Pola Gestikulasi McNeill dalam Film Guru-Guru Gokil (3G)
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i82024p840-849Keywords:
Gestikulasi, Guru-Guru Gokil, Film G3, teori McNeill, film edukatifAbstract
Penelitian ini mengkaji gestikulasi dari para tokoh dalam film edukatif Guru-Guru Gokil (3G). Kajian ini didasarkan pada teori McNeill tentang gestikulasi, yang terdiri dari gestikulasi ikonik, metaforis, deiktik, dan ketukan. Gestikulasi muncul secara bersamaan dengan ujaran para tokohnya. Peran penting gestikulasi dalam film edukatif, salah satunya, adalah memudahkan penonton dalam memahami pesan yang disampaikan. Pengkajian gestikulasi ini bermanfaat dalam dunia pendidikan menengah dan pendidikan tinggi sebagai materi pengayaan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pengetahuan serta menambah dan melengkapi kajian terhadap film 3G yang telah diteliti sebelumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik simak dan catat. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: (1) menyimak sekaligus mencatat gestikulasi berdasarkan dialog para tokoh, (2) mendokumentasi gestikulasi dengan melakukan tangkapan layar, dan (3) memberi kode pada data yang telah dikumpulkan serta menjelaskan konteks dan jenis gestikulasi. Melalui penelitian ini, ditemukan 64 gestikulasi yang terdiri dari 16 gestikulasi ikonik, 8 gestikulasi metaforis, 32 gestikulasi deiktik, dan 8 gestikulasi ketukan.
References
Ayudia, A. M., Ramadhani, L., & Lubis, R. W. (2021). Deiksis dalam film Guru-Guru Gokil: Analisis pragmatik. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 20-34.
Cahyaningsih, F., Wardiah, D., & Puspita, Y. (2023). Nilai-nilai kemanusiaan dan pendidikan karakter dalam film Guru-Guru Gokil karya Rahabi Mandra. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 122-140.
Hadi, S., & Prabowo, A. (2024). Analisis gestikulasi dalam film sebagai bentuk komunikasi nonverbal. Jurnal Studi Komunikasi, 15(2), 112-126.
Hidayat, M. F. (2021). Nilai-nilai dedikasi guru yang terkandung dalam film Guru-Guru Gokil dan relevansinya dengan kompetensi kepribadian guru PAI (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Kang, S., & Tversky, B. (2016). From hands to minds: Gestures promote understanding. Cognitive Research: Principles and Implications. https://doi.org/10.1186/s41235-016-0004-9
Kendon, A. (2020). Gesture: Visible action as utterance. Cambridge University Press.
Khoerunisa, N. (2021). Kesantunan berbahasa dalam wacana percakapan film Guru-Guru Gokil 2020 (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang).
Kimbara, T., Kawai, M., & Iizuka, H. (2022). Gesture and meaning in communication: Theoretical insights and empirical findings. Routledge.
McNeill, D. (2000). Language and gesture (Vol. 2). Cambridge University Press.
McNeill, D. (2005). Gesture and thought. University of Chicago Press.
McNeill, D. (2006). Gesture and communication. In Concise Encyclopedia of Pragmatics (pp. 299-307). Elsevier.
McNeill, D. (2017). Speech-gesture mimicry in performance: An actor → audience, author → actor, audience → actor triangle. In Gesture and film (pp. 18-32). Routledge.
Meadow, S. G., & Alibali, M. W. (2014). Gesture’s role in speaking, learning, and creating language. Annual Review of Psychology, 64, 257-283. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-113011-143802
Novack, M. A., & Goldin-Meadow, S. (2017). Gesture as representational action: A paper about function. Psychonomic Bulletin & Review, 24(2), 652-665. https://doi.org/10.3758/s13423-016-1145-z
Perdana, D. A., & Alfian, A. (2022). Strategi pengelolaan pesan dakwah kepada mad’u dalam film Guru-Guru Gokil. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 8(1), 15-30.
Purnama, D., Sari, N., & Rahman, E. (2023). Metode deskriptif kualitatif dalam penelitian film. Jurnal Penelitian Media, 22(4), 45-59.
Rani, A. (2022). Memahami pragmatik (Martutik, Ed.; Abdul Rani, Trans.). Surya Pena Gemilang Publishing. ISBN 978-602-6854-55-1
Tegar, M., & Ariusmedi, A. (2023). Gestur dalam karya seni grafis relief print. Serupa The Journal of Art Education, 12(1), 34. https://doi.org/10.24036/stjae.v12i1.117580
Zadeh, O. K., et al. (2023). Gestural embodiment of intensifiers in iconic, metaphoric, and beat gestures. Behavioral Sciences, 13(2), 147. https://doi.org/10.3390/bs13020174
Zulfa, V. I. (2021). Pesan moral film Guru-Guru Gokil: Analisis semiotik Roland Barthes (Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kalsum Lasubu, Salsabila Magistra Ardelia, Venansius Sandro Bidi, Martutik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.