ANALYSIS OF STUDENT DIVERSITY THROUGH DIFFERENTIATED LEARNING IN MATHEMATICS LEARNING

Authors

  • Dian Fahira PPG, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Puguh Darmawan PPG, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Keragaman siswa, Pembelajaran yang berbeda, Pembelajaran matematika

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan guru yang bijak berdasarkan kebutuhan siswa. Keputusan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang menentukan tujuan pembelajaran, bagaimana guru merespon atau menanggapi kebutuhan belajar siswa, dan bagaimana rencana pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Karena kemampuan siswa dalam memahami dan menerima pembelajaran matematika berbeda-beda, maka guru membutuhkan teknik dan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk mengajarkan konsep-konsep dasar matematika. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk mencari literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keragaman siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi, (2) menganalisis pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran matematika.  Tinjauan literatur merupakan langkah penting bagi peneliti untuk menentukan topik yang akan dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberagaman siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi digunakan untuk memetakan kebutuhan siswa untuk mengetahui minat, bakat, dan latar belakang siswa sehingga siswa dapat memenuhi kebutuhan belajar di kelas dan membantu guru untuk merancang desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Pembelajaran matematika dalam pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa.

References

Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Ainiyah Melani Firdaus, & Masub Bakhtiar, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa – Siswi Di Upt Sdn 25 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135–2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529

Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 132–140. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1250

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023). Analisis Keragaman Peserta Didik dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fisika. JSER Journal of Science and Education Research, 2(2), 1–11. https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647

Aulia, S., Rachmadhani, D., & Kamalia, P. U. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza : Jurnal Pendidikan, 4(3), 178–192. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237–258. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1064

Hayati, R., Prima, W., Wulandari, S., Yunita, A. P., Mulyati, A., & Azmi, K. (2023). Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2591–2603. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5723

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama.

Marzoan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113–122.

Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682

Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., & Khairani, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22–32.

Ngaisah, N. C., Munawarah, & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Suryani, T., Al Hadad, S. F., & Jamilah, J. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi “Menggunakan Data.” J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 787–798. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2457

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.184

Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 661–669.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Fahira, D. ., & Darmawan, P. . (2024). ANALYSIS OF STUDENT DIVERSITY THROUGH DIFFERENTIATED LEARNING IN MATHEMATICS LEARNING . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(7), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5334

Issue

Section

Articles