INTERPRETASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK PEMENUHAN TARGET KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KERAGAMAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p3Keywords:
Differentiated Learning, Student Diversity, Independent CurriculumAbstract
Dalam proses pembelajaran, penting untuk diakui bahwa setiap siswa memiliki karakteristik yang unik dan beragam. Bahkan dalam satu kelas, mereka dapat menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hal kecerdasan, minat, gaya belajar, dan tingkat pemahaman. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang satu ukuran tidaklah cukup efektif. Dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi, guru dapat mengakomodasi kebutuhan individu setiap siswa dengan lebih baik. Pendekatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan tingkat kesiapan dan minat mereka, sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka. Dalam proses pembelajaran yang diferensiasi, guru perlu memahami dengan mendalam kebutuhan belajar setiap siswa dan mengadaptasi metode pengajaran serta materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan mereka. Melalui penerapan strategi diferensiasi yang tepat, siswa dapat merasa dihargai dan didukung dalam proses belajar mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi akademik dan pengembangan pribadi mereka. Dalam penulisan artikel ini, tinjauan pustaka digunakan untuk mendalami konsep dan praktik pembelajaran diferensiasi guna menyajikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik ini.
References
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Ainiyah Melani Firdaus, & Masub Bakhtiar, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa – Siswi Di Upt Sdn 25 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135–2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529
Arumsari, A., & Susanti, R. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Keragaman Peserta Didik Terhadap Pemenuhan Target Kurikulum. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 90–104. https://doi.org/10.19109/guruku.v2i2.16032
Ayu Saputri, D., Nuroso, H., & Sulianto, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 4083–4090.
Firmansyah, D., Alfaidah, H., Dewi, K., Mustaniroh, L., & Syifa, N. A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i2.199
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Komalasari, M. (2023). Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Tantangan Dan Inovasi Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Berbasis Ajaran KHD, 27–32.
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513
Nugraheni, D., Siswanti, H., Ivet, U., Merdeka, K., & Penggerak, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak SD Negeri 2 Pogung Kabupaten Klaten. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 6, 53–61.
Putriana Naibaho, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.
Santika, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, & Erna Suhartini. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1105–1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Sobri, M., Liani, A., Zuwiranti, A., Myati, T., & Widiyati, R. N. (2023). Penerapan kurikulum merdeka sd/mi di indonesia. Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 26–34.
Tri Kurniawati, & Nadia Ayu Rifani Putri. (2023). Pemahaman Keberagaman Peserta Didik Berdasarkan Profil Peserta Didik Sebagai Upaya Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka. Jurnal Ecogen, 6(2), 278–289. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/14720
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Widiastuti, A., Nurkhalisa, M., Aprianti, M., & Prihantini, P. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 202–212. https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/546
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.