Pengaruh Kualitas Layanan Akademik terhadap Kepuasan dan Prestasi Peserta Didik

Authors

  • Novita Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Mustiningsih Mustiningsih Universitas Negeri Malang
  • Raden Bambang Sumarsono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p825-837

Keywords:

academic service quality, satisfaction, achievement, kualitas layanan akademik, kepuasan, prestasi

Abstract

Abstract: This study aims to determine (1) the level of academic service quality, (2) the level of student satisfaction, (3) the level of student achievement, (4) the influence of the quality of academic service on student satisfaction. (6) the influence of satisfaction on the achievement of learners, and (7) the influence of the quality of academic services on the achievement of learners mediated by the satisfaction of learners. The research method used, namely quantitative approach with descriptive-correlational. Population in this research was as many as 1582. For sampling by using purposive sampling technique and stratified random sampling so that obtained by sampel as much as 323 respondents. In this study the questionnaire is used to collect data. The data analysis by using path analysis. The result of the research shows that: (1) the quality of the academic service quality is in the high category, (2) the students' satisfaction level in the high category, (3) the achievement level of the students is in the medium category, (4) 6) there is a significant influence of students' satisfaction on student achievement, and (7) there is significant influence of academic service quality toward the achievement of students who mediated with student satisfaction variable at SMPN in Ponggok sub-district, Blitar regency.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kualitas layanan akademik, (2) tingkat kepuasan peserta didik, (3) tingkat prestasi peserta didik, (4) pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan peserta didik, (5) pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik, (6) pengaruh kepuasan terhadap prestasi peserta didik, dan (7) pengaruh kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik yang dimediasi oleh kepuasan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan, yaitu pendekatan kuantitatif dengan deskriptif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1582. Untuk pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan stratified random sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 323 responden. Dalam penelitian ini angket digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun untuk analisis data dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kualitas kualitas layanan akademik berada pada kategori tinggi, (2) tingkat kepuasan peserta didik pada kategori tinggi, (3) tingkat prestasi peserta didik berada pada kategori sedang, (4) terdapat pengaruh yang signifikan kualitas layanan akademik terhadap kepuasan peserta didik (5) terdapat pengaruh yang signifikan kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik, (6) terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan peserta didik terhadap prestasi peserta didik, dan (7) terdapat pengaruh yang signifikan kualitas layanan akademik terhadap prestasi peserta didik yang dimediasi oleh variabel kepuasan peserta didik pada SMPN se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

References

Alma, B & Hurriyati, R. (2008). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Anggara, P. D. (2015). Studi Eksplorasi tentang Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 2 Jatiroto Kabupaten Wonogiri.

Anita, E. (2016). Pengaruh Penyesuaian Diri, Self Efficacy, dan Kecerdasan Interpersonal Sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Baru Pendidikan Akutansi Universitas Negeri Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustain, K. (2017). Staff Schedule Analysis of Pharmacy Services Using Simulation Case Study: Medika Antapani Regular. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Prastiawan, A., Mustiningsih, & Wiyono. B. B. (2016). Hubungan Mutu Fasilitas Sekolah dengan Kepuasan Peserta Didik di SekolahMenengah Atas (SMA) Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(2), 215-223.

Riduwan & Kuncoro, E. A. (2007). Cara menggunakan dan Memakai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung:Alfabeta.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setyadin, B. (2005). Desain dan Metode Penelitian Kuantitatif. Modul tidak diterbitkan. Malang: Instansi Penelitian Universitas Negeri Malang.

Sumarsono, R. B. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan Laboratorium. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5), 411-417.

Susanto, P. (2016). Produktivitas Sekolah: Teori untuk Praktik di Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas PemasaranStrategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e- Marketing. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta:Andi.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2013. Bandung: Citra Umbara.

Downloads

Published

27-10-2021

How to Cite

Rahayu, N. ., Mustiningsih, M., & Sumarsono, R. B. . (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik terhadap Kepuasan dan Prestasi Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 825–837. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p825-837

Issue

Section

Articles