Pengembangan Kartu Kata Berbahasa Arab dan Kegiatan Pembelajarannya untuk Siswa Kelas III Madrasah Aliyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p251-279

Keywords:

pengembangan, kartu kata, bahasa Arab

Abstract

Abstract: Word cards are unique, captivating, and specific learning media. In this research, Arabic word cards are used to improve students’ vocabulary mastery in learning Arabic. This research is aimed to (1) develop Arabic word cards and the learning activities for grade III students of Madrasah Aliyah; (2) identify the effectiveness of using Arabic word cards and the learning activities. The method of this research is Research and Development. The data sources include a subject expert, a media expert, a learning expert, a teacher, and students. The data are collected using questionnaires. The word cards are made in two forms, namely mind map, and word-by-word. The Arabic word cards are equipped with Arabic learning activities. Overall, the result of the development and the research shows that the average score is 89% in the valid category with details as follows: subject expert 91.7%, media expert 68.2%, learning expert 92.5%, teacher’s assessment 100%, and students’ assessment 92.8%. Therefore, it can be concluded that Arabic word cards and the learning activities are effective to be used in learning Arabic for grade III students of Madrasah Aliyah.

Keywords: development, word cards, Arabic

Abstrak: Kartu kata merupakan salah satu media pembelajaran yang unik, memukau, dan spesifik. Dalam penelitian ini, kartu kata berbahasa Arab digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan kartu kata berbahasa Arab dan kegiatan pembelajarannya untuk siswa kelas III Madrasah Aliyah; (2) Mendeskripsikan kelayakan pemanfaatan kartu kata berbahasa Arab dan kegiatan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Sumber data ini adalah ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengembangan media ini berupa media kartu kata berbahasa Arab yang memiliki 2 bentuk yaitu bentuk peta konsep dan tampilan perkata. Media kartu kata berbahasa Arab dilengkapi dengan kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Secara keseluruhan hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata sebesar 89% dalam kategori valid dengan rincian: uji ahli materi 91,7%, uji ahli media 68,2%, uji ahli pembelajaran 92,5%, penilaian guru 100%, dan penilaian siswa 92,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media kartu kata berbahasa Arab dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas III di Madrasah Aliyah.

Kata Kunci: pengembangan, kartu kata, bahasa Arab

References

Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arab. OKARA, 2(8).

Anggraeni, P. & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Astuti, W. (2016). Berbagai strategi pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 5(2).

Asrori, I. & Ahsanuddin. (2016). Media pembelajaran bahasa Arab dari kartu sederhana sampai web penjelajah dunia. Malang: CV Bintang Sejahtera.

Arikunto, S. (1997). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. New York: Longman.

Hendri, M. (2017). Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab melalui pendekatan Komunikatif. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2).

Mufidah, N., Salamah, U., Muthoharoh, I., & Islamy, M. I. (2019). Hybrid learning dalam pembelajaran kosa kata bahasa Arab pada anak berbantuan media Al-Mutho. AL-MUDARRIS: Journal of Education, 2(1).

Musthofa, A. & Asrohah. (2015). Perencanaan pembelajaran. Surabaya: Kopertais IV Press.

Murtadho, N. (2008). Penyelarasan materi dan model RPP bahasa Arab untuk pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Bahasa dan Seni, 36(2).

Ramadani, F.S. & Baroroh, R.U. (2020). Strategi dan metode pembelajaran kosakata bahasa Arab. IJAZ ARABI: Journal of Arabic Learning, 3(2).

Rizqi, K. (2013). Penggunaan kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan pelafalan mufrodat Bahasa Arab pada siswa tunarungu di SDLB Negeri Ungaran tahun 2012/2013. Unpublished undergraduate thesis. Semarang: UNNES.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran kosakata. Bandung: Angkasa Bandung.

Unsi, B.T. (2014). Media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. TAFAQQUH: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 2(1).

https://www.pngdownload.id/. Diakses pada 16 September sampai 25 oktober 2020.

https://www.pikpng.com/pngvi/ixJRibb_sky-hd-black-player-pemain-sepak-bola-hd-clipart/. Diakses pada 16 September sampai 25 oktober 2020.

https://web.facebook.com/pendukungbarcelonaindonesia/posts/inikah-formasi-terbaik-barcelona-gimana-komentar-kalian-culs-yang-melihat-barca-/1918052248302854/?_rdc=1&_rdr. Diakses pada 7 Oktober 2020.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Rahimadinullah, M. Z. ‘Afafarrasyihab ., Murtadho, N. ., & Sultoni , A. . (2021). Pengembangan Kartu Kata Berbahasa Arab dan Kegiatan Pembelajarannya untuk Siswa Kelas III Madrasah Aliyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 251–279. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p251-279

Issue

Section

Articles