab rendahnya nilai pada suatu mata pelajaran pada siswa. Salah satu faktor miskonsepsi pada siswa adalah guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas V SDN Bendogeerit 1, khususnya pada mata pelajaran IPA tentang upaya pelestarian dan  keseimbangan alam. Partisipan pada penelitian kali ini terdiri dari siswa 9 laki-laki dan 10 perempuan kelas V SDN Bendogerit 1.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui tes pilihan ganda dengan lembar jawaban certainty of respone index (CRI) dengan sampel berjumlah 19 siswa. Temuan dari penelitian ini : 1) Miskonsepsi telah terjadi pada siswa SD kelas 5 di beberapa konsep yang diteliti; 2) Miskonsepsi, tidak bergantung pada tingkat kesukaran soal (miskonsepsi bisa terjadi tingkat kesukaran apa saja); 3) Jenjang kognitif yang banyak menimbulkan miskonsepsi adalah C2 (pemahaman); 4) Siswa dengan kemampuan kategori rendah paling banyak mengalami miskonsepsi. Beberapa saran dari peneliti, diantaranya : Guru diharapkan dapat merubah pola dan gaya mengajar berkualitas rendah ke pembelajaran yang bermakna (meaningful learning) melalui proses-proses yang konstruktif melalui bingkai pembelajaran aktif yang dibantu penggunaan media yang baik.

References

Ariyastuti, Y., & Yuliawati, F. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Ipa Menggunakan Soal Esai Bagi Siswa Cerdas Istimewa Di Sd Muhammadiyah Condongcatur Sleman. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 27. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9608

Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 5. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.331

Jubaedah, D. S. (2017). PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI. VI, 35–40.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Law, J. F. (2008). Diagnosis of Student Understanding of Content Specific Science Areas Using On-Line Two-Tier Diagnostic Tests. April.

Lidi, M. W., Mei, M. F., & Wondo, M. T. S. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Menggunakan Metode Cri (Certanty of Response Index) Pada Materi Ekologi Mata Kuliah Biologi. Inovasi Pembelajaran Menyenangkan Di Tingkat Pendidikan Dasar, 3(5), 160–166.

Mahanal, S. (2019). Pembelajaran Deteksi Kualitas Air Sederhana dengan Indikator Biologi Bentos Makroinvertebrata. Pembelajaran Deteksi Kualitas Air …. https://core.ac.uk/download/pdf/295236799.pdf

Maison, M., Lestari, N., & Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.314

Maulini, S., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). The Three Tier-Test Untuk Mengungkap Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Konstanta Pegas. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 28. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.222

Mieke, L. T., Sari, W. W., & Winarti, E. (2019). Miskonsepsi IPA biologi pada guru kelas IV sekolah dasar. Symposium of Biology Education (Symbion), 2, 183–193. https://doi.org/10.26555/symbion.3524

Prastika, A. D. (2019). Miskonsepsi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas V Di Sekolah Dasar. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 29–34. https://doi.org/10.30595/dinamika.v9i1.3857

Qisthi Fariyani, Ani Rusilowati, S. (2015). PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGUNGKAP MISKONSEPSI FISIKA SISWA SMA KELAS X. 4(2), 41–49.

Rhomartin, W., Muyassaroh, I., & Salimi, M. (2015). Membangun imajinasi dan kreativitas anak melalui Literasi. In Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi.

Wahyuningsih, E. (2016a). Identifikasi Miskonsepsi Ipa Siswa Kelas V Di Sd Kanisius Beji. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22, 115–123.

Wahyuningsih, E. (2016b). Identifikasi Miskonsepsi Ipa Siswa Kelas V Di Sd Kanisius Beji Tahun Pelajaran 2015/2016. Basic Education, 5(22), 2-105-2.114. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2624

Yuliati, Y. (2017). Literature Review. Jurnal Bio Education, 2, 50–58.

Downloads

Published

30-10-2022

How to Cite

Permadani, S. P., Aini, J. D. N., & Thohir, M. A. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Materi Upaya Pelestarian dan Keseimbangan Alam Kelas V SDN Bendogerit 1. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 916–924. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p916-924

Issue

Section

Articles