Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p847-854Keywords:
interactive worksheets, REACT, fraction, LKPD, pecahanAbstract
Abstract: The purpose of this study is to produce interactive worksheets based on REACT valid fraction material according to material experts, media experts, practitioners and practically according to students. This study uses a research model for developing Dick and Carey. Based on the results of the study, interactive worksheets are very valid according to material experts and practitioners with a percentage of 94.9 percent, very valid according to media experts and practitioners with a percentage of 94.2 percent, and very practical according to users with 88.5 percent. From the percentage obtained, the product can be used without revision.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD interaktif berbasis REACT materi pecahan yang valid menurut ahli materi, ahli media, praktisi dan praktis menurut siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Dick dan Carey. Berdasarkan hasil penelitian LKS interaktif sangat valid menurut ahli dan praktisi materi dengan persentase 94,9 persen, sangat valid menurut ahli dan praktisi media dengan persentase 94,2 persen, dan sangat praktis menurut pengguna dengan 88,5 persen. persentase. Dari prosentase yang diperoleh, produk dapat digunakan tanpa revisi.
References
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2004). Lembar Kerja Peserta didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Intani, T. R., & Hartono. (2015). Pengembangan LKS Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik Kelas VII SMP. Unnes Physics Educational Journal. 4(2), 13.
Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohaeti, E., Lfx, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1).
Sadiman, A. S. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J.D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: Kencana.
Sudjana. (2007). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.
Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Edisi 1. 108-109. Dari http://jurnal.upi.edu.
Yuniawatika, & Nuraeni, N. L. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Strategi React terhadap Peningkatan Kemampuan Mahapeserta didik PGSD tentang Koneksi Matematis. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(2). 101-102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.