Kepribadian dan Aktualisasi Diri Unyil dalam Petualangan Si Unyil

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p280-293

Keywords:

Unyil, kepribadian, aktualisasi diri

Abstract

Abstract: This present study aims at describing the personality and self-actualization of Unyil in the animation video of The Adventures of Si Unyil. This is a descriptive qualitative study in which the personality of Unyil was analyzed using Sigmund Freud’s psychoanalysis theory with the theory specifying id, ego, and superego. Meanwhile, the self-actualization of Unyil was explored using Abraham Maslow’s hierarchy of need with the needs consisting of physiological, safety, social, self-conception, and self-actualization. The data were elicited via a number of methods, including observation, transcription, and note-taking. The collected data were then analyzed using the chosen theories. The key findings of this study indicate that Unyil embraces a good personality by helping others, conforming to the acceptable norms, competitive, and selfless. However, at some point, he is also selfish and likes to tease his friends. With respect to self-actualization, it can be said that Unyil can generally fulfill his needs. The needs he cannot fulfill were not all due to his mistakes.

Kata kunci: Unyil, personality, self-actualization

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian dan aktualisasi diri Unyil dalam animasi Petualangan Si Unyil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini berusaha mendeskripsikan kepribadian dan aktualisasi diri Unyil dalam Petualangan Si Unyil. Kepribadian Unyil dianalisis menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Teori psikoanalisis Sigmund Freud, yaitu id, ego, dan superego. Teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow digunakan untuk menganalisis pemenuhan aktualisasi diri Unyil. Teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow terdiri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri, dan aktualisasi diri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode menonton, mentranskripsi, dan mencatat. Kemudian data-data dalam penelitian ini dikaitkan dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud dan hierarki kebutuhan Abraham Maslow. Teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow Hasil penelitian ini adalah Unyil memiliki kepribadian yang baik dengan mau menolong orang, berkelakuan baik sesuai norma-norma, kompetitif, dan tidak mementingkan dirinya sendiri. Namun, di waktu tertentu Unyil terkadang egois dan mengejek temannya. Unyil dapat memenuhi sebagian besar kebutuhannya sehingga dapat memenuhi aktualisasi dirinya. Kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi Unyil tidak semua karena faktor kesalahannya.

Kata kunci: Unyil, kepribadian, aktualisasi diri

 

References

Abraham, I. (2018). Struktur kepribadian tokoh dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (e-Journal), 3(1), 55-63.

Bahri, A.S. (2015). Pertunjukan kesenian Ebeg Grup Muncul Jaya pada acara khitanan di Kabupaten Pangandaran. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Bertens, K. (2006). Psikoanalisis Sigmund Freud. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek perilaku manusia sebagai makhluk individu dan sosial pada ruang terbuka publik. Nature: National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85-93.

Hasmiati, H. (2018). Aktualisasi diri tokoh dalam novel peREmpuan karya Maman Suherman: Tinjauan Psikologi Humanistik Abraham Maslow (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Imanda, T. (2004). Si Unyil Anak Indonesia. Antropologi Indonesia.

Inten, D. N. (2017). Penanaman kejujuran pada anak dalam keluarga. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 3(1).

Kumaidah, E. (2012). Penguatan eksistensi bangsa melalui seni bela diri tradisional pencak silat. Humanika, 16(9).

Kurniawan, M. F. (2016). Perilaku pro-sosial ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert (Studi pada Mahasiswa Psikologi UNNES) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan anak usia dini ditinjau dari prespektif teori kecerdasan Howard Gardner.

Listia, W. N. (2015). Anak sebagai makhluk sosial. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 1(1), 14-23.

Lovita, E. (2018). Pelaksanaan perizinan pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Bantul berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 55 Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mahsun. M. (2006). Pengukuran kinerja sektor publik. BPFE: Yogyakarta.

Maslow, A. (1984). Motivation and personality (Teori motivasi dengan ancangan hirarki kebutuhan manusia). Penerjemah Nurul Iman. Jakarta: PT Gramedia.

Mauludya, F., Sumartini, S., & Mulyono, M. (2018). Pertahanan diri tokoh utama dalam novel perempuan Kembang Jepun Karya Lan Fang. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 32-40.

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhlis, A., & Norkholis, N. (2016). Analisis tindakan sosial Max Weber dalam tradisi pembacaan Kitab Mukhtashar Al-bukhari (Studi Living Hadis). Jurnal Living Hadis, 1(2), 242-258.

Musfiroh, T. (2014). Bermain dan permainan anak. Dalam Teori dan Konsep Bermain. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-44.

Novitasari, P., Prasetyorini, H., & Prihati, D. R. (2018). Upaya pemenuhan kebutuhan istirahat tidur pada ibu postpartum dengan preeklampsia. Jurnal Manajemen Asuhan Keperawatan, 2(1), 22-33.

Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). Egosentrisme anak pada perkembangan kognitif tahap praoperasional. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 17-22.

Nugrahini, K.N. (2014). Kepribadian dan aktualisasi diri tokoh utama dalam Novel Supernova Episode Partikel karya Dewi Lestari (Tinjauan psikologi sastra)(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from eprints. uny. ac. id/17273.

Prasetyo, I.D. (2012). Pengembangan tes kreativitas siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Yogyakarta dalam memaanfaatkan bola, cones, dan simpai. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnama, B.E. (2013). Konsep dasar multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rochman, K.L. (2010). Kesehatan mental. Purwokerto: Fajar Media Press

Rohayati, T. (2013). Pengembangan perilaku sosial anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Rokhmansyah, A. (2018). Struktur kepribadian tokoh utama dalam novel The Sweet Sins karya Rangga Wirianto Putra. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 25-36.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Saputra, Y. (2016). Survei prestasi olahraga dan prestasi akademik atlet peraih medali POPDA SMP Kontingen Cilacap tahun 2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sejati, S. (2019). Hirarki kebutuhan menurut Abraham H. Maslow dan relevansinya dengan kebutuhan anak usia dini dalam pendidikan Islam (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Setyorini, R. (2017). Analisis kepribadian tokoh marni kajian psikologi Sigmund Freud dalam novel Entrok karya Okky Madasari. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(1), 12-24.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan kepribadian anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suciartini, N. N. A., & Sumartini, N. L. P. U. (2019). Verbal bullying dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 152-171.

Sudiarta, I.G.A.P. (2018). Gambaran penerapan personal hygiene penjamah makanan pada kantin SMPN 2 Gianyar tahun 2018. Diploma thesis, Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Tirtawinata, C. M. (2013). Menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Humaniora, 4(1), 49-57.

Utami, D. (2011). Animasi dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1).

Yarta, A. H., Nurizzati, N., & Nst, B. (2012). Kepribadian tokoh utama dalam novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata: Kajian Psikoanalisis. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 254-262.

Yusuf, S. (2014). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Purna, P. A. ., & Pusposari, D. . (2021). Kepribadian dan Aktualisasi Diri Unyil dalam Petualangan Si Unyil. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 280–293. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p280-293

Issue

Section

Articles