Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Mutimatul Lailiyah Universitas Negeri Malang
  • Siti Umayaroh Universitas Negeri Malang
  • Harti Kartini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p525-534

Keywords:

online learning, learning implementation, teacher difficulties, elementary school, pembelajaran daring, implementasi pembelajaran, kesulitan guru, sekolah dasar

Abstract

Abstract: This study aims to: (1) describe the learning planning in Cluster 1, Purwosari District, Pasuruan Regency. (2) To describe the implementation of bold learning in Cluster 1, Purwosari District, Pasuruan Regency. (3) To describe the evaluation of learning in Cluster 1, Purwosari District, Pasuruan Regency. (4) To describe the difficulties of teachers in learning Cluster 1, Purwosari District, Pasuruan Regency. (5) To describe the teacher's solution in learning Cluster 1, Purwosari District, Pasuruan Regency. Which is applied to research, the reason for choosing a qualitative approach is because the research studied is in the approach of a fact or reality in depth and detail. The results of this study indicate that in planning, it was found that the teacher did not plan according to bold learning. Learning is carried out boldly only through the WhatsApp application to deliver material and the Youtube application to search for learning media in the form of videos. The evaluation activities carried out by the teacher are only from the results of the evaluation with the daily assignment assessments that have been done by students. Distribution and assignments are also carried out via the WhatsApp application with a 1x24 hour time limit sent to the teacher's private chat in the form of photos or videos according to the instructions given. The difficulties found were the preparation of lesson plans, preparing instructional media, facilitating learning, completing material and production. The solutions found by attending seminars, holding discussions with fellow teachers, and communicating with parents.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring Gugus 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring Gugus 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring Gugus 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. (4) Untuk mendeskripsikan kesulitan guru dalam pembelajaran daring Gugus 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. (5) Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam pembelajaran daring Gugus 1 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang diterapkan pada penelitian, alasan memilih pendekatan kualitatif adalah karena pada penelitian yang diteliti merupakan menggali suatu fakta atau realita secara mendalam dan detail dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perencanaan ditemukan guru tidak membuat perencanaan yang sesuai dengan pembelajaran daring. Hal itu dikarenakan masih belum ada pedoman baku untuk menyusun RPP daring. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring hanya melalui aplikasi WhatsApp dan aplikasi Youtube. Kegiatan evaluasi yang dilakukan guru hanya dari hasil evaluasi dengan menilai penugasan sehari-hari yang telah dikerjakan siswa. Kesulitan yang ditemukan meliputi penyusunan RPP, menyiapkan media pembelajaran, fasilitas pembelajaran daring, ketuntasan materi dan penilaian. Solusi yang ditemukan dengan mengikuti seminar, melakukan diskusi dengan teman sejawat guru, dan melakukan komunikasi dengan orang tua.

References

Ali, A. M., Safiudin, S., Akbar, A., & Sabillah, B. M. (2021). Analisis respon guru sekolah dasar pada live chat streaming (Study refleksi pelaksanaan seminar dalam jaringan). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 148–153.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 49–56.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi pendidikan. CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2020). Upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81.

Muspawi, M. (n.d.). Profesionalitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) pada sekolah dasar negeri no. 76/IX Desa Mendalo Darat Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. (76), 7.

Puspitasari, N. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid 19 pada guru SD Negeri Dukuhwaru 01. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 11(2).

Rahayu, A. S., Amalia, A. R., & Maula, L. H. (2020). Analisis kesulitan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal PGSD, 6(2), 1–6.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2).

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020). Efektivitas penggunaan whatsapp group selama pandemi Covid-19 bagi pelaku pendidik. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan, 0(0).

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., … Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

30-07-2021

How to Cite

Lailiyah, M. ., Umayaroh, S. ., & Kartini, H. . (2021). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 525–534. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p525-534

Issue

Section

Articles