Kaligrafi Arab Selawat Asy-Syifa sebagai Objek Penciptaan Karya Seni Lukis Dekoratif

Penulis

  • Hasbi Rahman Universitas Negeri Malang
  • Triyono Widodo Universitas Negeri Malang
  • Swastika Dhesti Anggraini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p912-930

Kata Kunci:

seni, kaligrafi, lukis dekoratif

Abstrak

Seni Kaligrafi Arab merupakan sebuah media ekspresi sekaligus menjadi syiar kesenian Islam. Unsur yang membagun dalam seni kaligrafi yaitu bentuknya yang baik dan indah juga mengandung sebuah ungkapan pengalaman artistik dari seniman. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya seni ini adalah teori Alma Hawkins yang dimulai dengan tahap eksplorasi, yakni penggalian informasi terhadap fenomena pada lingkungan kelurahan gading kasri, kecamatan Klojen, kota Malang tentang sikap warga terhadap pandemi COVID-19. Dari hasil informasi, ditetapkan sebuah ide gagasan untuk diekspresikan ke dalam karya seni kaligrafi. Hasil proses kreatif tersebut berupa enam karya lukis kaligrafi gaya dekoratif dan stilasi objek jenis khat tsuluts, riq’ah dan kufi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep penciptaan karya lukis kaligrafi yang terinspirasi dari lafaz selawat Asy-Syifa sebagai objek karya lukis bergaya dekoratif, proses produksi karya lukis kaligrafi dekoratif yang terinspirasi dari lafaz selawat Asy-Syifa, serta hasil karya berupa lafaz selawat Asy-Syifa dalam bentuk lukisan kaligrafi dekoratif dalam bentuk penyajian beserta analisisnya.

Kata kunci: seni, kaligrafi, lukis dekoratif

Asy-Syifa Arabic Calligraphy as An Object of The Creation of Decorative Painting Works

Arabic calligraphy art is a medium of expression as well as a symbol of Islamic art. The elements that build in the art of calligraphy, namely its good and beautiful shape, also contain an expression of the artist's artistic experience. The method used in Creation uses Alma Hawkins' theory which begins with the Exploration Stage, namely gathering information on phenomena in the Gading Kasri sub-district environment, Klojen sub-district, Malang city regarding residents' attitudes towards the COVID-19 pandemic. From the results of the information, an idea is determined to be expressed in the work. The results of the creative process are six works of calligraphy painting in decorative styles and stylized objects of the type tsuluts, riq'ah and kufi. This study aims to determine the concept of creating a calligraphic painting inspired by the Asy-Syifa selawat recitation as an object of a decorative style painting, the production process of a decorative calligraphic painting inspired by the Asy-Syifa selawat chant, as well as the result of the work in the form of the Asy-Syifa selawat chant in form of decorative calligraphic painting in the form of presentation and analysis.

Keywords: art, calligraphy, decorative painting

Referensi

Anila, M. (2022). Shalawat Tibbil Qulub Sebagai Terapi Penenang Jiwa Penderita Insomnia. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Arfianto, Ocky. (2018). Ayat-Ayat Rezeki Dalam Karya Lukis Kaligrafi Kontemporer. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: FBS UNP.

Bahauddin, N. (2023). Memahami makna shalawat 20/21 (gus baha), (Online), (https://youtu.be/8BbqO8BCJWY), diakses 24 Januari 2023.

Darmawan, I. P. A. (2020). Eksistensi seni di tengah badai pandemi COVID-19. In I. P. Gelgel (Ed.), Book Chapters: Bali vs COVID-19, pp. 151–66. Badung: Nilacakra

Kahfi, M.S. (2013). Seri Keutamaan Waktu; Keutamaan Dan Amaliah Bulan Robi’ul Awal. Malang: LP3MH.

Kartika, D. (2004). Seni Rupa Modern. Bandung: Rekayasa Sains.

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Karangan Narasi Mahasiswa Teknik Angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3924

Mahfudzi, A.A. (2017). Kaligrafi Arab surah Al-Ikhlas sebagai bentuk inspirasi penciptaan karya seni lukis modern. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Rediasa, N. (2021). Karya perupa Bali dalam merespon pandemi Covid 19 dengan analisis semiotika Roland Barthes. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 11(3), 103–112. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/39765

Sahrini, A. (2014). Teknik Meniru Model Klompen untuk Meningkatkan Kompetensi Kaligrafi Dacem pada Siswa Tunagrahita Kelas 5 SDLB. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 120-124. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um029v1i22014p120-124

Salim, A. (2020). Kaligrafi Arab asmaul husna Arrahmaan Arrohiim sebagai inspirasi dalam penciptaan batik lukis. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. doi: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sirajuddin, A.R. (2016). Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: AMZAH

Soedarso, S. (1990). Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Yogyakarta: STRI

Soedarso, S. (2006). Trilogi: Penciptaan, Eksistensi dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: ISI Yokyakarta

Sunaryo, A. (2019). Seni Rupa Nusantara: Pengantar Kajian & Apresiasi Seni. Semarang: Dahara Prize.

Susanto, Mikke. (2011). Diksi Rupa, kumpulan dan istilah seni rupa. Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagad Art House.

Widodo, T. (2011). Pengantar Seni Lukis: Semi Abstrak/ Representasional. Malang: Pustaka Kaiswaran.

Yudoseputro, W. (2000). Pengantar Seni Rupa Islam di Indonesia. Surabaya: Tim Nintang Indonesia.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Rahman, H., Widodo, T., & Anggraini, S. D. (2023). Kaligrafi Arab Selawat Asy-Syifa sebagai Objek Penciptaan Karya Seni Lukis Dekoratif. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(6), 912–930. https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p912-930

Terbitan

Bagian

Articles