Pengembangan Materi Pembelajaran Nahwu untuk Kelas 10 SMA AN NUR Malang

Authors

  • Abdur Rahman Frima Universitas Negeri Malang
  • Moh. Khasairi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p201-219

Keywords:

Nahwu; , bahan pelajaran, materi pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Nahwu di beberapa lembaga formal kurang mendapatkan perhatian sehingga kele-mahan siswa terhadap tata bahasa menjadi permasalahan paling kompleks dari sekian permasalah-an bahasa Arab. Oleh karena itu, urgensi pembelajaran Nahwu begitu besar. Dengan demikian pe-nelitian ini bertujuan mengembangkan bahan pelajaran berupa materi Nahwu untuk kelas 10 Ida-man SMA AN-NUR dan menguji tingkat kelayakan materi hasil pengembangan dalam pembelajaran Nahwu. Pengembangan bahan pelajaran dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji validitas produk hasil pengem-bangan dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media lalu diujicobakan pada sepuluh siswa kelas 10 Idaman yang telah mempelajari materi Nahwu dasar. Pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku Nahwu Ibtida’i yang mencakup beberapa materi Nahwu, yaitu: Isim Isyarah, Isim Dhamir, Adawatul Istifham, Adad Tartiby, Mufrad, Mutsanna, Jama’, Dzaraf Zaman dan Makan, serta Sifat Mausuf. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan tersebut layak digunakan: nilai hasil uji kelayakan materi 85 persen, nilai hasil uji kelayakan media 81,3 persen, dan nilai hasil uji keterbacaan oleh siswa 91,25 persen.

Kata kunci: Nahwu; bahan pelajaran; materi pembelajaran

The Development of Nahwu Learning Materials for 10th Grade of Islamic High School AN-NUR Malang

Nahwu learning in some formal institutions receives less attention so that students' weakness in grammar is the most complex problem of the many Arabic language problems, therefore the urgen-cy of Nahwu learning is so great. Thus, this research aims to develop learning materials of Nahwu material for grade 10 of AN-NUR High School Dream and test the feasibility level of material from development in Nahwu learning. The development of learning materials is carried out using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. The validity test of the product from the development was carried out by material expert validators and media expert validators and then tested on ten Dream 10th grade students who had studied basic Nahwu ma-terial. Thisidevelopmentiresulted in a product in the form of a Nahwu Ibtida'i book which includes several Nahwu materials namely: Isim Isyarah, Isim Dhamir, Adawatul Istifham, Adad Tartiby, Mufrad, Mutsanna, Jama', Dzaraf Zaman and Makan, and Sifat Mausuf. The results of the validity test show that theiproduct developed is suitable for use: the value of the material feasibility test results is 85 persent, the media feasibility test result score is 81.3 percent, and the student readability test result score is 91.25 percent.

Keywords: Nahwu; study materials; learning materials

References

Abdillah, R., & Maswani. (2015). Atsar Itbaa, Madkhal Al-Ta'allum Al-Ta'awuny Fii Ta'liim Al-Nahw. Arabiyât : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2 (1), 130-143. DOI: 10.15408/a.v2i1.1518.

Al Qorin, A. S. (2020). Pengembangan Buku Teks Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif untuk Siswa Kelas 4 Mathayom di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat Thailand. Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Afifah, F., Shefia, N., & Zamhuri, M. (2021). Pemanfaatan Huruf Pegon dalam Mempermudah. Semnasbama (Seminar Nasional Bahasa Arab) 5, 189-201.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Belajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dwicahyono, A., & Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran : (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). (D. Purwanto, Penyunting). Yogyakarta: Gava Media.

Endayani, H. (2017). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ijtimaiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 1(1), 93-109.

Gunawan, H., Suhartini, A., Nurshobah, A., & Rifa'i, I. (2018). Penyusunan Materi Pembelajaran Qawaid Nahwiyah dalam Kitab Al-Jurumiyah. Dialog: Jurnal Penelitian dan Kajian Keagamaan, 41(2), 237-247. DOI: https://doi.org/10.47655/dialog.v41i2.305

Indaryati, J., & Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84-96. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067

Kurinasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Madaniah, M., Murtadho, N., & Nurhidayati, N. (2020). Developing the Digital and Non-Digital (Arabic-Indonesian) Bilingual Dictionary to Improve the Vocabulary Proficiency of Islamic Elementary School Students/تطوير المعجم ثنائي اللغة (عربية–إندونيسية) الرقمي وغير الرقمي لتلاميذ المدرسة الابتدائية. Al-Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pengajarannya= Al-Arabi: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 4(2), 182-202.

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um056v4i2p182-202

Muizzudin, M. (2021). Aktualisasi Penggunaan Metode dan Pengembangan Materi Nahwu di Pondok Pesantren Salafi Al-Fathaniyyah Serang. Uktub: Journal of Arabic Studies, 1 (1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.32678/uktub.v1i1.4448

Mualif, A. (2019). Metodologi Pembelajaran Ilmu Nahwu dalam Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al-Hikmah, 1(1), 26-36.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., & Nasrullah. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311-326. DOI: . https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828

Nurhayati, F. (2020). Pembelajaran Ilmu Nahwu dengan Metode Qurani. Al Urwatul Wutsqo: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1(1), 1-4.

Nurdyansyah., & Mutala'liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Faculty of Islamic Studies School of Islamic Education Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam. Edu Humaniora, 9, 93-98.

Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Setyosari, P. (2001). Rancangan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Malang: Elang Mas.

Syathybie, A., & Sauri, S. (2017). Pengembangan Materi Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Nahwu). Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151-168.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Kontruktivisme untuk Kelas IX SMP. Scientiae Educatia: jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 22-26. DOI: 10.24235/sc.educatia.v6i1.1296

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuddin. (2020). إعداد كتاب الىحو التعليمي على ضوء ثجدًد الىحو عىد شوقي ضيف لطلبة. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 7(1), 154-172. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/a.v7i1.15165

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

Frima, A. R. ., & Khasairi, M. . (2023). Pengembangan Materi Pembelajaran Nahwu untuk Kelas 10 SMA AN NUR Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(2), 201–219. https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p201-219

Issue

Section

Articles