Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VIII SMP/MTs

Authors

  • Firda Awalia Putri
  • Susriyati Mahanal
  • Vita Ria Mustikasari

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i2p157-162

Keywords:

guided inquiry, inkuiri terbimbing, learning result, hasil belajar

Abstract

The aim of this study is to analyze the difference of students learning result on Natural Science subject who study using guided inquiry and conventional learning. The subjects of this study involve the students VIII grade of MTs Negeri Malang III that selected by cluster  random sampling. The measurement of students learning result through posttest of multiple choice item which is analyzed is using precondition test and t-test. The result of study showed that there was a difference on students learning result who learnt using guided inquiry learning and those who used conventional learning

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA peserta didik yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Malang III yang dipilih secara cluster random sampling. Pengukuran hasil belajar peserta didik melalui posttest soal pilihan ganda yang dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

References

Council, N. (2000). Inquiry and the national science education standards: A guide for teaching and learning. Science Education.

David A., Jacobsen, at. All. (2009). Methods for teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Ifeoma, O. E., & Oge, E. K. (2013). Effects of Guided Inquiry Method on Secondary School Students’ Performance in Social Studies Curriculum in Anambra State, Nigeria. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 206-222.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Matthew, B. M., & Kenneth, I. O. (2013). A study on the effects of guided inquiry teaching method on students achievement in logic. International Researcher, 2(1), 135-140.

Özdilek, Z., & Bulunuz, N. (2009). The effect of a guided inquiry method on pre-service teachers’ science teaching self-efficacy beliefs. Journal of Turkish Science Education, 6(2), 24-42.

Permendikbud, R. I. No. 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Putri, Yulian., Suratno, dan Aisyiah, Iis Nur. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Maesan Bondowoso. Pancaran. (Online), (4)2:163-172), (jurnal.unej.ac.id)

Redhana, N. (2007). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pembelajaran Inovatif.

Wulanningsih, S. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri 5 Surakarta.

Yuliati, Lia. (2008). Model-Model Pembelajaran Fisika. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

28-02-2021

How to Cite

Awalia Putri, F. ., Mahanal, S. ., & Ria Mustikasari, V. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa siswa kelas VIII SMP/MTs. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 157–162. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p157-162

Issue

Section

Articles