Pengembangan Video dengan Aplikasi VlogNow sebagai Media Pembelajaran Maharah Istima Siswa Kelas 2 Madrasah Tsanawiyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p100-113

Keywords:

video pembelajaran, aplikasi VN, Istima

Abstract

Akibat dampak pandemi COVID-19, kegiatan pembelajaran berubah dari tatap muka ke jarak jauh. Sistem jarak jauh tersebut juga sangat membutuhkan adanya media pembelajaran dan peneliti menganggap media berbasis video adalah yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media video pembelajaran bahasa Arab maharah istima kelas dua MTs dan mendeskripsikan tingkat kelayakannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan meliputi data kuantitatif dan kualitatif dari validasi tim ahli serta uji pengguna terbatas. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan angket lembar uji validasi. Media pem-belajaran disusun berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 dan re-ferensi internet, yang diedit menggunakan aplikasi VlogNow (VN) dan diunggah melalui YouTube. Tampilan video hanya berupa gambar yang disertai suara dengan meminimalisasi tulisan guna melatih kemampuan maharah istima. Media ini meliputi tiga tema, yaitu As-Sa’ah, Yaumiyyatuna, dan Al-Hiwayah. Pada tiap media video berisi sajian kosakata, contoh kalimat, tindak tutur, dan latihan soal sesuai tema. Produk video divalidasi oleh ahli media, materi, dan pengguna terbatas dengan hasil persentase total 85,53 persen. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media video pembelajaran bahasa Arab maharah istima sangat valid dan dapat digunakan untuk siswa kelas dua MTs Negeri 2 Malang.

Kata kunci: video pembelajaran; aplikasi VlogNow (VN); istima

Development of Video with The VlogNow Application as Learning Media Maharah Istima for 2nd Grade Students at Madrasah Tsanawiyah

Impact of the COVID-19 pandemic, learning activities have changed from face-to-face to remote. Remote system also really needs learning media, and researchers consider video-based media to be appropriate. The purpose of this research is to develop video media for learning Arabic maharah istima for second grade MTs and describe the level of feasibility. The method used is research and development (R&D) with ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Eva-luation). The data collected includes quantitative and qualitative, from expert team validation and limited users. The data collection instrument used interview guidelines and validation sheet ques-tionnaires. The learning media prepared based on Keputusan Menteri Agama (KMA) Number 183 of 2019 and internet, which are edited using VlogNow (VN) application and uploaded via YouTube. The video display is only of images accompanied by sound by minimizing writing to train maharah istima abilities. This media includes 3 themes, As-Sa'ah, Yaumiyyatuna, and Al-Hiwayah. Each video media contains vocabulary presentations, sample sentences, speech acts, and practice questions according to the theme. Video products are validated by media, material, and limited users with a total percentage of 85.53 percent. This percentage shows that the video media for learning Arabic is very valid, and can be used second grade students of MTsN 2 Malang.

Keywords: learning video; VlogNow (VN) application; istima

References

Ainin, M. (2014). Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab (Teori dan Praktik). Malang: CV Bintang Sejahtera.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Rashedi, Maraheb. (2011). التعليم الالكتروني (E-Learning). Online. Diakses 30 Oktober 2022. https://sites.google.com/site/epublishinggroup2011/home/mzaya-wywb-altlym-alalktrwny

Ardi, R. F. P., Purmadi, A., Wibawa, R., Maulachela, A. B., Juliansyah, A., & Kumoro, D. T. (2021). Pemanfaatan Aplikasi VN Untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar Kepada Guru PAUD/TK Gusus 3 Kota Mataram. Jurnal Bakti Sekawan, 1(1), 25-28.

Asrori, I. & Ahsanuddin, M. (2016). Media Pembelajaran Bahasa Arab: Dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: CV Bintang Sejahtera.

Barnabas, R. A., Fajrina, F., Antika, Y. (2021). فعالية وسائط الإعلام المتعدّدة في ترقية مهارة الاستماع في اللّغة العربيّة. MUDALLA: Proceeding International Conference on Arabic Language. ISSN: 2807-8780.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dariyadi, M. W. (2018). Penggunaan Software “Sparkol Videoscribe” sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab IV.

Dariyadi, M. W. (2020). Membuat Video Pembelajaran Bahasa Arab dengan Camtasia Studio 2020. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 988–1002.

Effendy, A.F. (2017). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Malang.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-29.

Hamidah. Marsiah. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ Dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147-160.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iqbal, M. (2019). Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Berbasis STEM sebagai Media Alternatif Pembelajaran Online. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Jubaidah, S., Pimada, L. H., Yurisa, P. R., Wargadinata, W. (2020). فعالية تعليم مهارة الاستماع باستخدام أندرويد للجوال. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature. 4(1), 49-64.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nuha, U. (2016). Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Qoyimah, N. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi VN pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 5(2), 12-18.

Rahmawati, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Pemahaman Maharoh Istima’ Bahasa Arab. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 217-231.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, N. R. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Wasail Tadris di Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Maftukhah, M. L. ., & Asrori, I. . (2023). Pengembangan Video dengan Aplikasi VlogNow sebagai Media Pembelajaran Maharah Istima Siswa Kelas 2 Madrasah Tsanawiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(1), 100–113. https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p100-113

Issue

Section

Articles