Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia di Kelas IV SD

Authors

  • Shefina Febrian Trisnanda Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Dya Ayu Agustina Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Frita Devi Asriyanti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p616-627

Keywords:

gaya belajar, pengajaran individual, JAMOVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana preferensi belajar siswa dalam pengajaran individual memengaruhi motivasi mereka dalam belajar bahasa Indonesia di kelas IV SDN 3 Rejoagung. Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dengan mengombinasikan metode visual, aural, dan kinestetik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol dan eksperimen, yang masing-masing terdiri dari 35 peserta didik. Pretest dan posttest digunakan untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran. Validitas dan reliabilitas kuesioner minat belajar dianalisis menggunakan perangkat lunak JAMOVI 2.3.2. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen memiliki reliabilitas tinggi (Cronbach’s α = 0,997) dan validitas yang memadai. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam hasil posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (p kurang dari 0,001). Pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru dalam menerapkan strategi pengajaran yang beragam dan sesuai dengan preferensi belajar siswa. Dengan memahami gaya belajar individu, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Askuri, A. N., Wijayanti, A., & Dwijayanti, I. (2023). Analisis gaya belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 12(4), 4471–4477.

Azizah, S. A., Usman, A., Fauzi, M. A., & Rosita, E. (2023). Analisis gaya belajar siswa dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 1–12.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780–1793.

Fahriani, D. K., & Karkono, K. (2024). Dampak strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar menulis surat. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1110–1116. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1110-1116

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(1), 31–39.

Kurniati, A., Fransiska, & Sari, A. W. (2019). Analisis gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 6(2), 87–103.

Latifah, D. N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Nugroho, C. M. R., & Darmawan, P. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif teori belajar humanistik pada sekolah dasar: Studi literatur. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 282–290. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p282-290

Sari, R. D., Saputra, H. J., Kusumaningsing, W., & Eniwati, C. (2023). Analisis gaya belajar siswa kelas 2 ditinjau dari prestasi belajar di SDN Kalicari 01. Journal of Social Science Research, 9(3), 113–124.

Sari, S. W., Untari, M. F., Haryati, T., & Saputro, S. A. (2023). Analisis gaya belajar siswa kelas V untuk menentukan pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(4), 2021–2024.

Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia: Analisis implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 49–60.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Alfabeta.

Susanti, N., Rinadevi, R. S., & Sukma, E. (2024). Analisis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1566–1577.

Sutisna, A., & Listriyani, R. (2023). Analisis gaya belajar siswa pada pembelajaran Kurikulum Merdeka di kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 10(2), 18–24.

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Trisnanda, S. F., Agustina, D. A., & Asriyanti, F. D. (2025). Pengaruh Gaya Belajar Siswa terhadap Minat Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia di Kelas IV SD. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 616–627. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p616-627

Issue

Section

Articles