Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Berbantuan Thunkable dengan Model Project Based Learning pada Materi CSS Kelas X Program Keahlian PPLG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p184-194Keywords:
mobile learning, Project Based Learning, Cascading Style SheetsAbstract
Penggunaan smartphone di kalangan siswa sebagian besar untuk mengakses jejaring sosial, namun pemanfaatannya untuk tujuan pembelajaran masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang media Mobile Learning berbasis Android untuk materi CSS (Cascading Style Sheets). Metode Research and Development (R&D) digunakan dalam pengembangan ini, yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah siswa kelas 10 RPL di SMKN 4 Malang. Penelitian menghasilkan produk mobile learning dengan skor validasi 0,89 untuk aspek materi dan 0,84 untuk aspek media, yang memenuhi kriteria sangat valid. Selain itu, pengujian kepraktisan oleh siswa menghasilkan skor 83,22, yang dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, aplikasi mobile learning CSS World yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pendidikan. Rekomendasi berdasarkan temuan ini meliputi promosi adopsi lebih lanjut dari mobile learning di lingkungan sekolah. Pelatihan dan sosialisasi tentang manfaat dan penggunaan mobile learning harus dilakukan untuk guru dan siswa. Selanjutnya, aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan fitur interaktif atau menyesuaikan konten untuk mengakomodasi berbagai tingkat keterampilan dan gaya belajar siswa. Kehadiran aplikasi mobile learning yang inovatif dan praktis seperti CSS World diharapkan dapat meningkatkan minat dan efektivitas pembelajaran, serta memperluas aksesibilitas pendidikan di era digital ini.
Kata kunci: mobile learning, Project Based Learning, CSS (Cascading Style Sheets)
The Development of Android-Based Mobile Learning Media with the Assistance of Thunkable with the Project Based Learning Model on CSS Material for Class X PPLG Expertise Program
The use of smartphones among students is predominantly for accessing social networks, yet the utilization for learning purposes remains limited. Hence, this research aims to design Mobile Learning media based on Android for CSS (Cascading Style Sheets) material. The Research and Development (R&D) method was employed in the development, comprising define, design, and develop stages. The research subjects were 10th-grade students of RPL at SMKN 4 Malang. The research yielded a mobile learning product with a validation score of 0.89 for material aspects and 0.84 for media aspects, meeting the criteria for being highly valid. Additionally, practicality testing by students resulted in a score of 83.22, categorizing it as highly practical. Thus, the developed CSS World mobile learning application fulfills the criteria of being highly valid and practical for educational use. Recommendations based on the findings include promoting further adoption of mobile learning in school settings. Training and socialization on the benefits and usage of mobile learning should be conducted for both teachers and students. Furthermore, the application can be further developed by adding interactive features or customizing content to accommodate various skill levels and learning styles of students. The presence of innovative and practical mobile learning applications like CSS World is expected to enhance learning interest and effectiveness, as well as broaden accessibility to education in this digital era.
Keywords: mobile learning, Project Based Learning, CSS (Cascading Style Sheets)
References
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Crompton, H. (2013). Mobile learning: New approaches, new theories. In Z. L. Berge & L. Y. Muilenburg (Eds.), Handbook of Mobile Learning (pp. 47-57). Routledge.
Danurwindo, F. (2018). Konsep Dasar Pembelajaran Olahraga. Surakarta: UNS Press.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi mahasiswa pada penuntun prak-tikum fisika dasar II berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengem-bangan, 4(4), 516-523.
Fajar, A. (2019). Teknik Pembelajaran Olahraga. Jakarta: Rajawali Press.
Hamalik. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Hanafi, A., & Prastyana, B. (2020). Pendidikan Kesehatan Olahraga. Malang: UIN Maliki Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Merrill Prentice Hall.
Hwang, G. J., & Tsai, C. C. (2011). Research trends in mobile and ubiquitous learning: A review of publica-tions in selected journals from 2001 to 2010. British Journal of Educational Technology, 42(4), E65-E70.
Irfan, R., et al. (2022). Panduan Praktis Pembelajaran Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: PT. Elek Me-dia Komputindo.
Jamaludin, Ujang, & Rachmatullah, R. (2018). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi Bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV Nurani.
Jannah, K., Kaspul, & Utami, N. H. (2022). Kepraktisan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Sigil Berori-entasi Pendekatan Saintifik Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, 7(3), 155–160.
Kukulska-Hulme, A., & Traxler, J. (Eds.). (2005). Mobile Learning: A Handbook for Educators and Trainers. Routledge.
Meyer, E. A. (2011). CSS: The Definitive Guide (3rd ed.). O'Reilly Media.
Perron, B. E., & Sellers, J. (2011). A review of the collaborative and visual web-based application Thunkable. Journal of Technology in Human Services, 29(3), 209-215.
Putra, B., et al. (2020). Pengembangan Pembelajaran Olahraga di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (Eds.). (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Pearson.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surahman, E., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2019). Students’ Perception of Project-Based Learning Model in Blended Learning Mode Using Sipejar. Conference on Education and Technology (ICoET), 372(1), 183–188.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. Autodesk Foundation.
Wolber, D., Abelson, H., Spertus, E., & Looney, L. (2015). App Inventor 2: Create Your Own Android Apps. O'Reilly Media.
Wulandari, D. A., et al. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(5), 577-584.