Integrasi Teknologi dalam Penilaian Formatif Informatika melalui Quizizz Paper-Based
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p739-745Keywords:
alternatif inovatif, Quizizz, asesmen, penilaian formatifAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan Quizizz Paper-Based terhadap penilaian formatif dan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran informatika di SMPN 23 Malang. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok kontrol non-ekivalen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa, terbagi dalam kelompok eksperimen (menggunakan Quizizz Paper-Based) dan kelompok kontrol (menggunakan evaluasi konvensional berbasis kertas). Instrumen penelitian mencakup tes formatif dan kuesioner motivasi berbasis skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dan N-Gain untuk mengukur efektivitas metode ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quizizz Paper-Based meningkatkan fokus, motivasi, dan efisiensi penilaian siswa. Sebanyak 59,4 persen siswa lebih memilih metode ini dibandingkan Google Form karena interaktivitas dan umpan balik yang lebih cepat. Meskipun perubahan nilai akademik tidak signifikan, peningkatan motivasi menunjukkan bahwa metode ini dapat menciptakan pengalaman evaluasi yang lebih menyenangkan. Temuan ini menawarkan alternatif inovatif bagi guru dalam melaksanakan penilaian formatif yang tetap efektif meskipun terdapat pembatasan penggunaan ponsel di sekolah.
References
Adnan, A. T. W., & Adi, P. (2024). Implementasi media Quizizz sebagai sarana pembelajaran pada materi teks berita untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMP di era Society 5.0. Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 957–965. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p957-965
Aljaloud, A., Gaffney, I., & Weber, K. (2019). Exploring the impact of Kahoot! and Quizizz on student engagement and learning outcomes in higher education. Journal of Educational Technology & Society, 22(3), 31–42.
Arini, K. A. D., & Hidayanto, E. (2025). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik menggunakan aplikasi Quizizz metode kolaborasi dalam pembelajaran matematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 403–410. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p403-410
Balqis, A. S., & Andriani, A. E. (2024). Development of learning evaluation based on automatic assessment through Quizizz Paper Mode to improve students’ natural and social sciences learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3357–3366. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7251
Black, P., & Wiliam, D. (2021). Assessment and classroom learning. Routledge.
Cahyani, D. F., & Putranto, A. (2024). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Quizizz Paper Mode terhadap aktivitas belajar siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran, 4(3), 524–531. http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2021). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Firmanda, A., Yuspita, Y. E., & Misdar. (2024). The effect of using the Quizizz application to improve learning achievement of informatics students. SMART: Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, 3(1), 1–10. https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/smart/article/view/522
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2020). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Gikandi, J. W., Morrow, D., & Davis, M. (2021). Technology integration and student engagement: A review of research. Journal of Educational Technology, 18(2), 45–60.
Husnah, L. A., Heriyawati, D. F., & Elfiyanto, S. (2023). Quizizz Paper Mode is new: Students’ perception of using e-tool of language assessment in EFL class. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 10(2), 121–137. https://doi.org/10.22219/celtic.v10i2.28528
Indrawan, G. M., Retnantiti, S., & Sakti, K. F. L. (2023). Penerapan media permainan interaktif petak kata berbasis aplikasi Quizizz untuk melatih penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa SMA lintas minat. Journal of Language Literature and Arts, 3(10), 1474–1484. https://doi.org/10.17977/um064v3i102023p1474-1484
Johnson, K., & Davies, R. (2022). Evaluating digital assessment tools: A comparative study. Educational Assessment Review, 15(1), 25–40.
Kozma, R. (2021). Technology and classroom practices: The role of ICT in education. Educational Research Review, 10(3), 123–137.
Lesviza, R., Sestiya, S., Putri, S. M., Mustika, V., & Astuti, Y. (2024). Penerapan aplikasi Quizizz Paper Mode dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri 105 Palembang. Journal of Knowledge and Collaboration, 3(2), 455–459. https://ojs.arbain.co.id/index.php/jkc/index
Moorhouse, B., & Beaumont, M. (2021). Digital assessment and the use of technology in education. Educational Technology Journal, 12(4), 78–90.
Ningsih, D. K., & Alfaqi, M. Z. (2025). Penggunaan aplikasi Quizizz Paper Mode sebagai media dalam evaluasi pembelajaran matematika. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 564–571. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p564-571
Pamungkas, M. A., & Raharjo, T. J. (2024). Pengaruh penggunaan Quizizz Paper Mode terhadap penilaian formatif dan motivasi belajar peserta didik kelas VI dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 12449–12460. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Pellegrino, J. W., & Hilton, M. L. (2020). Education assessment: Priorities for the future. National Academies Press.
Putra, R. W. P. (2023). Utilizing Paper-mode Quizizz for formative assessment in English teaching and learning. Journal of Research on English and Language Learning, 4(1), 48–54. http://dx.doi.org/10.33474/j-reall.v2i1.9524
Sun, Y., Chen, W., & Chen, N. (2022). Interactive learning and student engagement in digital environments. Journal of Digital Learning, 7(1), 12–25.
Wang, A. I. (2020). The effect of digital game-based learning on student motivation and learning outcomes: A meta-analysis. Computers & Education, 149, 103807.
Yusuf, A., & Widodo, A. (2023). Inclusive education and digital tools: Addressing the digital divide. Journal of Inclusive Education, 11(2), 89–105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M Ferrari Firmansyah, Mabrul Rizal, Maharani Annisa Pasha, Lulita Ria Wandani, Mahadir Muhamad Erfin Abdilah, Zulfa Ulil Karomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.