Implementasi Etnomatematika melalui Makanan Tradisional Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Materi Balok dan Kubus
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p519-525Keywords:
Etnomatematika, makanan tradisional, balok dan kubusAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi etnomatematika melalui makanan tradisional pembelajaran matematika siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi saat kegiatan pembelajaran matematika di SDN Ciptomulyo 1 Malang. Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran matematika di kelas IV SDN Ciptomulyo 1 Malang belum menghubungkan antara matematika dengan budaya sehari-hari peserta didik. Pembelajaran matematika berbasis budaya dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Implementasi etnomatematika melalui makanan tradisional mencakup beberapa hal yaitu: 1) meningkatkan semangat belajar peserta didik dan meningkatkan berpikir kritis peserta didik mengenai materi bangun ruang balok dan kubus, 2) memberikan pemahaman konsep matematika diantaranya dapat mengkonstruksi pemahaman peserta didik melalui eksplorasi makanan tradisional dalam kehidupan sehari-hari, 3) memberikan pemahaman bermakna bagi peserta didik mengenai materi balok dan kubus, dan 4) memberikan pemahaman konsep matematika mengenai materi balok dan kubus yang abstrak menjadi konkret.
References
Apriadi. (2021). Video animasi matematika dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
Choeriyah, L., Nusantara, T., Qohar, A., & Subanji. (2020). Studi etnomatematika pada makanan tradisional Cilacap. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 210–218.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Milkhaturrohman, Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika materi bangun datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94–106. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2095
Muk Minah, M. S. A., & Izzati, N. (2021). Etnomatematika pada makanan tradisional Melayu Daik Lingga sebagai sumber belajar. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/552
Pratiwi, J. W., & Heni, P. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi kuliner lokal Indonesia dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 38. https://doi.org/10.22146/jpt.24970
Rahmadani, A. (2023). Upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 427–433. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167
Rosydiana, A. (2017). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550
Setiani, D., Rahmawati, E., & Pramesti, S. L. D. (2023). Peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika di era Society 5.0. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 451–461. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1356
Sugitra, K., Wiarta, I., & Ganing, N. (2022). Media pembelajaran kartun animasi 2D berorientasi kontekstual learning pada mata pelajaran matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491
Suryaningsih, C., & Munahefi, D. N. (2021). Penerapan puzzle bernuansa etnomatematika melalui permainan engklek pada materi bangun datar. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 111–118. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45008
Ulfa, F. (2020). Kemampuan koneksi matematis dan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika melalui model brain-based learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537
Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan kreativitas dan inovatif guru dalam mengajar di kelas terhadap peningkatan motivasi dan minat belajar peserta didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365
Yulianasari, N., Salsabila, L., Maulidina, N., & Maula, L. H. (2023). Implementasi etnomatematika sebagai cara untuk menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 462–472.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salwa Sausanti, Ade Eka Anggraini, Hikmatus Saadah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.