Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode Sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dera Karisma Ningsih PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Mifdal Zusron Alfaqi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p564-571

Keywords:

motivasi siswa, pengembangan soal, kualitas pendidikan dasar, Quizizz

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Quizizz paper mode sebagai media evaluasi dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian meliputi soal evaluasi, kuesioner, dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz paper mode efektif dalam mengevaluasi pembelajaran matematika, dengan rata-rata nilai siswa sebesar 78,5 dan distribusi nilai yang mayoritas berada di atas 70. Persepsi siswa terhadap Quizizz paper mode sangat positif, dengan 80 persen siswa merasa metode ini mudah digunakan, 85 persen menyatakan soal-soalnya jelas, dan 70 persen merasa lebih termotivasi. Guru juga mendukung penggunaan metode ini, menyatakan bahwa Quizizz paper mode mempermudah penyusunan dan penilaian soal serta meningkatkan antusiasme siswa. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan format baru. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi pelatihan lebih lanjut bagi guru, penelitian jangka panjang, dan pengembangan variasi soal yang lebih kreatif. Secara keseluruhan, Quizizz paper mode merupakan alternatif yang efektif dan disukai dalam evaluasi pembelajaran matematika, serta berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

References

Adnan, A. T. W., & Adi, P. (2024). Implementasi Media Quizizz sebagai Sarana Pembelajaran pada Materi Teks Berita untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 SMP di Era Society 5.0. Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 957–965. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p957-965

Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 63–73.

Amorchewin, R. (2018). Pengembangan keterampilan bahasa SQL dalam bahasa definisi data dan manipulasi data menggunakan latihan dengan Quizizz untuk keterlibatan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Indonesia, 2(2), 85–90.

Arini, K. A. D., & Hidayanto, E. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Quizizz Metode Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 403–410. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p403-410

Azizah, N. N., & Hidayat, R. (2024). Pengembangan Asesmen Digital Berbasis Game Edukatif Quizizz pada Mata Pelajaran Marketing. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 195–209. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p195-209

Bahri, S., Mutaleb, A., Gunawan, T., & Zainuddin, Z. (2021). Implementasi game Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran berani menyenangkan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 13(2), 180–188.

Basuki, Y., & Hidayati, Y. N. (2019). Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 1–10.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Dhamayanti, M. Z., Hidayati, D., Hasanah, E., & Sukirman, S. (2024). Pengalaman peserta didik kelas 1 SD dalam menggunakan Quizizz sebagai sarana belajar interaktif. Manajemen Pendidikan, 1–15.

Fauziah, R., & Hadi, M. S. (2023). Analisis efektivitas dan manfaat Quizizz paper mode dalam pembelajaran interaktif di kelas III SDN Singabraja 02. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721–2730.

Handayani, L., & Setiawan, B. (2020). Efektivitas penggunaan Quizizz dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 45–52.

Indrawan, G. M., Retnantiti, S., & Sakti, K. F. L. (2023). Penerapan Media Permainan Interaktif Petak Kata Berbasis Aplikasi Quizizz untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa SMA Lintas Minat. Journal of Language Literature and Arts, 3(10), 1474–1484. https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1474-1484

Khusna, D. N. M. (2024). Pemanfaatan paper mode Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran PAI kelas 8 SMP IT Baitul Muslim. Jurnal Pengembangan Profesi Guru (JPPG), 2(2), 1–10.

Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers' perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability, 13(11), 6436.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game Quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Ni’am, M. K., Saputra, I., Muttaqin, U., & Novianti, D. (2023, August). Efektivitas penggunaan Quizizz paper-mode terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Wiradesa. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 520–528).

Pixyoriza, P., Iskandar, I., Khoiriyah, B., Widyawati, S., & Sari, W. R. (2024). Pelatihan penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran. Journal of Human and Education (JAHE), 4(3), 522–528.

Quizizz. (2024). Quizizz paper mode. Diakses pada 1 Juli 2024, dari https://quizizz.com/

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media penilaian pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66.

Sari, D. P., & Rahmawati, D. (2018). Implementasi aplikasi Quizizz dalam evaluasi pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 123–130.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.

Wahyuni, S., Rubingah, N., Hakiky, N., Wicaksono, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Penggunaan aplikasi Quizizz untuk mengukur aspek kognitif siswa SD pada mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(4), 811–824.

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Ningsih, D. K., & Alfaqi, M. Z. (2025). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode Sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 564–571. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p564-571

Issue

Section

Articles