Penerapan Model Literasi Informasi Big Six dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi SMAK St. Albertus Malang)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1688-1709

Keywords:

literasi informasi, big six skills model, pembelajaran daring

Abstract

Abstract: The outbreak of the corona virus pandemic in Indonesia has forced the government to act decisively by implementing various policies. One of them is the closure of crowded places, including schools. In order for teaching and learning activities to continue, an online learning system is implemented. Which requires habituation, especially in terms of processing information in accordance with the information literacy abilities of each student. One of the schools affected by this is SMAK St. Albertus Malang. This study aims to determine the application of the Big Six information literacy model at SMAK St. Albertus Malang in online learning during the pandemic. The descriptive qualitative research method uses unstructured observations, semi-structured interviews, and literature studies. The research results show that a) students can identify problems and the information they need; b) students know which sources of information are quality and reliable; c) students can easily access information sources, but only part of the information is fulfilled; d) students know how to make summaries; e) only part of the summary used by students and presenting it through the media that has been determined; and f) students feel quite efficient, effective and satisfied with the results obtained.

Keywords: literacy information; big six skills model; online learning

Abstrak: Mewabahnya pandemi virus corona di Indonesia membuat pemerintah harus bertindak tegas dengan menerapkan berbagai kebijakan. Salah satunya penutupan tempat ramai, tidak terkecuali sekolah. Agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung, maka diberlakukannya sistem pembelajaran daring. Dimana perlu adanya pembiasaan terutama dalam hal mengolah informasi sesuai dengan kemampuan literasi informasi masing-masing siswa. Salah satu sekolah yang terkena dampak terkait hal ini adalah SMAK St. Albertus Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dari model literasi informasi Big Six di SMAK St. Albertus Malang dalam pembelajaran daring selama pandemi. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan observasi tak terstruktur, wawancara semi terstruktur, dan studi literatur. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa a) siswa dapat mengidentifikasi masalah dan informasi yang dibutuhkannya; b) siswa tahu sumber informasi mana yang berkualitas dan terpercaya; c) siswa dapat dengan mudah mengakses sumber informasi, namun hanya sebagian informasi yang terpenuhi; d) siswa tahu untuk membuat rangkuman; e) hanya sebagian rangkuman yang digunakan siswa dan mempresentasikannya melalui media yang telah ditentukan; dan f) siswa merasa cukup efisien, efektif dan puas dengan hasil yang didapatkan.

Kata kunci: literasi informasi; big six skills model; pembelajaran daring

References

Adit, A. (2020, Maret 22). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis! Kompas. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all

Almira, T. D. (2017). Analisis kualitas informasi konten website repositori perpustakaan Universitas Airlangga (studi deskriptif tentang kualitas informasi konten situs web repository Universitas Airlangga bagi pengguna berdasarkan pendekatan dimensi kualitas informasi). Retrieved from http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-ln84f27bed94full.pdf

Baskoro, D. G. (2005). Big6 dan implementasinya dalam “Information Literacy Program” bagi guru pustakawan di perpustakaan sekolah K-12. Retrieved from http://eprints.rclis.org/3946/1/Dhama_Gustiar-IL_Big6.pdf

Virus corona: Sekolah, universitas meniadakan kelas, pemerintah indonesia belum resmi liburkan sekolah. (2020, Maret 6). BBC News Indonesia. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51769074

Survei KPAI: Guru tak interaktif selama belajar dari rumah. (2020, April 27). CNN Indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200427160228-20-497716/survei-kpai-guru-tak-interaktif-selama-belajar-dari-rumah

Eisenberg, M. B. (2003). Information problem-solving: The big six skills approach. School Library Monthly, 8(August), 1–16. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/234713449_Information_Problem-Solving_The_Big_Six_Skills_Approach

Eisenberg, M. B., & Berkowitz, R. E. (1990). Information problem solving: The big six skills approach to library & information skills instruction. Norwood: Ablex Publishing Corporation.

Ajeng. (2020). Mengulik pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Katolik St. Albertus Malang. SMAS Katolik Santo Albertus Malang. Retrieved from https://st-albertus.sch.id/mengulik-pelaksanaan-pembelajaran-daring-di-sma-katolik-st-albertus-malang/

Mediana. (2020, April 27). Survei KPAI: Siswa tidak bahagia dengan pembelajaran jarak jauh. Kompas. Retrieved from https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/04/27/survei-kpai-siswa-tidak-bahagia-dengan-pembelajaran-jarak-jauh/

Miles, M .B., & Huberman A. M. (1984). Analisis data kualitatif (Tjetjep Rohendi Rohidi, Trans.). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Pertiwi, M. P. (2015). Perilaku pencarian informasi anak homeschooling di Semarang dan Yogyakarta (Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro, Semarang). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/44990/

Priyanto, A. (2020, Agustus 12). Efektifitas pembelajaran daring dalam kegiatan belajar dan mengajar untuk mencapai tujuan keterampilan abad 21. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Retrieved from https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektifitas-pembelajaran-daring-dalam-kegiatan-belajar-dan-mengajar-untuk-mencapai-tujuan-keterampilan-abad-21

Septiyantono, T. (2014). Modul 1 : Konsep dasar literasi informasi. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4198/1/PUST4314-M1.pdf

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. In COVID-19: Perspektif Pendidikan (1st ed., pp. v–220). Denpasar: Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/I_Ketut_Sudarsana2/publication/344436067_COVID-19_Perspektif_Pendidikan/links/5f753796299bf1b53e032656/COVID-19-Perspektif-Pendidikan.pdf#page=46

Wang, R. Y., & Strong, D. M. (1996). Beyond accuracy: What data quality means to data consumers. Journal of Management Information System, 12(4), 5–33. doi: https://doi.org/10.1080/07421222.1996.11518099

Winoto, Y., Aufa, N., & Anwar, R. K. (2020). Model literasi informasi pengajar dalam mengembangkan model kecerdasan ruang visual (spatial intelligence): Studi pada para peserta bimbingan belajar Villa Merah Bandung. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 4(1), 59–78. doi: https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v4i1.59-78

Wolf, S. (2003). The big six information skills as a metacognitive scaffold: A case study. School Library Media Research, 6, 1–24. Retrieved from http://www.ala.org/aasl/sites/ala.org.aasl/files/content/aaslpubsandjournals/slr/vol6/SLMR_BigSixInfoSkills_V6.pdf

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Nuraini, R., Martutik, M., & Prasetyawan, A. . (2021). Penerapan Model Literasi Informasi Big Six dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi SMAK St. Albertus Malang). JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1688–1709. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1688-1709

Issue

Section

Articles