Implementasi Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p11-18

Keywords:

metode PjBL, pembelajaran Matematika, Project Based Learning, sekolah dasar

Abstract

Metode Project Based Learning (PjBL) merupakan metode pembelajaran yang bermakna dan bersifat kontekstual, dengan menerapkan metode PjBL siswa dapat menunjukkan kreativitasnya dan juga siswa diharapkan dapat belajar mandiri dengan meningkatkan motivasi belajarnya. Maka dari itu, guru dituntut untuk memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai khususnya pada pembelajaran Matematika. Matematika salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh siswa pada jenjang sekolah dasar, dengan mempelajari ilmu matematika siswa dapat mengenal angka, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian macam-macam bangun sekaligus bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dalam memecahkan masalah. Artikel ini mendiskusikan tentang implementasi atau penerapan metode Project Based Learning (PjBL) metode ini merupakan metode yang cocok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Pada akhir pembahasan akan diuraikan bagaimana implementasi metode Project Based Learning dalam pembelajaran Matematika kelas 1 di sekolah dasar.

References

Andi Setiawan. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., ... & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Bhoke, W., & Bara, F. E. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra untuk membelajarkan materi trigonometri pada siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10429-10443.

Febriyanti, K. N., & Hidayat, W. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Berbantuan Thunkable dengan Model Project Based Learning pada Materi CSS Kelas X Pro-gram Keahlian PPLG. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 184–194. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p184-194

Fitrah, L. (2017). Metodologi Penelitian, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. CV. Jejak.

Hendilen, H., Zulbainarni, N., Hubeis, A., & Anggoro, B. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Tenaga Kependidikan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Belantika Pendidikan, 5(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.47213/bp.v5i1.121

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak mendapatkan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dalam dimensi politik hukum pendidikan. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(2), 207-222

Ika, E., Putra, A. K., & Insani, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ber-bantuan Aplikasi Edmodo terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 329–338. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p329-338

Izzah, N. N., & Anggoro, B. K. (2024). Inovasi Pengelolaan Kelas: Strategi Meningkatkan Disiplin dan Keterli-batan Peserta didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 339–348. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p339-348

Jamaris, M. (2014). Pengembangan instrumen baku kecerdasan jamak anak usia dini. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 25(2), 123-137.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.

Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W., & Hartono, H. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ansambel Musik dengan Model Project Based Learning (PjBL). JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092

Oktiara, R. E., Azizah, S. N., Izzah, N. N., Naditasari, R. I., Buwono, O. E. P., Artanto, D. F., & Pratamawati, E. S. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Gaya Belajar Peserta Didik Kelas 7 pa-da Mata Pelajaran Seni Budaya. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um064v4i12024p1-7

Pratiwi, D. Y. (2023). Analisis Kebijakan Sistem Pengembangan Kompetensi Pegawai Melalui Corporate University Di Lingkungan Kementerian Hukum Dan Ham (Studi Kasus pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Trianto, A., de Voodg, N. J., & Tanaka, J. (2014). Two new compounds from an Indonesian sponge Dysidea sp. Journal of Asian natural products research, 16(2), 163-168.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Downloads

Published

07/15/2024

How to Cite

Miranda, V. J. Y. ., & Utama, C. . (2024). Implementasi Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar . Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p11-18

Issue

Section

Articles