SAHAL: Mudah dan Memudahkan sebagai Pembaruan Media Pembelajaran Mengaji Siswa Tunarungu dalam Meningkatkan Keefektifan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an

Authors

  • Muhamad Iksan Universitas Negeri Malang
  • Moh. Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Nizaz Cahyaning Gesang Universitas Negeri Malang
  • Yani Nur Farahim Universitas Negeri Malang
  • Luthfi Farihatun Nisa' Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Arif Fadlurrahman Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p17-28

Keywords:

Al-Qur’an, media pembelajaran, membaca, menghafal, tunarungu

Abstract

Abstract: Deafness is a type of physical disorder that interferes with the auditory system, but is often followed by speech impairment, which is a disorder that occurs in speech. Both things can hinder the fluency of deaf people in processing language and speech, so it has an impact on learning activities to read and memorize. Therefore, special guidance is needed to improve reading fluency and memorization of deaf students. This problem was also found in SLB-B YPTB Malang City in memorizing the Qur'an. The purpose of this research is to develop and create learning media for reciting and memorizing juz 'amma which is specifically for deaf students, namely the SAHAL book: Simple and Simplify. The research method used is the ADDIE model or Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. In addition, the research also goes through a material expert test, both the feasibility of the material, sign language, and media. The results obtained through the research method are the results of the preparation in the form of product logos and the book SAHAL: Simple and Simplify which are arranged into three main materials (introduction, guidelines for reading the Qur'an, and memorization) as well as the results of validation tests by experts in their fields. stated that this product is very feasible in terms of material, language, and media. The development of this learning media lies in the innovation of researchers who specialize in the book SAHAL: Simple and Simplify for deaf students to use at SLB-B YPTB Malang City in learning the Qur’an and memorizing juz 'amma.

Keywords: Al-Qur'an; learning media; read; memorize; deaf

Abstrak: Tunarungu merupakan jenis kelainan fisik yang mengganggu sistem pendengaran, namun seringkali diikuti dengan tunawicara yaitu gangguan yang terjadi dalam berbicara. Kedua hal tersebut dapat menghambat kelancaran penyandang tunarungu dalam mengolah bahasa dan bicaranya. Sehingga berdampak pada kegiatan belajar membaca dan menghafal. Oleh karena itu perlunya bimbingan secara khusus dalam upaya meningkatkan kelancaran membaca dan menghafal siswa tunarungu.  Permasalahan tersebut juga ditemukan di SLB-B YPTB Kota Malang dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu mengembangkan dan menciptakan media pembelajaran mengaji serta menghafal juz ‘amma yang di khususkan untuk siswa tunarungu yaitu buku SAHAL: Mudah dan Memudahkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE atau Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Selain itu, penelitian juga melalui uji ahli materi baik kelayakan materi, bahasa isyarat, dan media. Adapun hasil yang diperoleh melalui metode penelitian yaitu hasil penyusunan berupa logo produk dan buku SAHAL: Mudah dan Memudahkan yang tersusun menjadi tiga materi utama (pengenalan, panduan membaca Al-Qur’an, dan hafalan) serta hasil uji validasi oleh para Ahli di bidangnya yang menyatakan bahwa produk ini sangat layak baik segi materi, bahasa, dan media. Pengembangan media pembelajaran ini terletak pada inovasi peneliti yang mengkhususkan buku SAHAL: Mudah dan Memudahkan untuk digunakan siswa tunarungu di SLB-B YPTB Kota Malang dalam belajar mengaji dan menghafal juz ‘amma.

Kata kunci: Al-Qur’an; media pembelajaran; membaca; menghafal; tunarungu

References

Caniago, F. (2012). Cara mutakhir jago desain logo. Jakarta: Niaga Swadaya.

Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Efendi, H., & Inayati, N. L. (2020). Metode pengajaran tahfidz Al-Qur’an pada anak tunarungu di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Yayasan Asuhan Anak Tuna Surakarta. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 4(1), 136–152. doi: https://doi.org/10.23917/iseedu.v4i1.14332.

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan buku ajar geografi desa-kota menggunakan model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105. doi: https://doi.org/10.29408/edc.v11i1.269

Juherna, E., Sugihartini, E., Putri, A. F., Valentina, F. V., Mutmainah, L. H., & Ramadhaniati, V. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak tunarungu lewat media gambar. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 256–261. doi: https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1219.

Pinilih, S. S. (2012). Pengaruh Social Skills Training (SST) terhadap keterampilan sosialisasi dan social anxiety pada remaja tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) kabupaten Wonosobo (Master’s thesis, Universitas Indonesia, Depok). Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20314840-T31915-Pengaruh%20social.pdf

Setiawan, Y. Y. (2020). Metode maternal reflektif dan media visual sebagai alternatif pembelajaran salat pada siswa tuna rungu (Master’s thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/47614/

Soliha, E. (2012). Penggunaan media kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro Jilid 1 pada anak tunarungu (Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung). Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/62430

Sudaryono, Margono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tomlinson, B. (1998). Material development in language teaching. Cambridge: Cambridge University.

Wahid, W. A. (2012). Cara cepat bisa menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: DIVA Press.

Wibawa, M., & Suci, A. W. (2021). Perancangan buku “Komunikasi dalam Isyarat” Sebagai media pengenalan huruf hijaiyah untuk anak tunarungu berbasis ilustrasi. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10(1), 201–214. doi: https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.25523.

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Iksan, M., Fauzan, M., Gesang, N. C., Farahim, Y. N., Nisa’, L. F., & Fadlurrahman, M. A. (2022). SAHAL: Mudah dan Memudahkan sebagai Pembaruan Media Pembelajaran Mengaji Siswa Tunarungu dalam Meningkatkan Keefektifan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p17-28

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.