Manajemen Sekolah Adiwiyata (Studi Multisitus di SDN Kauman 1 Malang dan SD Plus Al-Kautsar Malang)

Authors

  • Rizal Ar Rasyid Universitas Negeri Malang
  • Mustiningsih Mustiningsih Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p807-814

Keywords:

management, school management, adiwiyata school, manajemen, manajemen sekolah, sekolah adiwiyata

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to describe adiwiyata school planning, organizing adiwiyata schools, implementing adiwiyata schools, and supervising adiwiyata schools. This study used a qualitative approach with a type of multisite case study. This is because researchers describe, analyze, and juxtapose the management of adiwiyata schools. The technique used by researchers is observation, interviews, and documentation. Research results: (1) school planning adiwiyata; (2) organizing adiwiyata schools; (3) implementation of adiwiyata schools; and (4) supervision of adiwiyata schools.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan sekolah adiwiyata, pengorganisasian sekolah adiwiyata, pelaksanaan sekolah adiwiyata, dan pengawasan sekolah adiwiyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus multi situs. Hal ini karena peneliti mendeskripsikan, menganalisis, dan menyandingkan tentang manajemen sekolah adiwiyata. Teknik yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) perencanaan sekolah adiwiyata; (2) pengorganisasian sekolah adiwiyata; (3) pelaksanaan sekolah adiwiyata; dan (4) pengawasan sekolah adiwiyata.

References

Barnawi & Arifin, M. (2012). Manejemen Sarana dan Prasarana. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta. CV.

Imron, A. (2003). Manajemen Pendidikan: Substansi Inti dan Ekstensi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Informasi Mengenai Adiwiyata. Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (Online), (http://www.menlh.go.id/informasi-mengenai-adiwiyata/), diakses 4 Desember 2018.

Kamus Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2011). Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Deputi Bidang Komunikasi.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup. (2012). Panduan Adiwiyata. Jakarta: Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kurniadin, D. & Machali, I. (2012). Manajemen Pendidikan (Konsep dan Prinsip Pengelolaaan Pendidikan). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Lusty & Maisyaroh. (2015). Peran Warga Sekolah Dalam Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan. 23(5), 63-68

Miles, Huberman & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. United States of America: SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2010). Manejemen Adiministrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013. Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. (Online), (http://jdih.menlh.go.id), diakses 01 Maret 2017.

Puspita, H. R. (2015). Adiwiyata Mewujudkan Sekolah yang Berbudaya Lingkungan., (Online), (http://bp2sdm.menlhk.go.id/emagazine/index.php/umum/59-adiwiyata-mewujudkan-sekolah-yang-berbudaya-lingkungan.html), diakses 13 Maret 2017.

Sagala, S. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Siagian, S. P. (2003). Filasafat Administrasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Teori dan Aplikasinya. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang.

Usman, H. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang.

Yasin, S. (2013). Pengertian Lingkungan Sekolah Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar dalam Lingkungan Sekolah, (Online), (http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian-lingkungan-sekolah-faktor.html), diakses 3 Februari 2017.

Downloads

Published

27-10-2021

How to Cite

Rasyid, R. A. ., Mustiningsih, M., & Arifin, I. . (2021). Manajemen Sekolah Adiwiyata (Studi Multisitus di SDN Kauman 1 Malang dan SD Plus Al-Kautsar Malang). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 807–814. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p807-814

Issue

Section

Articles