Hubungan Peran Orang Tua dengan Motivasi Akademik Siswa

Authors

  • Diah Puspitasari Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p855-860

Keywords:

peran orang tua, motivasi belajar, korelasi, the role of parents, motivation to learn, correlation

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the relationship between academic motivation and the role of parents during the distance learning/pandemic period in grade 7 at SMPN 23 Malang City. This type of research is a correlation. The population of this study was all students of SMP Negeri 23 Malang with a sampling technique using purposive random sampling with a sample of 144 students. The study results illustrate that there is a significant relationship between the role of parents and academic motivation at SMPN 23 Malang.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi akademik dengan peran orangtua pada masa pembelajaran jarak jauh/masa pandemi di kelas 7 di SMPN 23 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Malang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 144 siswa. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi akademik di SMPN 23 Malang.

References

Astuti, A. E. (2010). Hubungan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas XI Sma Negeri 1 Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010.

Astuti, A. E. (2010). Hubungan antara peran orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas XI Sma Negeri 1 Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

Coskun, K., & Topkaya, Y. (2020). Is procedural knowledge of recycling correlated with socioeconomic status and residential area?. Applied Environmental Education & Communication, 19(4), 329-348.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Krepelkova, Š. D., Krajhanzl, J., & Kroufek, R. (2020). The Influence of Interaction with Nature in Childhood on Future Pro-environmental Behavior. Journal of Baltic Science Education, 19(4), 536-550.

Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Mills, T., & Mills, F. (2020). Correlation, causation, and David Hume. Australian Mathematics Education Journal, 2(4), 44-48.

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak pembelajaran dari masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498-3502.

Sari, I. K. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156-63.

Downloads

Published

30-10-2021

How to Cite

Puspitasari, D. . (2021). Hubungan Peran Orang Tua dengan Motivasi Akademik Siswa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 855–860. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p855-860

Issue

Section

Articles