Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p189-196Keywords:
Project Based Learning (PjBL), motivasi belajar, hasil belajar, siklus, pendekatan pembelajaranAbstract
Permasalahan yang ada pada Siswa kelas 7.2 yaitu model pembelajaran yang masih sering menggunakan model ceramah ataupun masih menggunakan cara mengajar yang konvensional yang mengakibatkan siswa merasa bosan disaat pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas 7 SMPN 30 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain terkontrol pretest-posttest. Sampel penelitian yang digunakan (PTK) penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. 1 siklus dilakukan sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PjBL dan 1 siklus kelompok kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. pada pembelajaran suhu dan kalor melalui model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam hal motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Temuan ini mengidikasikan bahwa penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta hasil belajar mereka. Kajian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian yang lebih komprehensif yang mencakup jumlah sekolah dan subjek penelitian yang lebih banyak agar diperoleh generalisasi lebih kuat mengenai pengaruh PjBL terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
References
Julyanti, E., Hasibuan, L. R., Siregar, S. U., Listiana, W., & Adelina, Y. (2019). Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas VII SMP Budi Utomo. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 5(2), 43–46.
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran berbasis masalah (Problembased Learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 1(2), 207075.
Purwanto, M. N. (2006). Ilmu Pendidikan: teoritis dan praktis remaja rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=585668
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ipa materi pencemaran lingkungan melalui model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal pendidikan MIPA, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Simbolon, P. (2015). Peningkatan hasil belajar ipa dengan menggunakan model project based learning bagi siswa SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. School Education journal PGSD FIP Unimed, 3, 164–175. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i1.2177
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyunita, M. (2017). Pengaruh metode mathemagics terhadap kemampuan penalaran matematis di tinjau dari motivasi belajar siswa smkn 1 bandar lampung tahun ajaran 2016/2017 [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/647/
Wena, M. (2016). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1110602
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi pembelajaran IPA. Bumi Aksara.
Yamin, Moh. (2015). Teori dan metode pembelajaran: konsepsi, strategi dan praktik belajar yang membangun karakter. Madani. https://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=281999