Penggunaan Wordwall pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Siswa Kelas 1 SD Laboratorium
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p533-539Keywords:
pendidikan dasar, media pembelajaran, Wordwall, sekolah dasarAbstract
Pendidikan merupakan aspek penting dalam masyarakat karena meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membuka peluang kesuksesan bagi individu. Dalam konteks ini, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di tingkat Sekolah Dasar memiliki peran krusial dalam pengembangan siswa secara menyeluruh. Namun, mengajar mata pelajaran ini di kelas 1 SD dapat menjadi tantangan karena kebutuhan akan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan siswa dan variasi dalam gaya belajar mereka. Dalam era teknologi informasi, media pembelajaran digital, seperti aplikasi Wordwall, menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Studi ini menganalisis penggunaan Wordwall dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di kelas 1 SD dan menemukan dampak positif pada pemahaman siswa, keterlibatan mereka dalam pembelajaran, dan kemampuan mereka dalam mempertahankan informasi. Melalui fitur-fitur interaktifnya, Wordwall tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik tetapi juga memfasilitasi pemahaman konsep secara efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan pembelajaran di tingkat dasar dan memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.
References
Amaliyah, R. (2023). The implementing of using Wordwall as a media to improve the students’ vocabulary achievement in new normal era. Edu-Ling Journal of English Education and Linguistics, 6(2), 165–174. https://doi.org/10.32663/edu-ling.v6i2.3571
Anisah, L. (2022). Utilizing "Wordwalls" as an assessment tool for Indonesian junior high school students. English Review Journal of English Education, 10(3), 831–842. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i3.6472
Destiana, R., & Purwanto, P. (2024). Penerapan media interaktif Wordwall pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 117–123. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p117-123
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.
Fakhruddin, A., Firdaus, M., & Mauludiyah, L. (2021). Wordwall application as a media to improve Arabic vocabulary mastery of junior high school students. Arabiyatuna Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 217. https://doi.org/10.29240/jba.v5i2.2773
Fitrani, L. (2023). Training and assistance in the implementation of interactive learning media and utilization of technology by using the Wordwall application. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(3), 459–466. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i3.2269
Fitria, T. (2023). Creating an education game using Wordwall: An interactive learning media for English language teaching (ELT). Foremost Journal, 4(2), 115–128. https://doi.org/10.33592/foremost.v4i2.3610
Jannah, M., & Syafryadin, S. (2022). EFL students’ perspectives on the use of Wordwall.net as vocabulary learning media. ELT Forum: Journal of English Language Teaching, 11(2), 115–124. https://doi.org/10.15294/elt.v11i2.57120
Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat media pembelajaran digital dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SD selama pandemi COVID-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 3.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa MAN 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Nurbadriyah, F., Darmawan, P., & Wardani, M. A. K. (2024). Penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam mengatasi keragaman gaya belajar siswa untuk memenuhi target kurikulum. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1091–1096. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1091-1096
Purnawan, P., & Hidayati, D. (2021). Pelatihan dan penerapan e-learning dan m-learning di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman. Surya Abdimas, 5(1), 41–46. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.866
Riyan, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran teks eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Said, S. (2023). Peran teknologi sebagai media pembelajaran di era abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 194–202.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Alfabeta.
Sulyanah, S., Hasanah, F. N., & Untari, R. S. (2021). Application of web-based learning to measure students' learning interest. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1), 012099. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012099.
Suriatno, A., & Yusuf, R. (2020). Modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani sebagai upaya meningkatkan keterampilan gerak dasar. Journal Sport Science, Health and Tourism of Mandalika (JONTAK), 1(2), 64–70. https://doi.org/10.36312/jontak.v1i2.233
Swastyastu, L. T. J. (2020). Manfaat media pembelajaran dalam pemerolehan bahasa kedua anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ragita Febriansyah, Gema Fitriady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.