Penerapan pendekatan RME (realistic mathematics education) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Bululawang materi perbandingan senilai dan berbalik nilai

Authors

  • Siti Nur Asia
  • Slamet Slamet

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i10p797-806

Keywords:

RME (Realistic Mathematics Education), Learning Outcomes, Hasil Belajar, Comparison of Value and Turning Value, Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai.

Abstract

This study aims to describe the steps to implement the application of RME (Realistic Mathematics Education) to improve the learning outcomes of class VII students of MTs Al-Hikmah Bululawang on the subject to support and change values. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The data collected in this study include: 1) the results of observations of teacher activities and student activities, 2) results of field notes, 3) results of the final cycle test. RME is carried out by the following steps: 1) solving contextual problems, 2) resolving contextual problems, 3) comparing and discussing answers, and 4) comparing the learning outcomes of class VII students of MTs Al-Hikmah Bululawang on approved and changed values. This increase was discussed based on the final test results of students who achieved KKM Increasing the increase by 20 percent from before the implementation of RME and 23 percent from cycle 1 to cycle 2 and supported by the level of delay in the learning process seen from the results of "Very Good", so this study was successful.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Bululawang pada pokok bahasan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, 2) hasil catatan lapangan, 3) hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME yang dilakukan dengan langkah-langkah berikut: 1) memahami masalah kontekstual, 2) menyelesaikan masalah kontekstual, 3) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan 4) menyimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Bululawang pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Peningkatan ini ditunjukkan berdasarkan hasil tes akhir siswa yang mencapai KKM  mengalami peningkatan sebesar 20 persen dari sebelum diterapkannya RME dan 23 persen dari siklus 1 ke siklus 2 dan didukung oleh taraf keterlaksanaan proses pembelajaran yang dilihat dari hasil observasi kegiatan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang menunjukkan kategori “sangat baik”, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.

References

Barnes, H. (2005). The theory of Realistic Mathematics Education as a theoretical framework for teaching low attainers in mathematics. Pythagoras, 2005(61), 42-57.

Hamalik, Oemar. (2012). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kahfi, M.Shohibul. (2012). Mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang

Mulyasa. (2004). Menjadi guru profesional menciptakan pelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Soedjadi, R. (2004). PMRI dan KBK dalam era otonomi pendidikan. Bulettin PMRI. Edisi III, Jan 2004. Bandung: KPPMT ITB

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan keefektifan quantum teaching dan TGT pada pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296-307.

Yuwono, Ipung. (2005). Pengembelajaran matematika secara membumi. Malang: Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

25-10-2021

How to Cite

Nur Asia, S. ., & Slamet, S. (2021). Penerapan pendekatan RME (realistic mathematics education) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Bululawang materi perbandingan senilai dan berbalik nilai . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(10), 797–806. https://doi.org/10.17977/um067v1i10p797-806

Issue

Section

Articles