PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V DI SDN TLOGOMAS 2 PADA KONSEP PERBANDINGAN CIRI-CIRI BANGUN DATAR

Authors

  • Dedi Setiawan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Puguh Darmawan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v3i92023p1

Keywords:

Matematika, Media Pembelajaran Ular Tangga, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematis

Abstract

Permasalahan pembelajaran matematika ditandai oleh banyaknya materi pembelajaran matematika yang sulit dipahami oleh peserta didik dan ketidaksesuaian penggunaan media pembelajaran. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik yang dilakukan di kelas V SDN Tlogomas 2 menunjukkan bahwa terdapat 25 siswa tidak menyukai matematika dan media pembelajaran yang digunakan sebelumnya tidak sesuai karakteristik maupun kebutuhan siswa. Media pembelajaran adalah alat bantu guru dalam penyampaian konsep pada proses pembelajaran. Salah satu media matematika dari hasil asesmen diagnostik yang dilakukan adalah media pembelajaran ular tangga. Media ini berupa permainan yang didalamnya terdapat tantangan dan permasalahan melalui wordwall, boombazle, dan kartu free comparation. Tujuan penelitian ini guna mengetahui penerapan media pembelajaran ular tangga untuk melatih kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V di SDN Tlogomas 2 pada konsep perbandingan ciri-ciri bangun datar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif berjenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data mencakup metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapat kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran ini cukup efektif dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan ciri-ciri bangun datar yang dapat dilihat dari beberapa nilai diatas KKM. Kemudian juga efektif dalam meningkatkan minat siswa terhadap matematika dan dapat melatih kemampuan berpikir kritis matematis

References

Adhimah, D. R., & Hidayah, F. F. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Kelas 5 SDN 1 Kedungkumpul Lamongan Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, 733–743. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1236%0Ahttps://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/1236/1237

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Ayu, R., & Murni, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Prisma, 6, 465–471.

Fadli, R., Sholeh, M., & Arsil, A. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1792–1801. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.426

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445

Idrus L. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 9(2), 920–935.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kurniawati, W. (2022). Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 3 Juni 2022 the Effectiveness of Using Quizizz for Learning Assessment Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 11 Nomor 3 Juni 2022. 11, 915–927.

Maskan, M., Suyono, A., Soepeno, B., & Rachmi, A. (2019). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Internet bagi Guru di Yayasan Mujahidin Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 7(1), 1–6. https://jpkm.polinema.ac.id/index.php/jpkm/article/download/3/1

Muhammad Fajri. (2017). 232878-Kemampuan-Berpikir-Matematis-Dalam-Konte-D16721Dd. Lemma, 3(2), 1–11.

Pangestu, FA & Rahayu, E. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling ٥ م ل ع ي م ل ا م ن سن ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل َّ ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Solekhah, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem Di Ma Hidayatul Mubtadi’in. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 2(1), 42. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i1.5998

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153. https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Setiawan, D. ., & Darmawan, P. . (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V DI SDN TLOGOMAS 2 PADA KONSEP PERBANDINGAN CIRI-CIRI BANGUN DATAR . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 3(9), 1. https://doi.org/10.17977/um067v3i92023p1

Issue

Section

Articles