Pengaruh Permainan Bisikan Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas VI MIN 3 Pacitan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1111-1123

Keywords:

permainan bisikan berantai;, keterampilan menyimak;, bahasa Arab;, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Abstract: Currently teachers still teach with conventional methods, which proven to be ineffective in helping students understand the material if they only rely on these methods. The objectives of this research is to understand the implementation of chain whisper game and to describe its effect on Arabic listening skills of the students at MIN 3 Pacitan. This research uses a quantitative approach with True Experimental type and Pretest-Posttest Control Group Design. The research instrument is a test instrument given to students at the first and last meetings (pretest and posttest). The test instru­ments have been tested for validity and reliability in the trial class. The research results showed that the chain whisper game had a positive impact on the students’ Arabic listening skills. The results of pretest and posttest scores in the experimental class showed that there was an improvement in the student average of 17.78. The chain whisper game method can be used as an alternative by Arabic teachers, especially to improve students' listening skills. In practicing this game method, the teacher is advised to implement this game in the morning because this game requires accuracy, concen­tration, and a focused mind.

Keywords: chain whisper game; listening skills; Arabic; Islamic elementary school

Abstrak: Pada saat ini masih sering ditemui guru mengajar dengan metode konvensional padahal pada kenya­taannya banyak siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran jika hanya mengandalkan metode tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan permainan bisikan berantai, serta pengaruhnya terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas VI MIN 3 Pacitan. Penelitian ini berbentuk kuantitatif eksperimen jenis True Experimental dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Instrumen dalam penelitian menggunakan instrumen tes yang diberikan saat pertemuan pertama dan terakhir (pretest dan posttest). Instrumen tes telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas di kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh permainan bisikan berantai terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab di kelas eksperimen. Hasil nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan rata-rata siswa sebesar 17,78. Hasil uji test menjelaskan bahwa terdapat perbedaan signifikan setelah diberikannya perlakuan metode permainan bisikan berantai dengan yang hanya memakai metode konvensional. Metode permainan bisikan berantai dapat digunakan sebagai pilihan alternatif oleh guru dalam mengajarkan bahasa Arab khususnya untuk melatih keterampilan menyimak siswa. Dalam mempraktikkan metode permainan ini diharapkan guru mempertimbangkan untuk pelaksanaannya saat pagi mengingat metode ini memerlukan ketelitian, konsentrasi, dan kefokusan.

Kata kunci: permainan bisikan berantai; keterampilan menyimak; bahasa Arab; madrasah ibtidaiyah

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Rawamangun: PT. Bumi Aksara.

Habibah, A., & Syihabuddin. (2020). Evaluasi Ketrampilan Menyimak dengan Memanfaatkan Permainan Berbisik Berantai Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab 12(2). DOI: http://dx.doi.org/10.32678/al-ittijah.v12i2.2917.

Hamzah, R. (2017). Tha’tsir Istikhdam Tariqah Lu’bat Al-hims Al-mutasalsil fii maharah Al-istima’ (Dirasah Shibh Tajriibiah ‘alaa Talamidh Al-fasl Al-thaamin fii Al-madrasah Al-thaanaayah Al-‘Inaayah Bandung). (Skripsi). Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Handayani, E. U., & Huda, N. (2019). Eksperimen Permainan Bisik Berantai dalam Meningkatkan Maharah istima dan Kalam Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 4(1):2–3. DOI: https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-01.

Hardani, Andriani H, Ustiawaty J, Utami E.F, Istiqomah R.R, Fardani R.A, Sukmana D.J, & Auliya N.H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hariana, O. A. (2018). Pengaruh Mendongeng dengan Metode Storytelling Games Terhadap Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas V SDN 49 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 1(2):83–84. DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.1.2.%25p.

Hayati, I., dan Syaifullah. (2018). Tathbiiq La’ib al-Asraar al-Mutasalsil fii tarqiyah istii’ab al-Mufradaat fii al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Islamiyyah al-Ma’aarif Durensewu Pandaan. Studi Arab Universitas Yudharta Pasuruan 9(1). DOI: https://doi.org/10.35891/sa.v9i1.1293.

Hijriyah, U. (2016). Menyimak Strategi dan Implikasinya dalam Kemahiran Berbahasa. Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan Lampung.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita 3(1).

Ismail, M., & Musthafa, A. A. (2018). Pengembangan Materi Tes Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Jurnal At-Ta’dib 13(2). DOI: https://doi.org/10.21111/at-tadib.v13i2.2467.

Istiqomah, H., & Hidayah, Z. H. (2019). Tathbîq al Lu’batain “Hims al Fi’l wa al ‘Idd wa al Tashfîq Fî SMP Plus Cordova Banyuwangi. Al Mi’yar 3(1). DOI: 10.35931/am.v3i1.203.

Jannah, M. (2020). Pengaruh Film Bumi Manusia Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Kusan Hilir Tahun Ajaran 2019/2020. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Khasanah, R. (2019). Pengaruh Metode Permainan Bisik Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Pelajaran Bahasa Arab Materi Al-Adawaatul Madrasiyyatu Siswa Kelas IV MI Islamiyah Keputon Blado Batang Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Likarde, O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Bisik Berantai Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 63 Pondok Kubang Bengkulu Tengah. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu, Bengkulu.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman 13(1). DOI: 10.35719/annisa.v13i1.26.

Musfiroh, T. (2014). Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka repository.ut.ac.id.

Piqri, M. H. (2021). Belajar Asyik dengan Permainan Bahasa Arab. Guepedia.

Qhomariah, C. S., Wijayati, P. H., & Sakti, K. F. L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Kemampuan Tata Bahasa (De), (De), (De) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1(12):1737–38. DOI: 10.17977/um064v1i122021p1734-1746.

Rohmah, H. (2019). Fa’aaliah Istikhdam Lu’bah Al-Hims Al-Mutasalsil ’alaa Mahaarah Al-Istima’ fii Al-Lughah Al-‘Arabiyah litulaab Al-saf Al-Saabi’ fii Al-Madrasah Al-Mutawasithah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah 2 Tulungagung lil ‘Aam Al-Diraasii 2018/2019. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Perguruan IAIN Tulungagung, Tulungagung.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama.

Satria, T. G. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Melalui Pendekatan Saintifik Pada Anak Kelas IV Jakarta Barat. E-Journal Unib: Jurnal PGSD 10(2):114–15. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.114-120.

Setiawan, E. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Pesan Berantai Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Tahun 2011/2012. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sofian, & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen di Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel di SMA Negeri 5 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Jeumpa: Jurnal Pendidikan Sains & Biologi 5(2):93–95.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulistiowati, C. (2014). Pengaruh Permainan Ice Breaking Terhadap Rasa Percaya Diri dan Prestasi belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kemutug Lor. (Skripsi). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto.

Syahrum, dan Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tamaji, S. T. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1(2):91. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ALF/article/view/2049.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. RISTEKDIKTI: Inovasi Pendidikan Jurnal Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat 7(1):51–61. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.

Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. (2021). Pengaruh Model Project Base Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1(3):322–28. DOI: 10.17977/um064v1i32021p320-330.

Yazdanparast, M., & Gorjian, B. (2018). Using Whispering Game in Teaching Speaking Skill to EFL Learners. Journal of Applied Linguistics and Language Learning 4(2):43–44. DOI: 10.5923/j.jalll.20180402.03.

Yus, A. (2013). Bermain Sebagai Kebutuhan dan Strategi Pengembangan Diri Anak. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal 8(2):154–56. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.0802.9.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Kusumaningrum, A. M., & Mahliatussikah, H. . (2022). Pengaruh Permainan Bisikan Berantai terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas VI MIN 3 Pacitan. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1111–1123. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1111-1123

Issue

Section

Articles