Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Berbasis Media Bamboozle terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p557-563Keywords:
One Shot Case Study, TGT, media Bamboozle, IPS, hasil belajarAbstract
Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan saat ini telah memasuki era Abad 21. Salah satu ciri khas Abad 21 adalah masifnya penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Kompetensi Abad 21 menuntut dunia pendidikan untuk mengintegrasikan kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara holistik. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif guru untuk mendorong peserta didik agar mampu mencapai kompetensi tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan merumuskan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media Bamboozle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT berbasis media Bamboozle terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII F pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 24 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis pre-experimental design, menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Data dikumpulkan melalui instrumen tes, kemudian dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan desain One Shot Case Study, ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT berbasis media Bamboozle terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Sig. 0,00 kurang dari 0,05.
References
Anjarwati, R., & Dewi, R. S. I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p279-286
Arini, A. D., & Sukriono, D. (2025). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman PPKN Siswa SMP melalui Implementasi Model PBL Berbasis TGT. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 248–259. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p248-259
Dahlia, (2024). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Memerdekakan Pendidikaan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 1-1. https://doi.org/10.17977/um063v4i6p1
Firdausi, M., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Model Kooperatif Teams Game Turnament untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 794-800.
Ilma, I. N., Sutrisno, S., & Lestari, L. P. (2025). Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan E-LKPD Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p19-27
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).
Kartika, S. K. D. (2025). Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Mata Pelajaran PKn. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 133–143. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p133-143
Kurniawan, D., Wibawa, A., & Anugrah, P. (2021). Artificial Intelligence Sesuai dengan Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 1(8), 599-611. https://doi.org/10.17977/um068v1i82021p599-611
Maf’ula, D., & Suherjanto, I. (2024). Penerapan Konsep Among Ki Hajar Dewantara dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berbahasa Siswa. Journal of Language Literature and Arts, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um064v4i12024p61-66
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.
Ningsih, O., Sumardi, S., & Suryana, Y. (2017). Implikasi Implementasi Model Cooperative Learning Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran IPS. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i1.7381
Niyarci, N. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 46-55.
Quill, J., & Kahu, E. R. (2022). Building a Bridge to Learning: The Critical Importance of Teacher Aide–Student Relationships in the Primary School Classroom. Australasian Journal of Special and Inclusive Education, 46(2), 164-177.
Sitanggang, N. D., & Lubis, M. J. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 71-82.
Sofiuddin, A., & Saputra, M. (2024). Profil Guru Pancasila Ditinjau dari Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p92-100