Kesalahan Sintaksis pada Teks Tanggapan Kelas IX B SMPN 12 Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p683-695

Keywords:

kesalahan berbahasa, kesalahan sintaksis, teks tangga

Abstract

Abstract: This research aims to describe the syntactic errors in the response text of class IX B SMPN 12 Malang. This research uses a descriptive qualitative approach. The data were analyzed using the Miles and Huberman model with three sub activities, namely (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) conclusion drawing. The results of the data analysis on the syntactic errors found in the response text of class IX B SMPN 12 Malang took the form of (1) errors at the phrasal level and (2) sentences. Errors at the phrasal level include (1) incorrect use of prepositions, (2) excessive use of elements, (3) inappropriate use of elements, (4) improper wording, and (5) double pluralization. Syntactic errors at the sentence level include (1) ambiguous sentences, (2) illogical sentences, (3) inappropriate use of conjunctions, (4) excessive use of conjunctions, (5) omission of conjunctions, (6) zero-subject sentences, (7) unpredicated sentences, (8) use of prepositions in transitive verbs, (9) use of unnecessary interrogative words, and (10) incomplete sentences.

Keywords: language errors, syntax errors, response text

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan sintaksis dalam teks tanggapan kelas IX B SMPN 12 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian kesalahan sintaksis pada teks tanggapan kelas IX B SMPN 12 Malang meliputi (1) kesalahan pada tataran frasa, dan (2) kalimat. Kesalahan pada tataran frasa meliputi (1) kesalahan penggunaan preposisi, (2) penggunaan unsur yang berlebihan, (3) penggunaan unsur yang tidak tepat, (4) susunan kata yang tidak tepat, dan (5) penjamakan ganda. Kesalahan sintaksis pada tataran kalimat meliputi (1) kalimat rancu, (2) kalimat tidak logis, (3) penggunaan konjungsi yang tidak tepat, (4) penggunaan konjungsi yang berlebihan, (5) penghilangan konjungsi, (6) kalimat tidak bersubjek, (7) kalimat tidak berpredikat, (8) penggunaan preposisi pada verba transitif, (9) penggunaan kata tanya tidak perlu, dan (10) kalimat tidak lengkap.

Kata kunci: kesalahan berbahasa, kesalahan sintaksis, teks tangga

References

Agustinus, J. W. (2017). Analisis kalimat efektif dan ejaan yang disempurnakan dalam surat bisnis. Vocatio: Jurnal Ilmu Ilmiah Administrasi dan Sekretari, 1(1), 48-59. Diunduh dari http://journal.wima.ac.id/index.php/VOCATIO/article/view/1168.

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (1995). Cermat berbahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arisanti, Tri. (2016). Kesalahan penggunaan konjungsi pada karangan penulisan bahasa petunjuk siswa kelas VIII SMPN 2 Gatak. (Skripsi tidak dipublikasikan, FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ghufron, S. (2017). Kesalahan berbahasa siswa sekolah dasar di Kabupaten Lamongan. BASTRA: Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 29- 38. Diunduh dari https://cebastra.org/ojs22/index.php/BASTRA/article/view/66.

Haspuri, V.D., Rizkita, G.I.N., & Wurdani, U.I.R. (2019). Kesalahan frasa dan diksi pada surat kabar Minggu Pagi Edisi Bulan Mei 2019. Surya Bahtera; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 186-197. Diunduh dari http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/5977.

Herdiani, R. (2017). Analisis kesalahan sintaksis dalam karangan eksposisi siswa kelas X SMA YAPIP Sungguminasa Kabupaten Gowa. (Tesis tidak diterbitkan, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar).

Istinganah, N. (2012). Analisis kesalahan sintaksis pada karangan narasi ekspositoris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. (Skripsi tidak diterbitkan, FBS Universitas Negeri Yogyakarta).

Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. R. (2017). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia secara sintaksis dalam proses diskusi siswa kelas IV SDN Miri. Visipena, 8(2), 241-253. Diunduh dari https://ejournal.bbg.ac.id/visipena/article/view/408.

Mastang & Muslimin. (2018). Perilaku penggunaan kalimat bahasa indonesia pada artikel prosiding hasil penelitian. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNP2M), Bidang Ilmu Administrasi, Akuntansi, Bisnis, dan Humaniora Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makassar. Diunduh dari http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/snp2m/article/view/917.

Nuryanto, T., & Uswati T. S. (2018). Kesalahan sintaksis pada skripsi mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. ILE&L: Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 1- 10. Diunduh dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/.

Pratama. R. F. (2017). Teks tanggapan kritis dalam surat kabar harian Jawa Pos. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(2), 116-118. Diunduh dari http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo.

Suandi, I. N., Sudiana, I. N., & Nurjaya, G. (2018). Keterampilan berbahasa Indonesia berorientasi integrasi nasional dan harmoni sosial. Depok: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Suhardi. (2013). Dasar-dasar ilmu sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumadi. (2013). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Surajiyo., Astanto, S., & Andriani, S. (2006). Dasar-dasar logika. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Tarigan, H. G. (1978). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wijayanti, S.H., Candrayani, A., Hendarwati, I.E.S., & Agustinus, J. W. (2013). Bahasa Indonesia: Penulisan dan penyajian karya ilmiah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wulan, W. (2013). Analisis kesalahan konstruksi sintaksis pada karangan argumentasi siswa kelas XI SMK YPKK 2 Sleman. (Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta).

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Mahliga, E. N. ., Sumadi, & Susilowati, N. E. . (2021). Kesalahan Sintaksis pada Teks Tanggapan Kelas IX B SMPN 12 Malang . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 683–695. https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p683-695

Issue

Section

Articles