Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS

Authors

  • Ika Wara Yuni Antisna PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Joko Sayono Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-2557-3484

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p540-548

Keywords:

Pengajaran efektif, Scaffolding, ZPD, perkembangan peserta didik

Abstract

Pengajaran yang efektif adalah pengajaran ideal yang mampu mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Berbagai strategi pengajaran dapat diterapkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal, salah satunya adalah metode scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode scaffolding dalam Zone of Proximal Development (ZPD) pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS 3 SMA Laboratorium UM, serta untuk mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan scaffolding dalam pembelajaran sejarah sangat penting, terutama karena peserta didik masih memerlukan bantuan guru dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran. Bantuan yang diberikan melalui scaffolding terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan kemandirian belajar peserta didik secara bertahap. Temuan ini menegaskan peran penting guru sebagai fasilitator dalam mendukung perkembangan peserta didik sesuai dengan ZPD mereka.

References

Amaliyah, R., & Lutviantiani, M. (2022). Jasmerah: Platform edukasi sejarah berbasis website sebagai strategi pendidikan karakter generasi Z guna mewujudkan masyarakat madani. Journal of Education and Culture, 8(3), 245-259.

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan uji coba LKPD Interaktif dengan pendekatan scaffolding pada materi hidrolisis garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105.

Bockarie, A. (2002). The potential of vygotsky's contributions to our understanding of cognitive apprenticeship as a process of development in adult vocational and technical education. Journal of Career and Technical Education, 19(1) https://doi.org/10.21061/jcte.v19i1.493

de Souza, B. (2023). Regular schools as a straitjacket for Zone of Proximal Development: A vygotskian perspective of malawian inclusive secondary education. Perspectives in Education, 41(4), 50-64. https://doi.org/10.38140/pie.v41i4.6880

Etela, P., Motlagh, H. S., & Yazdani, S. (2024). Tracking modifications of iranian EFL teachers’ pedagogical beliefs in interaction between a pre-service teacher training program and teaching practices. Research in English Language Pedagogy (RELP), 12(2), 261-279. doi:https://doi.org/10.30486/relp.2023.1977663.1432

Harahap, O., F., M, Napitupulu, M., & Batubara, N., S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.

Khairunnisa, A., & Wahyuningtyas, . T. (2024). Penerapan Scaffolding untuk meningkatkan Keterampilan Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p83-91

Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Nursanti, I. (2022). Penerapan metode scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10279-10295. https://doi.org/10.36655/jpt.v6i2.1532

Risaaldi, H. M., & Widyawati, I. W. (2024). Strategi Scaffholding pada Prinsip Zone of Proximal Development dalam Materi Seni Patung pada Kelas IX. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p110-116

Sadiman, A., Arief, S., Haryono, & Rahardjo, S. (2007). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. PT. Raja Grafindo Persada.

Saputri, F., & Wahyuningtyas, T. (2024). Penerapan Metode Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Peserta Didik pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VII. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1149–1160. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1149-1160

Suardipa, I. P. (2020). Proses scaffolding dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education, 1(1), 12-21. https://doi.org/10.1234/jme.v1i1.2020

Sutiarso. (2009). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 7-15.

Swastika, A. I., & Utami, I. W. P. (2025). Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) Kelas X DKV-2 Di SMK terhadap Mata Pelajaran Sejarah. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p68-76

Usman, M. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers.

Wardana, M. A. (2024). Penerapan Scaffolding untuk Menguatkan Pemahaman Materi dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 6 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(7), 1-1. https://doi.org/10.17977/um063v4i7p1

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Antisna, I. W. Y., & Sayono, J. (2025). Penerapan Scaffolding pada Zone of Proximal Development dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 540–548. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p540-548

Issue

Section

Articles