Penerapan Model Discovery Learning: Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Fase D di SMP Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p638-653Keywords:
Deskriptif Kualitatif, Discovery Learning, Memerdekakan Siswa, Model PembelajaranAbstract
Pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter dan potensi siswa agar siap menghadapi tantangan zaman. Proses belajar harus inovatif dan adaptif agar efektif serta relevan. Discovery Learning merupakan pendekatan yang memberi siswa kebebasan mengeksplorasi pengetahuan secara mandiri, menjadikannya subjek aktif dalam belajar. Model ini mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan rasa ingin tahu, sejalan dengan konsep Merdeka Belajar. Penelitian ini menganalisis efektivitas model Discovery Learning dalam membebaskan peserta didik dalam berpikir dan bertindak di sebuah SMP di Kota Malang. Analisis mencakup pemahaman teori, implementasi di kelas, dan dampaknya terhadap siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru dan siswa. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode, yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning diterapkan secara efektif dalam pembelajaran. Siswa lebih aktif, mandiri, dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi. Temuan ini memperkuat gagasan bahwa pembelajaran berbasis eksplorasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendorong siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat.
References
Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka berbasis individual differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64–74. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.64-74
Arends, R. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai wujud pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221–226. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.112
Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., & Rahayu, S. U. (2023). Analisis pengukuran temperatur udara dengan metode observasi. Jurnal Garuda Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–15.
Janssen, F. J. J. M., Westbroek, H. B., & van Driel, J. H. (2014). How to make guided Discovery Learning practical for student teachers. Instructional Science, 42, 67–90.
Kaharuddin, N., Kohar, N. M., & Hartono. (2023, September 17). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 7 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 207–213. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i2.629
Marfu'ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022, Februari). Model pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020, Oktober 21). Konsep model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.697
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.
Muadzin, A. M. A. (2021). Konsepsi peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186.
Mufidah, I., Suyono, & Ekawati, R. (2023, Desember 29). Model Discovery Learning untuk meningkatkan critical thinking dan literasi membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(3). https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p134-144
Nissa, K., & Putri, J. H. (2021). Peran guru dan strategi dalam meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 51. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.27984
Nurkhojin, M., Odja, A. H., Buhungo, T. J., Mursalin, M., Uloli, R., & Payu, C. S. (2022). The effectiveness of the Discovery Learning model assisted by video games to improve student learning outcomes on the concept of momentum and impulse in high school. Physics Education Research Journal, 4(1), 57–62. https://doi.org/10.21580/perj.2022.4.2.12781
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021, Juni 9). Peningkatan keaktifan belajar melalui model Discovery Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Sakung, A. F., Diawanto, F., & Wahidah, N. I. (2024, Juli 31). Penerapan kegiatan refleksi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah belajar dan pembelajaran. Zenodo. https://doi.org/10.5281/zenodo.13163246
Sinaga, S. J., Fadhilaturrahmi, F., Ananda, R., & Ricky, Z. (2022). Model Pembelajaran Matematik Berbasis Discovery Learning dan Direct Instruction. CV Widina Media Utama.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Svinicki, M. D. (1998). A theoretical foundation for Discovery Learning. Advances in Physiology Education, 275(6), S4. https://doi.org/10.1152/advances.1998.275.6.S4
Syaputra, A. (2022). Implementasi metode random sampling pada animasi motion graphic herbisida dan fungisida. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11(2), 142–147. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1370
WH, E. H., Anisa, L. N., Meilani, A. R., Munasyifa, A., Sari, L. N., & Bashoriyah, R. (2023). Manajemen kelas yang efektif pada kelas indoor dengan menggunakan Discovery Learning. BIOFAIR, 128–154. https://conference.upgris.ac.id/index.php/biofair/article/view/4187
Zuhaida, K., Purnamasari, V., Saputro, S. A., & Muniarti, N. A. N. (2024). Analisis pembelajaran berdiferensiasi produk berbasis problem based learning kelas 1 SDN Pandean Lamper 03 Semarang. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(5), 451–463. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/24740
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ibram Gusti Childrabahti, Mohammad Robieth Alfan Alhamid, Mohamad Yusuf Kurniawan, Natasya Titania Ramadhanti, Nazhiroh Tahta Arsyillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.