Peran Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Inggris untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Authors

  • Habib Maulana Assyauqi PPG Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p340-345

Keywords:

Kurikulum Merdeka, pembelajaran berdiferensiasi, bahasa Inggris, literasi, pendidikan

Abstract

Pergantian kurikulum menjadi isu sentral dalam peta transformasi pendidikan Indonesia, khususnya dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka. Tantangan terkait rendahnya kemampuan literasi siswa, terutama dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa global, semakin membutuhkan solusi inovatif. Namun, keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah serta kondisi guru yang harus mengakomodir keberagaman siswa menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini mengeksplorasi peran mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan sebagai agen utama dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi literatur, fokus pada refleksi peneliti sebagai instrumen utama. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mergosono 3 Malang dan melibatkan partisipasi aktif peneliti dalam mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi. Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan pendekatan pembelajaran yang responsif terhadap keberagaman siswa serta upaya meningkatkan literasi Bahasa Inggris di tengah keterbatasan waktu pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PPG Prajabatan memiliki potensi besar dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang efektif, dengan pendekatan yang lebih inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan siswa. Mereka mampu menjadi agen perubahan yang signifikan dalam mendukung Kurikulum Merdeka, terutama dalam konteks meningkatkan kemampuan literasi Bahasa Inggris. Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dalam bidang pendidikan dengan memperkenalkan praktik pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka, serta menggali lebih dalam peran, potensi, dan kontribusi mahasiswa PPG Prajabatan dalam memperkaya praktik pembelajaran di sekolah dasar. Dengan demikian, penelitian ini mendukung transformasi pendidikan yang lebih luas dan berkelanjutan, memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan kesempatan belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka.

References

Aisyah, S., Nurmala, M. D., Handoyo, A. W., Konseling, B., Universitas, F., & Ageng, S. (2023). Pengembangan media permainan ular tangga untuk. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 8(4), 588–595.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Ke-mampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Darling-Hammond, L., & Bransford, J. (Eds.). (2005). Preparing teachers for a changing world: What teachers should learn and be able to do. Jossey-Bass.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di Ku-rikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hammond, Z. (2015). Culturally responsive teaching and the brain: Promoting authentic engagement and rigor among culturally and linguistically diverse students. Corwin Press.

Hattie, J. (2008). Visible learning: A synthesis of over 800 meta-analyses relating to achievement. Routledge.

Jannah, M., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Efektifitas penggunaan media ular tangga dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 2 sekolah dasar. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 1. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1123

Latifah, U. (2023). Efektivitas model pembelajaran numbered head together berbantu media ular tangga terhadap hasil belajar siswa. MAXIMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30739/maxima.v1i1.2369

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran guru dalam mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation (4th ed.). Jossey-Bass.

Munadah, R., Rahayu, P. S., Pranandari, E., Jukia, F., & Rosdianti, V. (2021). Penerapan permainan ular tangga dalam peningkatan hasil belajar geometri bangun ruang di kelas V SD 006 Rambah Samo. Trap-sila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 46. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1445

Putri, V. F. H., Asbari, M., & Khanza, S. A. K. (2023). Revolusi pendidikan: Kurikulum Merdeka solusi prob-lematika belajar? Journal of Information Systems and ..., 02(06), 8–12. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/613

Rizal, C., Komputer, S., Budi, P. P., Informasi, T., & Budi, P. P. (2023). Workshop Kurikulum Merdeka (KUR-MER) mengajar dalam Teknologi Industri 4.0. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (JURIBMAS) 2(1), 49–54.

Rosmana, P., Iskandar, S., Ayuni, F., Hafizha, F., Fireli, P., & Devi Ranisa. (2023). Kesiapan sekolah dalam proses penerapan Kurikulum Merdeka di SD. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3, 3161–3172.

Sekar Langit, D., Slameto, S., & Widyanti Setyaningtyas, E. (2018). Peningkatan motivasi belajar tematik menggunakan model problem-based learning (PBL) berbantuan permainan ular tangga pada siswa ke-las IV. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 280. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.371

Setyowati, D., Prayito, M., Djama’i, N., & Dkk. (2023). Penerapan model PBL berbantuan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Mijen. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1975–1985.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran matematika: Cara meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners (2nd ed.). ASCD.

Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). ASCD.

Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SD Kabu-paten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Assyauqi, H. M. ., & Thohir, M. A. . (2024). Peran Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Inggris untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 340–345. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p340-345

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)