Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X

Authors

  • Debby Kusuma Wardhani
  • Winarto Winarto
  • Lia Yuliati

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i7p526–531

Keywords:

Media, multimedia, saintifik, kalor

Abstract

Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif dicapai apabila proses belajar menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia membuat pembelajaran menyenangkan karena multimedia dilengkapi unsur gambar, teks, animasi dan suara. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran fisika yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata yang menggunakan 3 langkah pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis multimedia Swishmax 4 dengan pendekatan saintifik pada materi kalor layak digunakan untuk siswa SMA kelas X. Media pembelajaran ini layak dengan nilai rata-rata kelayakan media sebesar 86,31 persen dan rata-rata kelayakan materi sebesar 82,71 persen.

References

GÜNGÖREN, Ö. C. (2013). Authentic learning in multimedia. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 1(3), 14-19.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi dan keterampilan proses sains siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Kamaludin, K. (2013). Mengolah informasi dalam media interaktif menggunakan aplikasi swishmax. Baca: jurnal dokumentasi dan informasi, 34(1), 85-104.

Pendidikan, P. M., & Nomor, K. R. I. (81). A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sukmadinata Nana, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, E. (2012). Pengaruh pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran fisika terhadap pemerolehan belajar. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).

Waldopo, W. (2011). Analisis kebutuhan terhadap program multi media interaktif sebagai media pembelajaran. J. Pendidik. dan Kebud, 17(2), 244.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Kusuma Wardhani, D., Winarto, W., & Yuliati, L. . (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia swishmax 4 dengan pendekatan saintifik materi kalor SMA kelas X. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(7), 526–531. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p526–531

Issue

Section

Articles