Manajemen Sumber Belajar untuk Pembelajaran Integrasi Vocational dan Entrepreneur Skills
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p797-806Keywords:
technopark, vocational, entrepreneur skillsAbstract
Abstract: The purpose of this study is to describe the management of learning resources for learning vocational integration and entrepreneur skills. This study uses a qualitative approach with a case study research design. The results of this study are learning the integration of vocational and entrepreneurial skills is supported by the existence of a learning resource called Technopark, which connects the industrial world into the world of education. Then the school is expected to make the best use and management of Technopark.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan sumber belajar untuk pembelajaran integrasi vocational dan entrepreneur skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran integrasi vocational dan entrepreneur skills ini didukung dengan adanya sumber belajar yang bernama Technopark, yaitu penghubung dunia industri ke dalam dunia pendidikan. Maka sekolah diharapkan untuk memanfaatkan dan mengelola Technopark dengan sebaik mungkin.
References
Bafadal. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara
Chotim, M., Christiana, R., & Pratama, A. H. (2016). Pelatihan Kecakapan Vokasional Untuk Meningkatkan Kemandirian Sosial Ekonomi Individu EKS Psikotik Di UPT Rehabilitasi Sosial EKS Psikotik Provinsi Jawa Timur. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1).
Jailani, M. S., & Hamid, A. (2016). Pengembangan sumber belajar berbasis karakter peserta didik (ikhtiar optimalisasi proses pembelajaran pendidikan agama islam (PAI)). Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 176-192.
Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan
Padmono. (2010). Menuju Model-Model Pembelajaran Terpadu, (Online), (http://www.kompasiana.com/pdm-45/55003514813311491bfa73a1/menuju-model-model-pembelajaran-terpadu), diakses 13 Mei 2019
Sihombing, L. B. (2012). Pengelolaan Sarana dan Alat Permainan sebagai Suatu Pengelolaan Sumber Belajar di Taman Kanak-Kanak
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127-139.
Wibowo, M. (2012). Pembelajaran kewirausahaan dan minat wirausaha lulusan SMK. Eksplanasi, 6(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.