Optimalisasi Kreativitas Siswa melalui Model Pembelajaran PjBL dengan Keterlibatan Aktif dalam Mata Pelajaran Pemrograman Berbasis Objek

Authors

  • Wenda Aditama PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Hakkun Elmunsyah Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
  • Aktia Arigiana Umami SMK Negeri 6 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p759-767

Keywords:

project-based learning, keterlibatan peran siswa, kreativitas siswa, Rekayasa Perangkat Lunak, TaRL

Abstract

Rendahnya kreativitas dalam mata pelajaran Pemrograman Berbasis Objek disebabkan oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam penentuan alur pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kreativitas siswa melalui analisis proyek pada mata pelajaran Pemrograman Berbasis Objek dalam kurikulum Merdeka di SMK Negeri 6 Malang. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari dua kelas XI RPL, dan sampel diambil dari satu kelas, yaitu XI RPL 1, yang diterapkan dalam dua siklus perlakuan. Data kreativitas siswa diperoleh melalui tes dan lembar kreativitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan indikator keterampilan berpikir lancar (siklus I: 24 persen, siklus II: 84 persen), berpikir luwes (siklus I: 25 persen, siklus II: 79 persen), berpikir orisinal (siklus I: 24 persen, siklus II: 87 persen), merinci (siklus I: 29 persen, siklus II: 78 persen), dan menilai (siklus I: 32 persen, siklus II: 33 persen). Uji-t menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa.

References

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis penggunaan model pembelajaran Project-Based Learning dalam peningkatan kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43.

Dewantari, A. S., & Nuris, D. M. (2024). Efektivitas model Project-Based Learning dalam implementasi TaRL pada pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas VII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 302–308. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p302-308

Dole, S., Bloom, L., & Kowalske, K. (2017). Transforming pedagogy: Changing perspectives from teacher-centered to learner-centered. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(1), 3–12.

Fauziyah, A. (2023). Instrumen tes dan non-tes pada penelitian. Jurnal Pendidikan, 2(6), 784–808.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. American Educational Research Association.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Ika, E., Putra, A. K., & Insani, N. (2024). Pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi Edmodo terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 329–338. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p329-338

Karimah, N., Rasimin, R., & Andiyaksa, R. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12972–12977. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4514.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-Based Learning. The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, 317–334.

Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Penerapan metode problem-based learning pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan minat dan hasil belajar. Jurnal Pendidikan, 7(3), 6.

Ma’ruf, M. (2019). Teacher problematics in authentic assessment implementation in 2013 curriculum at Al-Muslim Elementary School Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 88. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12886

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Muzammil, M. F., & Aminudin, R. (2021). Penggunaan media dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama negeri se Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8). https://doi.org/10.5281/zenodo.5769750

Ningrum, S. K., & Djuniadi, D. (2019). Penguatan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Semarang. Edu Komputika Journal, 6(2), 49-53.

Nopiyanti, P., Dewi, R. M., & Agustin, M. (2023). Strategies to overcome insecurity in 10th grade PPLG (software and game development) B students at SMK Negeri 5 Surakarta. JIPM: Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 192–196. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i3.397

Pradani, D. K., & Fawzi, A. (2025). Penerapan lembar kerja peserta didik berbasis PjBL pada materi sistem pencernaan manusia di kelas V. Journal of Language Literature and Arts, 5(2), 132–139. https://doi.org/10.17977/um064v5i22025p132-139

Prihandini, S. T. P. S. T. (2024). Analisis pembelajaran berbasis proyek di SDIT Sirojuttaqwa. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 5(1), 18–26. https://doi.org/10.35706/hw.v5i1.11534

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi literatur analisis kelebihan dan kekurangan LMS terhadap pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pemrograman web di SMK. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 171–181. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36692

Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan model Project-Based Learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas V E di SDN Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh model Project-Based Learning berlandaskan Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Thomas, J. W. (2000). A review of research on Project-Based Learning. Autodesk Foundation.

Torrance, E. P. (1974). The Torrance Tests of Creative Thinking norms and technical manual. Ginn & Company.

Wulansari, A. D., & Sujatmiko, B. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis web menggunakan PjBL untuk mengukur kompetensi pemrograman pada mata pelajaran pemrograman berbasis objek (Studi kasus: SMKN 2 Surabaya). IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(2), 9–17. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i2.61338

Downloads

Published

03/18/2025

How to Cite

Aditama, W., Elmunsyah, H., & Umami, A. A. (2025). Optimalisasi Kreativitas Siswa melalui Model Pembelajaran PjBL dengan Keterlibatan Aktif dalam Mata Pelajaran Pemrograman Berbasis Objek. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 759–767. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p759-767

Issue

Section

Articles