Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer materi pesawat sederhana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP

Authors

  • Hayati Damafitri Hasanuddin
  • Winarto Winarto
  • Vita Ria Mustikasari

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i2p100-110

Keywords:

media studying, media pembelajaran, simple instrument, pesawat sederhana, understanding concept, pemahaman konsep

Abstract

Media studying is a tool that can help the studying process and can be a function to make the message that is delivered clearer. Media studying can be used as a tool to help students in understanding a concept. The aim of this research is improving the media studying using computer about simple instrument material for junior high school students that is validated and suitable to use. The design of improving this  media studying uses improving step modification Thiagarajan. The data in the research of improving are qualitative and quantitative data. Validation media result 81.5 percent shows a very suitable result, and understanding concept result 88.7 percent

 

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan. Media pembelajaran juga dapat berfungsi sebagai alat untuk membantu siswa dalam memahami suatu konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer materi pesawat sederhana untuk siswa SMP yang tervalidasi dan layak digunakan. Desain pengembangan media pembelajaran ini menggunakan modifikasi langkah pengembangan Thiagarajan. Data dalam penelitian pengembangan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi  media sebesar 81,5 persen menunjukkan kriteria sangat layak, dan hasil uji pemahaman konsep sebesar 88,7 persen

References

Damayanti, C., Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2013). Pengembangan CD pembelajaran berbasis kearifan lokal tema getaran dan gelombang untuk siswa SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(2).

Fakhriyah, W. A. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA fisika berbasis multimedia flash CS5 pokok bahasan optika geometri untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winongan. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.

Imamah, N. (2012). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi materi sistem kehidupan tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Pendidikan, P. M., & No, K. (2013). Tahun 2013, kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Madrasah Aliyah kejuruan, 5.

Kiray, S. A., Gok, B., & Bozkir, A. S. (2015). Identifying the factors affecting science and mathematics achievement using data mining methods. Journal of Education in Science Environment and Health, 1(1), 28-48.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.

Liu, M., Olmanson, J., Horton, L., & Toprac, P. (2011). Motivational Multimedia: Examining Students' Learning and Motivation as They Use a Multimedia Enriched Learning Environment. Online Submission.

Mubin, A. N. (2012). Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Interaktif dengan Memanfaatkan Macromedia Flash Profesional 8 Untuk Siswa Kelas V SD pada Mata Pelajaran IPA Topik Pesawat Sederhana.

Pariartha, I. G. M. A., Parmiti, D. P., & Sudatha, I. G. W. (2013). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2).

Pendidikan, M. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 65, Tentang Standar Proses. Kumpulan Dokumentasi Materi Penyegaran Kurikulum 2013

Rahayu, S., Sugiyarto, S., & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual menggunakan simulasi komputer dan model kerja ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan gaya belajar. Inkuiri, 2(03).

Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 1-10.

Saleha, S., Sunarno, W., & Suparmi, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tema Es Loli Rasa Durian Kelas VII di SMP NEGERI 2 Wonogiri. Inkuiri, 3(01).

Sari, M. (2013). Problematika pembelajaran sains ditinjau dari aspek guru. Al-Ta lim Journal, 20(1), 346-356.

Sari, T. W. (2014). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif tentang materi pesawat sederhana pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasin Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Siagian, S. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(01), 193-208.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Sourcebook. Washington, D.C: National Center for Improvement of Educational System.

Thomas, O. O., & Israel, O. O. (2014). Effectiveness of animation and multimedia teaching on students’ performance in science subjects. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 201-210.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu:Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Tsaniyah, A.B.. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Pokok Materi Pesawat Sederhana. Jakarta: Kemendikbud.

Wahyuli, A.P. (2014). Analisis Respon Siswa SMP Kelas VIII Terhadap Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Pesawat Sederhana. Surabaya: FMIPA S1 Pendidikan Sains.

Wulandari, F. R. A. (2013). Pengembangan CD interaktif pembelajaran IPA terpadu tema energi dalam kehidupan untuk siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Yuliastuti, N., Pujayanto, P., & Ekawati, E. Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbasis e-learning dengan moodle untuk siswa Sekolah Menengah Pertama pada tema pengelolaan sampah. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1).

Downloads

Published

28-02-2021

How to Cite

Damafitri Hasanuddin, H. ., Winarto, W., & Ria Mustikasari, V. . (2021). Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer materi pesawat sederhana untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 100–110. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p100-110

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)