Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Authors

  • Tiara Novita Aryani PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • A. Rosyid Al Atok Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p582-594

Keywords:

TaRL, implementasi pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas VIII-A SMP Negeri 17 Malang. Penelitian ini diperlukan karena dapat memberikan panduan praktis mengenai implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan pendekatan TaRL yang mempertimbangkan tingkat kemampuan peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menerapkan teknik, meliputi: wawancara, observasi, dan studi dokumen. Melalui penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi pendekatan TaRL dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dilakukan dalam beberapa tahap, meliputi: (1) melakukan penilaian diagnostik terhadap peserta didik; (2) memetakan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan (grouping); (3) menyusun rencana implementasi pendekatan TaRL dalam pembelajaran berdiferensiasi; (4) mengimplementasikan pendekatan TaRL dalam pembelajaran berdiferensiasi; dan (5) melakukan refleksi dan evaluasi. Implementasi pembelajaran tersebut memperoleh respon yang positif di mana dapat meningkatkan semangat dan kenyamanan peserta didik, serta membantu mengembangkan peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuannya.

References

Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi untuk siswa SD kelas II. As-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 312–324. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/4558/2069

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246.

Avianti, M. N., Setiani, A. R., Lestari, I., Septiawati, L., Lista, L., & Saefullah, A. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI melalui pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) pada materi sistem ekskresi. Jurnal Jeumpa, 10(2), 231–239.

Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2017). From proof of concept to scalable policies: Challenges and solutions, with an application. Journal of Economic Perspectives, 31(4), 73–102.

Dewantari, A. S., & Nuris, D. M. (2025). Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Implementasi TaRL pada Pembelajaran Berdiferensiasi Siswa Kelas VII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 302–308. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p302-308

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at the Right Level sebagai wujud pemikiran Ki Hadjar Dewantara di era paradigma baru pendidikan. Jurnal Pendidikan Non-Formal, 1(1), 1–10. https://edu.pubmedia.id/index.php/jpn/article/view/101

Fatma, A. F., & Listiawan, T. (2025). Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 287–294. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p287-294

Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73.

Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.

Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektif glokal dalam implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) pada pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1984–1994. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/7547/4127

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar siswa sekolah dasar melalui media audio-visual dalam pembelajaran. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 4(1), 25–36.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Magdalena, I., Fatmawati, & Luthfiyah, J. (2020). Strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas 3 di SD Negeri Tangerang 5. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 151–168.

Maut, W. O. A. (2022). Asesmen diagnostik dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 2(4), 1305–1312.

Mubarokah, S. (2022). Tantangan implementasi pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam literasi dasar yang inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165–179.

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Korsey, A. (2023). Strategi pembelajaran Project-Based Learning (PjBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706–719.

Nag, S., Chavan, P., & Mukherjee, S. (2022). Adapting TaRL for diverse classrooms: Diagnostic approaches and challenges. Educational Research Review, 45, 100672.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi pendekatan TaRL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 94–99. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.94-99

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.

Rahman, K., & Ririen, D. (2023). Implementasi asesmen diagnostik non-kognitif dalam kebijakan sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 1815–1823. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3954/pdf

Santamanggala, C. K. S., et al. (2024). Pendidikan karakter melalui Pancasila: Tantangan dan peluang dalam pendidikan Indonesia. Causa: Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 4(1), 21–30.

Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dan relevansi visi pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK, 5(1), 4827–4832.

Saputro, E. W., Rakhmawati, A., & Sunarso, R. (2024). Implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 179–192.

Sari, R., & Ayundasari, L. (2024). Implementasi Media Pembelajaran HIME (History Game) Menggunakan Pendekatan TARL. Journal of Language Literature and Arts, 4(12), 1260–1276. https://doi.org/10.17977/um064v4i122024p1260-1276

Suttrisno, F. Z. R. (2023). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal guna mengoptimalkan projek penguatan pelajar Pancasila madrasah ibtida’iyah di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 54–76.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, 3(1), 53–62.

Widiastuti, I., Hadi, S., & Utami, W. (2023). Integrating local culture into differentiated instruction for junior high school students. Indonesian Journal of Educational Research, 5(2), 88–101.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27–34.

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Aryani, T. N., & Al Atok, A. R. (2025). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 582–594. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p582-594

Issue

Section

Articles