Penerapan Media Card Education Output untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa SMP pada Materi Mengapresiasi Kebudayaan Lokal

Authors

  • Thania Carolline PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Abd. Mu'id Aris Shofa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0009-0008-3021-5076

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p549-556

Keywords:

media pembelajaran, kartu soal, keterlibatan siswa, CEO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan berbagai media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran yang efektif di kelas. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas X di SMP Muhammadiyah 01 Malang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik, serta analisis dokumen pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, seperti media sosial dan teknologi digital, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik sekaligus memperkaya pengalaman belajar. Selain itu, media pembelajaran tradisional tetap berperan penting dalam mendukung pemahaman konsep secara mendalam. Pembelajaran yang efektif dapat tercapai ketika media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal. Dengan penerapan media pembelajaran yang relevan, kualitas proses pembelajaran dapat ditingkatkan, motivasi belajar peserta didik dapat ditumbuhkan, serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan dapat diperkuat.

References

Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.

Baswara, S. B. (2024). Pengaruh media fun learning card terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 21 Surabaya. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 313–321.

Bosch-Farré, C., Cicres, J., Patiño-Masó, J., Basuldo, P. M., Toran-Monserrat, P., Martínez, A. L., & Malagón-Aguilera, M., del Carmen. (2024). Effectiveness of the flipped classroom methodology in higher education: A systematic review. Educación XX1, 27(1), 19-56. https://doi.org/10.5944/educxxi.35773

Ertanti, D. W., Hadi, S., Kusumaningrum, S. R., & Seow, D. (2023). Analysing the National Education Report Card as a quality management instrument. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 58-66.

Hamidah, H., & Sulastri, S. (2020). Penggunaan media visual untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 134-142.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.

Hidayat, A. (2012). Konsep pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (Paikem). AN NUR: Jurnal Studi Islam, 4(1), 39-50.

Inaru. (2025). Peningkatan hasil belajar berbantuan media flash card pada pembelajaran IPS peserta didik kelas VII SMP. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 60–67. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p60-67

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2007). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, M. A., & Maziyah, L. (2024). Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas XI. Journal of Language Literature and Arts, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.17977/um064v4i12024p26-40

Suardipa, I. P. (2020). Proses scaffolding dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education, 1(1), 25-33.

Sudaryati, S. (2021). Peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran berbasis digital (daring) melalui supervisi klinis di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 156-191.

Thanomsing, C., & Sharma, P. (2024). Understanding instructor adoption of social media using the technology acceptance model. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 17(1), 47-65. https://doi.org/10.1108/JRIT-04-2022-0021

Therrell, B. L., Padilla, C. D., Borrajo, G. J. C., Khneisser, I., Peter, C. J. I. S., Knight-Madden, J., . . . Kase, M. (2024). Current status of newborn bloodspot screening worldwide 2024: A comprehensive review of recent activities (2020–2023). International Journal of Neonatal Screening, 10(2), 38. https://doi.org/10.3390/ijns10020038

Zuhdiana, A. A., & Mawartningsih, L. (2017). Penerapan model pembelajaran mind mapping dengan media kartu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Environmental, and Learning, 14(1), 604–610.

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Carolline, T., & Shofa, A. M. A. (2025). Penerapan Media Card Education Output untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa SMP pada Materi Mengapresiasi Kebudayaan Lokal. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 549–556. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p549-556

Issue

Section

Articles