Eksplorasi Etnomatika pada Praktik Membatik Di Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Datalia Jatayu PPG Universitas Negeri Malang
  • Rahma Wilujeng PPG Universitas Negeri Malang
  • Rifda Nadia PPG Universitas Negeri Malang
  • Rizqy Nurul Hiadayah PPG Universitas Negeri Malang
  • Selin Dita Rahma PPG Universitas Negeri Malang
  • Sinta Dwi Miranti PPG Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p503-511

Keywords:

etnomatematika, batik Malangan, sekolah dasar, proses pembelajaran

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah sering kali terbatas pada pendekatan formal dan teoritis, yang kadang kurang memperhatikan variasi dan keterlibatan peserta didik. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya minat belajar matematika. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar menjadi penting untuk meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu inovasi yang menarik adalah memanfaatkan produk budaya lokal sebagai alat pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi budaya lokal, khususnya dalam batik Malangan, dan menjelajahi cara memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan studi eksplorasi melalui teknik etnografi. Peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk literatur, pengamatan, dan mungkin wawancara dengan guru kelas VI dan siswa kelas VI di SD Laboratorium UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya Jawa, seperti batik Malangan, memiliki potensi besar untuk diintegrasikan dalam pembelajaran matematika. Dengan pemanfaatan yang tepat, batik Malangan dapat menjadi sumber daya pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik, men­ciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan. Integrasi batik Malangan dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami konsep mate­matika secara lebih konkret dan kontekstual, meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, serta memperkuat hubungan antara matematika dengan budaya lokal. Ini juga dapat membuka pintu bagi pengembangan pendekatan pembel­ajaran matematika yang lebih inklusif dan beragam, yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks siswa di Sekolah Dasar.

References

Albanese, V., & Perales, F. J. (2015). Enculturation with ethnomathematical micro projects: From culture to mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 9(1), 1-11.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Begg, A., & Hamilton, J. (2001). Ethnomathematics: Why, and what else? ZDM, 33(3), 71-74.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., & Rahmat, C. (2014). Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681-688.

Azra, M. M. (2016). Eksplorasi Etonomatematika pada Aktivitas Membatik di Rumah Produksi Negi Batik Mojokerto [Unpublished undergraduate thesis]. Bandung: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Rich, B. (2005). Geometri Barnett Rich Schaum’s Easy Outlines. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Berrett, S. (2015). Learning Disabilities 101: Everything you need to know about how learning disabilities affect reading skills. USA: Reading Horizons.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics: An International Journal of Mathematics Education, 5(1), 44-48.

Nurhasanah, F., Kusumah, Y. S., & Sabandar, J. (2017). Concept of triangle: Examples of mathematical abstraction in two different contexts. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 53-70.

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rohma, H. N. (2018). Etnomatematika Pada Aktivitas Membatik di Rumah Produksi Rezti’s Mboloe Jember [Unpublished undergraduate thesis]. Jember: Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Jember.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 62–80.

Siswono, T. Y. E. (2010). Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Spradley, J. P. (2006). Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Van De Walle, J. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 1. (S. Suyono, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Jatayu, P. D. ., Wilujeng, R. ., Nadia, R. ., Hiadayah, R. N. ., Rahma, S. D. ., Miranti, S. D. ., & Thohir, M. A. . (2024). Eksplorasi Etnomatika pada Praktik Membatik Di Sekolah Dasar . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 503–511. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p503-511

Issue

Section

Articles