Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p728-738Keywords:
Pendekatan TaRL, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, One Group Pretest-PosttestAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada peserta didik kelas V SDN Sawojajar 5 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Adapun subjek penelitian melibatkan peserta didik di kelas V-A SDN Sawojajar 5 Malang, sebanyak 28 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sedangkan data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes (pretest - posttest) dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, nilai rerata pretest peserta didik 60,36, dan nilai rerata posttest setelah diberi perlakukan pendekatan TaRL sebesar 91,43. Dari hasil uji hipotesis, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, serta memiliki efektivitas N-Gain Score sebesar 0,8214 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL berpengaruh positif dan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V-A SDN Sawojajar 5 Malang.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246.
Attahira, N., Yunus, S. R., & Nasarullah, N. (2023). Penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 32-38.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui model Teaching at Right Level (TaRL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 topik perencanaan usaha pengolahan makanan awetan dari bahan pangan nabati. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407-12418.
Cofré, H., Núñez, P., Santibáñez, D., Pavez, J. M., Valencia, M., & Vergara, C. (2019). A critical review of students’ and teachers’ understandings of nature of science. Science and Education, 28(3–5), 205–248. https://doi.org/10.1007/s11191-019-00051-3
Hu, X., Gong, Y., Lai, C., & Leung, F. K. S. (2018). The relationship between ICT and student literacy in mathematics, reading, and science across 44 countries: A multilevel analysis. Computers and Education, 125, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.05.021
Iriani, E. (2019). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar menggunakan media kertas bergambar pada materi perkembangbiakan tumbuhan tema 1. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 4(2), 93–100. https://doi.org/10.33503/ebio.v4i02.505
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. PTK dan Pendidikan, 9(1), 59-74. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 3(2), 7-14.
Khuzaemah, E., Uswati, T. S., Maufur, S., & Nuryanto, T. (2016). Kolaborasi pendekatan saintifik dan sufistik dalam pembelajaran menulis dan memerankan naskah drama untuk membina sikap spiritual siswa: Penelitian deskriptif kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Cirebon. Cirebon: CV Elsi Pro.
Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TaRL model PBL dalam matematika kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6).
Liu, Q., Cheng, Z., & Chen, M. (2019). Effects of environmental education on environmental ethics and literacy based on virtual reality.
Madjid, R. A. (2019). Pengaruh penggunaan media audio Si Juara terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra di MTSLB/A Yaketunis Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(4), 305-314.
Mangesthi, V. P., Setyawati, R. D., & Miyono, N. (2023). Pengaruh pendekatan TaRL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV-B di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 19097-19104.
Muammar. (2022). Peran relawan literasi melalui pendekatan TaRL dalam menyelesaikan permasalahan literasi dasar di sekolah dasar. PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan implementasi pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam literasi dasar yang inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: BADA’A, 4(1).
Mulyani, S., Wulan, N. S., & Sumiati, I. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik dengan metode ADaBta melalui pendekatan TaRL di kelas II sekolah dasar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 135-152.
Ngaisah, N. C., Aulia, R., & others. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1-25.
Ningrum, M. C. N., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementation of the TaRL approach to increase student learning motivation in physics learning: Implementasi pendekatan TaRL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.
Nurlina, L., & Israhayu, E. S. (2023). Lokakarya dan pendampingan sekolah dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(12), 1711–1719. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji normalitas gain untuk pemantapan dan modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat), November, 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Peto, J. (2022). Melalui model Teaching at Right Level (TaRL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan penguatan karakter dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris KD. 3.4/4.4 materi Narrative Text di kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.
Rukli, R., & Hidayat, F. (2024). Deskripsi anak berkesulitan menyambungkan kata dengan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam literasi dasar di salah satu siswa kelas 4 SDN 6 Bulu-Bulu. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 26-32.
Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 492-498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Sholikah, S. K., Sunarti, & Masfingatin, T. (2023). Meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa SMP melalui model PJBL dengan pendekatan TaRL. PTK dan Pendidikan, 9(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik SMP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070-1075.
Wahira, W., Hasan, H., & Hamid, A. (2024). Pelatihan pelaksanaan pendekatan Teaching at the Right Level pada guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(2), 01-07.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Azlina, Putri Rohadatul Aisy, Siti Mas'ula

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.