Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Proses Pembuatan Topeng Malang untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p338-352Keywords:
topeng malangan, animasi pembelajaran, media pembelajaranAbstract
Pengembangan media animasi Proses Pembuatan Topeng Malang ini dilatarbelakangi oleh susahnya mencontohkan proses pembuatan topeng di kelas pada mata pelajaran seni budaya di SMKN 10 Malang pada kelas X. Pada prakteknya, tidak semua guru dapat mencontohkan proses pembuatan topeng. Dalam proses mengajar guru tidak menggunakan teknologi sebagai alat bantu yang dapat memudahkan guru. Penelitian ini bertujuan mengembangakan media animasi sebagai media pembelajaran seni budaya untuk membantu guru menjelaskan proses pembuatan topeng Malang pada siswa kelas X SMKN 10 Malang. Ketika media selesai dikembangakan, kemudian melalui validasi oleh ahli materi, ahli media, dan siswa untuk mengetahui layak atau tidaknya sebuah media. Metode yang digunakan dalampengembangan ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE Melalui proses validasi oleh ahli materi, media, dan siswa secara keseluruhan mendapatkan persentase rata-rata 88 persen. Berdasarkan nilai persentase bisa disimpulkan bahwa media animasi Proses Pembuatan Topeng Malang dinyatakan valid dan dapat digunkana sebagai media pembelajaran seni budaya untuk siswa kelas X SMKN 10 Malang.
Kata kunci: media pembelajaran; topeng malang; animasi
Teaching Media Development: Animation of Malang Mask Making Process to Improve Tenth Grade Vocational High School Students' Comprehension
The development of animation media in Malang’s Mask Making Process is motivated by the difficulty of exemplifying the process of making masks in class on cultural arts subjects at SMKN 10 Malang in class X. In practice, not all teachers can give examples of the process of making masks. In the teaching process the teacher does not use technology as a tool that can facilitate the teacher. This study aims to develop animation media as a medium for learning arts and culture to help teachers explain the process of making Malang masks in class X SMKN 10 Malang. When the media has been developed, then it is validated by material experts, media experts, and students to find out whether a media is feasible. The method used in this development is Research and Development using the ADDIE development model. Through a validation process by material experts, media, and students overall get an average percentage of 88 percent. Based on the percentage value, it can be concluded that the animation media of Malang Mask Making Process is declared valid and can be used as a medium for learning cultural arts for class X students of SMKN 10 Malang.
Keywords: learing media; malang’s mask; animation
References
Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan Media Animasi Untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Astrini, W., Amiuza, C. B., & Handajani, R. P. (2013). Semiotika Rupa Topeng Malangan. Ruas, 11, 89–98.
Bahauddin, A., & Abdullah, A. (2003). The songket motifs: between reality and belief. Tourism, Histories and Representations Conference, 1–21. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.200.5688&rep=rep1&type=pdf
Binanto, I. (2004). Kajian metode-metode pengembangan perangkat lunak multimedia. Jurnal Penelitian., 17(1), 42–52.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chang, S. L. (2006). The Systematic Design of Instruction. Educational Technology Research and Development, 54(4), 417–420. https://doi.org/10.1007/s11423-006-9606-0
Fang, J., Chaudhry, E., Iglesias, A., Macey, J., You, L., & Zhang, J. (2022). Reconstructing Dynamic 3D Models with Small Data by Integrating Position-Based Dynamics and PDE-Based Modelling. Mathematics, 10(5). https://doi.org/10.3390/math10050821
Gladilin, E., Zachow, S., Deuflhard, P., & Hege, H. C. (2004). Anatomy- and physics-based facial animation for craniofacial surgery simulations. Medical and Biological Engineering and Computing, 42(2), 167–170. https://doi.org/10.1007/BF02344627
Hasian, H. P., Situmorang, R. P., & Tapilouw, M. C. (2020). Pengembangan media animasi sistem gerak berbasis model POE untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 4(2), 2020. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva
Kamal, M. (2013). Wayang Topeng Malangan: Sebuah Kajian Historis Sosiologis. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 9(1), 54–63. https://doi.org/10.24821/resital.v9i1.450
Muhammad, R. (2011). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 154–163.
Nengsi, S. (2011). Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Prasetyo, A. R., Rahmawati, N., Ulfa, S., Widodo, T., Qomar, M., & Wulansari, A. E. (2021). The Development of a Virtual Module Based on the Infographic Dynamics of Art Materials. KnE Social Sciences, 178–185. https://doi.org/10.18502/kss.v5i6.9193
Pratiwi, A. E., Iriaji, I., & Prasetyo, A. R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Animasi Adobe Flash Professional CS6 untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa SMP Negeri 1 Kalibaru terhadap Pembelajaran Seni Rupa. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 7(1), 74. https://doi.org/10.17977/um037v7i12022p74-83
Subadyo, A. T. (2018). Pengembangan Dusun Baran, Tlogowari, Kedungkandang sebagai Kampung Wisata Topeng di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i1.2241
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Xiao, L. (2013). Animation Trends in Education. International Journal of Information and Education Technology, 3(3), 286–289. https://doi.org/10.7763/ijiet.2013.v3.282
Yuniwati, D. E., Rahayu, M., & Utami, S. (2016). Pemertahanan Budaya Topeng Malangan. In Research-Report.Umm.Ac.Id. http://research-report.umm.ac.id/index.php/research-report/article/view/813
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rudiansyah Wijaya, Iriaji, Abdul Rahman Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.