Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Yuli Rahmadani Universitas Negeri Malang
  • Yuniawatika Yuniawatika Universitas Negeri Malang
  • Lilik Bintartik Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854

Keywords:

interactive worksheets, REACT, fraction, LKPD, pecahan

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to produce interactive worksheets based on REACT valid fraction material according to material experts, media experts, practitioners and practically according to students. This study uses a research model for developing Dick and Carey. Based on the results of the study, interactive worksheets are very valid according to material experts and practitioners with a percentage of 94.9 percent, very valid according to media experts and practitioners with a percentage of 94.2 percent, and very practical according to users with 88.5 percent. From the percentage obtained, the product can be used without revision.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD interaktif berbasis REACT materi pecahan yang valid menurut ahli materi, ahli media, praktisi dan praktis menurut siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Dick dan Carey. Berdasarkan hasil penelitian LKS interaktif sangat valid menurut ahli dan praktisi materi dengan persentase 94,9 persen, sangat valid menurut ahli dan praktisi media dengan persentase 94,2 persen, dan sangat praktis menurut pengguna dengan 88,5 persen. persentase. Dari prosentase yang diperoleh, produk dapat digunakan tanpa revisi.

References

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2004). Lembar Kerja Peserta didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Intani, T. R., & Hartono. (2015). Pengembangan LKS Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VII SMP. Unnes Physics Educational Journal. 4(2), 13.

Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohaeti, E., Lfx, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1).

Sadiman, A. S. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J.D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana.

Sudjana. (2007). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Edisi 1. 108-109. Dari http://jurnal.upi.edu.

Yuniawatika, & Nuraeni, N. L. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Strategi React terhadap Peningkatan Kemampuan Mahapeserta didik PGSD tentang Koneksi Matematis. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(2). 101-102.

Downloads

Published

27-10-2021

How to Cite

Rahmadani, Y. ., Yuniawatika, Y., & Bintartik, L. . (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 847–854. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854

Issue

Section

Articles