Penguatan Profil Guru Pancasila melalui Mata Kuliah Etika dan Profesionalisme Guru

Authors

  • Rina Sari PPG Universitas Negeri Malang
  • Dita Permai Sela PPG Universitas Negeri Malang
  • Irma Rizki Putri Sutriyanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Oktavia Gita Cahyani PPG Universitas Negeri Malang
  • Retno Asri Dwi Jayantari PPG Universitas Negeri Malang
  • Sabrina Anisa Putri PPG Universitas Negeri Malang
  • Sa'dun Akbar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p226-234

Keywords:

etika, guru profesional, Pancasila, profil guru Pancasila

Abstract

Pendidikan etika dan profesionalisme guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan profil guru yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Meskipun demikian, implementasi pendidikan tersebut dalam kurikulum pendidikan seringkali menemui berbagai tantangan. Metode literatur review digunakan dalam penelitian ini untuk mengkaji tiga jurnal yang berkaitan dengan penguatan profil guru Pancasila melalui mata kuliah etika dan profesionalisme guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas mata kuliah etika dan profesionalisme guru dalam menanamkan dan memperkuat nilai-nilai Pancasila pada calon guru. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal-jurnal yang ditinjau meliputi kualitatif dengan desain studi kasus, eksperimen dengan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest, dan analisis dokumen pembelajaran. Teknik pengumpulan data mencakup observasi kelas, wawancara dengan dosen dan mahasiswa, serta tes dan observasi. Hasil dari tinjauan literatur menunjukkan bahwa mata kuliah etika dan profesionalisme guru efektif dalam menanamkan dan memperkuat nilai-nilai Pancasila pada calon guru. Antusiasme mahasiswa dalam mempelajari nilai-nilai Pancasila dan kemampuan mereka dalam menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan proses pembelajaran menunjukkan potensi besar mata kuliah ini dalam menghasilkan guru yang berkualitas dan berintegritas. Oleh karena itu, penguatan profil guru Pancasila melalui mata kuliah etika dan profesionalisme guru merupakan langkah yang tepat dalam mempersiapkan calon guru yang berkualitas untuk mendidik generasi muda Indonesia.

Kata kunci: etika, guru, profesionalisme, profil Pancasila

Strengthening the Profile of Pancasila Teachers through Ethics and Teacher Professionalism Courses

Ethical education and teacher professionalism have an important role in shaping the character and profile of teachers under Pancasila values. However, the implementation of this education in the educational curriculum often encounters various challenges. The literature review method was used in this research to examine three journals related to strengthening the profile of Pancasila teachers through courses on ethics and teacher professionalism. This research aims to evaluate the effectiveness of courses on ethics and teacher professionalism in instilling and strengthening Pancasila values ​​in prospective candidates. Teacher. The research methods used in the journals reviewed include qualitative with a case study design, experiments with a one group pretest-posttest pre-experimental design, and analysis of learning documents. Data collection techniques include classroom observations, interviews with lecturers and students, as well as tests and observations. The results of the literature review show that courses on teacher ethics and professionalism are effective in instilling and strengthening Pancasila values ​​in prospective teachers. The enthusiasm of students in learning the values ​​of Pancasila and their ability to apply them in daily life and the learning process shows the great potential of this course in producing teachers of quality and integrity. Therefore, strengthening the profile of Pancasila teachers through courses on ethics and teacher professionalism is the right step in preparing qualified teacher candidates to educate Indonesia's young generation.

Keyword: ethics, teachers, professionalism, Pancasila profile

References

Abdillah, M. (2021). Penguatan Profil Guru Pancasila Melalui Mata Kuliah Etika dan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan Karakter.

Abdillah. (2021). literature review. desain penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, 75–94.

Anggraini, M. (2023). profesionalisme guru dalam penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelaja-ran agama islam di UPT SMP Negeri 5 Medan. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdi-an Kepada Masyarakat, 3(1), 883–891.

Anindya, M. R., Nugroho, A. A., & Prima, F. (2023). Analisis peran guru terhadap penguatan profil pelajar pancasila di lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).

Arina Hidayati, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, & Indah Pajar Wati. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidi-kan Agama Islam, 2(3), 18–34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199

Aziz, A., & Hasanah, U. (2022). penguatan profil pelajar pancasila melalui pendidikan karakter berbasis nilai-nilai islam di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.19

Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The Impact of En-hancing Students’ Social and Emotional Learning: A Meta-Analysis of School-Based Universal Interven-tions. Child Development, 82(1), 405-432.

Etika, D., & Safitri, H. P. (2023). Analisis kebutuhan pengembangan kompetensi guru pendidikan anak usia dini (Paud) dalam melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5). Jurnal Tambora, 7(1). http://jurnal.uts.ac.id

Gianistika, C. (2023). Pendampingan menyusun modul proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui in house Training. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 40–49.

Hayati, S., & Fadriati, F. (2023). Pendidikan karakter melalui projek penguatan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3959–3969. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6521

Jones, S. M., Greenberg, M., & Crowley, M. (2015). Early Social-Emotional Functioning and Public Health: The Relationship Between Kindergarten Social Competence and Future Wellness. American Journal of Public Health, 105(11), 2283-2290.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam penguatan profil pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 6(1). http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Rudiawan, S., & Asmaroini, W. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Guru: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence-Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review. British Journal of Management, 14(3), 207-222.

Downloads

Published

05/31/2024

How to Cite

Sari, R. ., Sela, D. P. ., Sutriyanti, I. R. P. ., Cahyani, O. G. ., Jayantari, R. A. D. ., Putri, S. A. ., & Akbar, S. . (2024). Penguatan Profil Guru Pancasila melalui Mata Kuliah Etika dan Profesionalisme Guru. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 226–234. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p226-234

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.