Pembelajaran inkuiri terbimbing tentang cermin datar untuk siswa SMP

Authors

  • Eni Setyowati
  • Sutopo Sutopo
  • Vita Ria Mustikasari

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i2p149-156

Keywords:

guided inquiry, inkuiri terbimbing, flat mirror, cermin datar, the understanding of the concept, pemahaman konsep

Abstract

This study aims to determine the use of  guided inquiry learning to understanding students' concept about image formation by flat mirror . This study uses a mixed method research of embedded experimental design. The research subject was 88 students of Private Junior High School in the city of Malang . Then, results showed that learning can improve students' understanding of the concept well ( d - effect size = 2.32 and N -gain = 0.47 ) .

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa tentang cermin datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed method jenis embedded experimental model. Subjek penelitian sebanyak 88 siswa di salah satu SMP swasta di kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan, pembelajaran dapat  meningkatan pemahaman konsep siswa dengan baik (d-effect size = 2,32 dan N-gain 0,47).

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agnes, D., Kaniawati, I., & Danawan, A. (2015). Analisis Deskriptif Tes Tiga Tingkat Materi Optika Geometri dan Alat Optik. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 2015, 597-600.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. P. (2017). Designing and conducting mixed methods research. Sage publications.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79-88.

National Research Council. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press.

Meidahriati., Zulherman & Taufiq. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Terhadap Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Listrik Dinamis di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1 (1): 48 – 55.

Morgan, G. A., Leech, N. L., Gloeckner, G. W., & Barrett, K. C. (2004). SPSS for introductory statistics: Use and interpretation. Psychology Press.

Penyusun, T. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Rustaman, N. Y. (2005, July). Perkembangan penelitian pembelajaran berbasis inkuiri dalam pendidikan sains. In Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjada dan Pemerhati Pendidikan IPA Idonesia Bekerjasama dengan FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung (pp. 22-23).

Saputri, D. F., & Nurussaniah, N. (2015, October). Penyebab miskonsepsi pada optika geometris. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-IV).

Slack, A. B. (2007). Preservice science teachers' experiences with repeated, guided inquiry.

Sutopo. (2014). Miskonsepsi pada Optik Geometri dan Remidiasinya. Journal TEQIP, V (2): 356-368.

Umrotun, U. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Optik Melalui Teknik Inkuiri Terbimbing Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1).

Wenning, C. J. (2005). Levels of inquiry: Hierarchies of pedagogical practices and inquiry processes. In J. Phys. Teach. Educ. Online.

Wenning, C. J. (2011). Experimental inquiry in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2-8.

Downloads

Published

28-02-2021

How to Cite

Setyowati, E. ., Sutopo, S., & Ria Mustikasari, V. . (2021). Pembelajaran inkuiri terbimbing tentang cermin datar untuk siswa SMP . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 149–156. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p149-156

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)