PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SEBAGAI PENDEKATAN KERAGAMAN PESERTA DIDIK UNTUK MEMENUHI TARGET KURIKULUM
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v4i72024p2Keywords:
keragaman, berdiferensiasi, kurikulumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi guna memenuhi target kurikulum berdasarkan keragaman peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang membantu proses pembelajaran sesuai dengan profil, kesiapan, dan minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kepustakaan, dengan mengumpulkan data dari buku, artikel, jurnal ilmiah, serta literatur lain yang relevan. Setelah menganalisis berbagai sumber terpercaya, peneliti dapat menghasilkan kesimpulan yang valid dan bermanfaat. Kesimpulannya adalah bahwa peserta didik memiliki keberagaman dalam hal minat, kesiapan, dan profil belajar. Keberagaman ini memerlukan kurikulum dan pembelajaran yang dapat memfasilitasi kebutuhan dan karakter peserta didik, seperti Kurikulum Merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi terdiri dari tiga aspek: diferensiasi konten, diferensiasi produk, dan diferensiasi proses.
References
Andini, D. W. (2020). “ Differentiated Instruction ”: Solusi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349.
Atik, S. M. (2021). Strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi. kementrian pendidikan, kebudayaa, riset, dan teknologi.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2003/uu20-2003.pdf
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Handiyani, M. dan T. M. (2021). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48
Karim, daryanto ; syaiful. (2017). Pembelajaran abad 21. Gava Media.
Kurniasandi, D., Alif, M., Zulkarnain, R., Azzahra, S. A., Anbiya, F., Islam, U., & Walisongo, N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Implikasinya Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Inklusi Di Setiap Jenjang Pendidikan. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidkan Dan Pengajaran, 56–64. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.003.01.06
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama. Cv. Afifa Utama.
Maulidia, F. R., & Prafitasari, A. N. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2.
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Sugiyono. (2019). Metodelogi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutaga, I. W. (2022). Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi, 8(9), 58–65.
Tomlinson, C. A. (2001). How To Differentiate Instruction IN Mixed-Ability Classrooms (second). Assosiation for Suprvision and Curriculum Development (ASCD).
Wardani, K., & Sabtiwan, W. B. (2023). Instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan argumentasi pada materi pencemaran lingkungan. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 11(2), 175–179.
Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Yani, D. R., & Susanti, R. (2023). Keberagaman Peserta Didik Dalam Pemenuhan Target Kurikulum Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.19109/guruku.v2i1.17576
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.