Analisis kebutuhan pengembangan edukit ipa terintegrasi mobile application pada tema getaran dan gelombang untuk melatih keterampilan problem solving siswa
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i5p367–372Keywords:
Edukit IPA, keterampilan Problem Solving, Getaran dan GelombangAbstract
Tujuan dari analisis kebutuhan ini adalah memberikan kajian terkait media pembelajaran yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah siswa, yaitu dengan menggunakan edukit IPA yang terintegrasi Mobile Application pada tema getaran dan gelombang. Tuntutan pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum 2013 adalah memindahkan fokus pendidikan dari menghafal fakta dan pengetahuan teoritis kepada siswa untuk dapat mencapai kompetensi menjadi kegiatan penemuan konsep oleh siswa. Proses pembelajaran terdiri dari lima pengalaman belajar utama yaitu mengamati, bertanya, bereksperimen, mengasosiasi, dan berkomunikasi. Praktikum di laboratorium yang dilaksanakan dengan efektif, dapat menjadi sumber belajar siswa untuk memahami sains, selain itu kegiatan laboratorium juga merupakan proses dari pemecahan masalah. Kegiatan laboratorium di mana siswa dilibatkan langsung dalam pemecahan masalah dapat meningkatkan kreatifitas berpikirnya. Alat praktikum yang tersedia di laboratorium cukup besar sehingga kurang efisien dalam penggunaannya, maka inovasi yang diberikan adalah menggunakan alternatif lain yaitu Edukit. Edukit atau microscale adalah bentuk sederhana dari alat praktikum yang biasanya tersedia di laboratorium. Edukit ini nantinya akan dilengkapi dengan buku panduan yang menjelaskan prosedur percobaan, kemudian di dalam buku panduan disertasi barcode yang akan terhubung dengan mobile application. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dan studi kasus terhadap pihak-pihak yang bersangkutan.
References
Abdullah, M., Mohamed, N., & Ismail, Z. H. (2009). The effect of an individualized laboratory approach through microscale chemistry experimentation on students ’ understanding of chemistry concepts , motivation and attitudes. 53–61. https://doi.org/10.1039/b901461f
Al-khatib, B. A. (2012). The Effect of Using Brainstorming Strategy in Developing Creative Problem Solving Skills among Female Students in Princess Alia University College Department of Psychology and Special Education. American International Journal of Contemporary Research, 2(10), 29–38.
Almeida, M. J. de, Martins, D. R., Sá, M. V, Pires, A. J., & Tremoço, J. J. (2019). Student Centered Teaching Activities in Secondary Schools and Misconceptions Evolution : Basic Mechanics. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1287/1/012015
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061
Forcino, F. L. (2013). The importance of a laboratory section on student learning outcomes in a university introductory earth science course. Journal of Geoscience Education, 61(2), 213–221. https://doi.org/10.5408/12-412.1
Harahap, N. M. (2019). Pengembangan Alat Peraga Kit Uji Fotosintesis Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii-6 Di Mtsn 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3506
Helfira, R., Ratnawulan, & Gusnedi. (2019). Analysis of integrated science teacher’s book with blood fluids theme using connected to type integrated 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012097
Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (2015). The Role of the Laboratory in Science Teaching : Neglected Aspects of Research. 52(2), 201–217.
Jumadin, L., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Perlunya Pembelajaran Modelling Instruction pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 325–330.
Leite, L., & Dourado, L. (2013). Laboratory Activities, Science Education and Problem-solving Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 1677–1686. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.190
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Meliarti, D., Djudin, T., & S, H. T. M. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAN BERBANTUAN ANIMASI DI SMP. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak, 4(1), 1–8. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17289255%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jclepro.2011.10.008%0Ahttp://www.uwaba.or.tz/National_Road_Safety_Policy_September_2009.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.resconrec.2011.03.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pecs.20
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Panjaitan, R. L., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2019). Plan your own science experiment: Elaborating students’ creativity and problems in science laboratory activity. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012057
Polya, G. (1945). How to Solve It. The Mathematical Gazette, Vol. 30, p. 181. https://doi.org/10.2307/3609122
Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Makalah PPM.
Putri, D. H., Risdianto, E., & Sutarno, S. (2017). Pre-Service Physics Teachers’ Perception toward Hands-on Lab Activity and 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012015
Putri, Desy Hanisa, & Risdianto, E. (2014). Fisika SMA Di Wilayah Miskin Propinsi Bengkulu. 12(1), 1–6.
Rusdianawati, D., & Sukarmin. (2017). Pengembangan kit praktikum sebagai media pembelajaran untuk melatihkan keterampilan proses sains berbasis inkuiri pada materi kesetimbangan kimia kelas
Abdullah, M., Mohamed, N., & Ismail, Z. H. (2009). The effect of an individualized laboratory approach through microscale chemistry experimentation on students ’ understanding of chemistry concepts , motivation and attitudes. 53–61. https://doi.org/10.1039/b901461f
Al-khatib, B. A. (2012). The Effect of Using Brainstorming Strategy in Developing Creative Problem Solving Skills among Female Students in Princess Alia University College Department of Psychology and Special Education. American International Journal of Contemporary Research, 2(10), 29–38.
Almeida, M. J. de, Martins, D. R., Sá, M. V, Pires, A. J., & Tremoço, J. J. (2019). Student Centered Teaching Activities in Secondary Schools and Misconceptions Evolution : Basic Mechanics. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1287/1/012015
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061
Forcino, F. L. (2013). The importance of a laboratory section on student learning outcomes in a university introductory earth science course. Journal of Geoscience Education, 61(2), 213–221. https://doi.org/10.5408/12-412.1
Harahap, N. M. (2019). Pengembangan Alat Peraga Kit Uji Fotosintesis Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Viii-6 Di Mtsn 1 Banda Aceh Tahun Ajaran 2018/2019. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v5i1.3506
Helfira, R., Ratnawulan, & Gusnedi. (2019). Analysis of integrated science teacher’s book with blood fluids theme using connected to type integrated 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012097
Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (2015). The Role of the Laboratory in Science Teaching : Neglected Aspects of Research. 52(2), 201–217.
Jumadin, L., Hidayat, A., & Sutopo. (2017). Perlunya Pembelajaran Modelling Instruction pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 325–330.
Leite, L., & Dourado, L. (2013). Laboratory Activities, Science Education and Problem-solving Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 1677–1686. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.190
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.
Meliarti, D., Djudin, T., & S, H. T. M. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fisika melalui pembelajaran kontekstuan berbantuan animasi di SMP. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Untan Pontianak, 4(1), 1–8. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.jclepro.2011.10.008
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Panjaitan, R. L., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2019). Plan your own science experiment: Elaborating students’ creativity and problems in science laboratory activity. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012057
Polya, G. (1945). How to Solve It. The Mathematical Gazette, Vol. 30, p. 181. https://doi.org/10.2307/3609122
Prasetyowati, R. (2014). Pembelajaran IPA SMP Menurut Kurikulum 2013. Makalah PPM.
Putri, D. H., Risdianto, E., & Sutarno, S. (2017). Pre-Service Physics Teachers’ Perception toward Hands-on Lab Activity and 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012015
Putri, Desy Hanisa, & Risdianto, E. (2014). Fisika SMA Di Wilayah Miskin Propinsi Bengkulu. 12(1), 1–6.
Rusdianawati, D., & Sukarmin. (2017). Pengembangan kit praktikum sebagai media pembelajaran untuk melatihkan keterampilan proses sains berbasis inkuiri pada materi kesetimbangan kimia kelas XI. 6(2), 308–314.
Usrotin, D., Wiyanto, & Nugroho, S. E. (2013). Penerapan pembelajaran melalui kegiatan laboratorium inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan bekerjasama. Unnes Physic Education Journal, 2(3).
Widiyatmoko, A., & Shimizu, K. (2018). An overview of conceptual understanding in science education curriculum in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012044