Muatan Budaya untuk Kebutuhan Komunikasi Dasar Pelajar Asing yang Disajikan dalam Buku Sahabatku Indonesia Tingkat A1

Authors

  • Selviana Rahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1110-1119

Keywords:

pembelajaran, budaya, komunikasi

Abstract

Abstract: BIPA learning is critically important when considering the increasing global position of BIPA, that is to foster the internationalization of Indonesian. The main purpose of developing BIPA reflected in its programs is to improve communication skills. Here, basic communication becomes the foundation of foreign learners in social interaction. Several important topics containing Indonesian cultures are pursued along with the learning of communication. The purpose of this study is therefore to analyze the cultural contents presented in the book ‘Sahabatku Indonesia Tingkat A1’ to help foreign students improve their basic communication needs. The method used is descriptive qualitative which means that the analysis is based on the researcher's interpretation. This study is carried out in three stages, namely data reduction which functions as data collection, followed by data presentation and analysis, and conclusion drawing. The results of the analysis demonstrated that there are two main cultural contents found in the book: familiarity and politeness. Familiarity and politeness are primarily what have characterized Indonesian people.

Keywords: learning; culture; communication

Abstrak: Pembelajaran BIPA sangat penting dipelajari karena mengingat posisi BIPA yang semakin mendunia hal tersebut akan terus memupuk internasionalisasi bahasa Indonesia. Tujuan utama pengembangan pembelajaran BIPA melalui program yang telah tersedia umumnya memiliki tujuan sebagai alat komunikasi. Komunikasi dasar yang menjadi pondasi pelajar asing dalam berinteraksi sosial. Topik-topik penting yang mengandung muatan budaya Indonesia secara langsung dipelajari dalam pembelajaran komunikasi . Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis muatan budaya untuk kebutuhan komunikasi dasar pelajar asing yang disajikan dalam buku ‘Sahabatku Indonesia Tingkat A1' Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berarti berdasarkan hasil paparan analisis peneliti sendiri. Penelitian ini melewati tiga tahap yaitu reduksi data yang berfungsi sebagai pengumpulan data, dilanjutkan dengan pemaparan serta analisis data, dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Muatan budaya dalam buku ‘Sahabatku Indonesia Tingkat A1’ ditemukan sebanyak dua poin yaitu keakraban dan kesantunan. Keakraban dan kesantunan menjadi ciri khas masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai budaya melalui kedua hal tersebut.

Kata kunci: pembelajaran, budaya, komunikasi

References

Aw, S. (2010). Komunikasi sosial budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Duranti, A. (1997). Linguistic anthropology. Cambridge: Cambridge University Press.

Hardjana, A.M. (2007). Komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Hasanah, S.K., Thenaya, N.A.I.S., Ghusmalia, V., & Rahmawati, L.E. (2018). Muatan kearifan lokal dalam buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia”. Proceedings of Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, dan Bahasa (SAGA), 1(1), 170–178. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/130

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Kasim, U. (2004). Classroom interaction in the English Department speaking class at State University of Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan 11(3), 1–12. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/101

Liliweri, A.L. (2003). Makna budaya dalam komunikasi antarbudaya. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.

Miles, B.M. & Huberman, A.M. (2007). Analisis data kualitatif: Buku sumber metode-metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mislikhah, St. (2014). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285–296. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jar/article/view/7384

Muliastuti, L. (2016). BIPA pendukung internasionalisasi bahasa Indonesia. Paper presented at Seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang, 19 October 2016.

Mulyana, D. & Rakhmat, J. (2009). Komunikasi antarbudaya: Panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2005). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, R.K., Waluyo, H.J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) sebagai upaya internasionalisasi universitas di Indonesia. Proceedings of The 1st Education and Language International Conference, 1(1), 726-732. Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1294

Novianti, N., & Nurlaelawati, I. (2016). Buku Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Jakarta: Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Rushkan, A. (2007). Pemanfaatan keberagaman budaya Indonesia dalam pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Paper presented at Seminar Pengajaran Bahasa Indonesia Pertemuan Asosiasi Jepang-Indonesia di Nanzan Gakuen Training Center, Nagoya, Jepang, 10-11 November 2007.

Saputri, S. (2018). Muatan budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia A1. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-indonesia/article/view/71370

Scharf, M., & Mayseless, O. (2001). The capacity for romantic intimacy: Exploring the contribution of best friends and marital and parental relationships. Journal Of Adolescence, 24(3), 379–399. doi: 10.1006/jado.2001.0405

Suyitno, I. (2004). Pengetahuan dasar BIPA: Pandangan teoritis belajar bahasa. Yogyakarta: CV Grafika Indah.

Suyitno, I. (2006). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Teori, strategi dan aplikasi pembelajarannya). Yogyakarta: CV Grafika Indah

Wahyudi, I. (2006). Hubungan antara kepadatan, toleransi sosial, keakraban dengan rasa sesak di pemukiman padat perkotaan. Jurnal Psikologi, 2(1), 1–11. Retrieved from https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/46

Wibawa, S. (2013). Mengukuhkan pembelajaran bahasa, sastra, dan budaya daerah sebagai muatan lokal. Sukoharjo: Paper presented at Konferensi Internasional Budaya Daerah III, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, 7-8 December 2013.

West, R., & Turner L.H. (2008). Pengantar teori komunikasi (analisis dan aplikasi). Jakarta: Salemba Humanika.

Wojowasito, S. (1976). Perkembangan ilmu bahasa (Linguistik) abad 20. Bandung: Shinta Dharma.

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Rahayu, S. . (2021). Muatan Budaya untuk Kebutuhan Komunikasi Dasar Pelajar Asing yang Disajikan dalam Buku Sahabatku Indonesia Tingkat A1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1110–1119. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1110-1119

Issue

Section

Articles