Implementasi Nilai Luhur Religius pada Peserta Didik SMP di Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p606-615Keywords:
nilai luhur, pendidikan karakter, budaya religiusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan nilai-nilai religius pada peserta didik SMP di Malang serta mengevaluasi efektivitas program-program sekolah dalam membangun budaya religius di kalangan siswa. Pendidikan karakter berbasis nilai religius menjadi bagian integral dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik agar sesuai dengan norma sosial dan moral yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap kegiatan keagamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai program sekolah, seperti pembiasaan membaca Asmaul Husna, istighosah, sholat berjamaah, serta penerapan budaya senyum, salam, sapa, sopan, dan santun (5S), memiliki dampak positif terhadap peningkatan perilaku religius peserta didik. Selain itu, keterlibatan guru dan lingkungan sekolah yang mendukung turut berperan dalam membentuk kebiasaan positif di kalangan siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam penguatan karakter religius peserta didik serta mendukung tujuan pendidikan nasional melalui pembentukan budaya sekolah yang inklusif dan berorientasi pada nilai-nilai keagamaan. Implikasi dari penelitian ini juga dapat menjadi dasar bagi sekolah untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran berbasis nilai religius guna membangun karakter peserta didik yang berakhlak mulia.
References
Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/916
Arifani, M. A., Anita, A. F., Fauziyah, A. N., & Gunawan, A. (2022). Efektivitas Penerapan Budaya 5s (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Perwujudan Pelayanan Prima Di Kantor Kelurahan Cisurupan Kota Bandung. Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial, 20(1), 59-69. https://doi.org/10.54783/dialektika.v20i1.34
Aulia, L. R. (2016). Implementasi nilai religius dalam pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(3), 314-323.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2).
Hardiansyah, F. (2020). Implementasi nilai religius melalui budaya sekolah: Studi fenomenologi. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15-24. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.49
Indriani, D. F., Anggraini, N. A., Hasanah, W. E. A., Bintartik, L., & Lestari, A. D. (2025). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 480–487. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p480-487
Izzah, N. N., & Anggoro, B. K. (2024). Inovasi Pengelolaan Kelas: Strategi Meningkatkan Disiplin dan Keterlibatan Peserta didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 339–348. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p339-348
Jannah, R. J., & Khikmah, A. N. (2018). Implementasi nilai-nilai luhur budaya pencak silat sebagai pendidikan karakter siswa di sekolah. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 141-146.
Kurniawan, M. A., Ysh, A. S., & Artharina, F. P. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa di SDN Jambean 01 Pati. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(2), 197-204. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i2.1174
Maftuka, E. A., Subekti, E. A., Siswanto, J., & Purbiyanti, E. D. (2023). Analisis nilai dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di SDN Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 3115–3119.
Maleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Maleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Naderifar, M., Goli, H., & Ghaljaie, F. (2017). Snowball Sampling: A Purposeful Method of Sampling in Qualitative Research. Strides in Development of Medical Education, 14(3),
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan inklusif: Membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan kearifan budaya. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 8(2), 11–22.
Nurdiyanto, N., Basri, H. B. H., & Suhartini, A. S. A. (2024). Internalisasi Nilai Religius pada Mata Pelajaran PAI Jenjang SD untuk Mengembangkan Sikap Keberagamaan Siswa. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 97-112. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.12826
Nurjanah, I., & Sholeh, A. H. (2020). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa. Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 58-73. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n1.58-73
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
Prasetya, B. (2014). Pengembangan budaya religius di sekolah. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 100–112. Retrieved from https://ejournal.staimta.ac.id/index.php/edukasi/article/view/59.
Pratiwi, I. (2020). Internalisasi Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MTs Ma'arif Mojopurno Magetan (Tesis, IAIN Ponorogo). https://etheses.iainponorogo.ac.id/9791/
Sa’diyah, N., Nugraheni, N. E., Missa, H., & Basuki, I. A. (2024). Karakter Luhur Guru dalam Nilai Moral Tari Topeng Malangan. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 445–450. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p445-450
Saputra, Z. N., & Saputra, A. B. (2024). Peran Guru dalam Pengimplementasian Nilai Karakter Religius di Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(6).
Siregar, W. S. (2022). Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam di SD Sampean Tapanuli Selatan. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 6(1), 17-27. 10.24269/tarbawi.v6i1.1252
Suwarni. (2020). Penanaman nilai religius dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, 3(1), 19–27.
Syafei, I., & Abdillah, A. (2020). Implementasi pendidikan karakter religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17-30.
Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Hamdani, M. D. A. (2019). Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kualitas pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 17–34.
Ulfah, R. N. T. (2020). Model penguatan agama melalui budaya religius sekolah. Jurnal Mudarrisuna.
Umar, M. (2019). Urgensi nilai-nilai religius dalam kehidupan masyarakat heterogen di Indonesia. Jurnal Civic Education, 3(1).
Utami, D., & Susanti, R. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14-24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130
Wahab, A. J. (2015). Harmoni di Negeri Seribu Agama. Elex Media Komputindo.
Yanti, R. A., & Sahrina, A. (2024). Implementasi Penghayatan Nilai Kebhinekatunggalikaan dan Pancasila di SMP sebagai Upaya Penguatan Identitas Manusia Indonesia. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 245–254. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p245-254
Zamroni. (2011). Pendidikan demokrasi pada masyarakat multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahrina, Eko Hajianto Sula, Febi Elvara Aprilia , Dyah Putri Setyaningrum, Atika Nur Almira, Faozan, Adi Atmoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.