Peningkatan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran Melalui Metode Problem Solving dan Penerapan Gaya Belajar Secara Visual pada Siswa Kelas 11 Pekerjaan Sosial

Authors

  • Zulfa Kholila PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Zulkarnain Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p526-532

Keywords:

partisipasi aktif siswa, metode problem solving, gaya belajar visual

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang peningkatan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang tahun ajaran 2023/2024. Adapun untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa tersebut melalui metode problem solving dan penerapan gaya belajar secara visual saat pelaksanaan proses pembelajaran. Kajian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang yang berjumlah 32 siswa. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah partisipasi aktif siswa saat proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan partisipasi aktif siswa saat mengikuti proses pembelajaran yang dilihat dari siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan partisipasi aktif siswa yang dilihat dari beberapa indikator pada siklus 1 memiliki tingkat partisipasi aktif siswa dengan rata – rata sebesar 44,79 persen dengan kategori tidak baik, kemudian pada siklus 2 meningkat rata – rata sebesar 84,37 persen dengan kategori baik. Dengan demikian penggunaan metode problem solving dan penerapan gaya belajar secara visual pada siswa kelas 11 Pekerjaan Sosial SMKN 2 Malang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

References

Abdullah, M. Y., Bakar, N. R. A., & Mahbob, M. H. (2012). The dynamics of student participation in classroom: Observation on level and forms of participation. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 61–70.

Adib Burhan, M. B., Pujiyanto, P., & Hermanto, Y. A. L. (2022). Perancangan Komik Berjudul Painting Picture Inside My Head sebagai Media Pengembangan Diri bagi Kalangan Emerging Adulthood. Journal of Language Literature and Arts, 2(1), 91–112. https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p91-112

Alfiah, A., Budiarti, R., Pratiwi, E., Mariati, P., & Rihlah, J. (2022). Kahoot game-based learning: Pemberdayaan KKG SD di Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Indonesia Berdaya, 3(3), 417–424. https://doi.org/10.47679/ib.2022237

Amaliah, D. (2016). Pengembangan muatan lokal sebagai salah satu strategi menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1, 419–613.

Isgiyanti, M. (2022). Upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode problem solving pada mata pelajaran PPKn di kelas XI. Learning Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 9–20. https://doi.org/10.51878/learning.v2i1.963

Khayat, N. I. (2020). Implementasi manajemen mutu berbasis ISO 9001: 2015 di SMK Ma’arif NU Bobotsari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga [Skripsi tidak dipublikasikan, IAIN Purwokerto].

Mulyo, S. (2023). Penerapan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 220–227.

Novita, E. (2022). Praktik pembelajaran inovatif guru penggerak di SDN Inpres Tenga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 110–121. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i2.225

Pangestu, M., K., Yulianti, E., & Pratiwi, N. (2021). Pengembangan instrumen penilaian bermuatan steam untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan problem solving pada tema getaran dan gelombang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya, 1(4), 297–303. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p297-303

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student-centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Prabandari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan LKS IPS berbasis creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 355–363. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.309

Prahmana, S. (2023). Mengeksplorasi efektivitas penggunaan teknik gamifikasi sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa di SMK Perpajakan Riau. https://doi.org/10.31219/osf.io/w2pgb

Putri, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & Azizah, F. N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163.

Rafiuddin, A., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh interaksi sosial siswa dengan guru, teman sekolah, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa MA Miftahut Thullab Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 146–167.

Risnanosanti, R., Syofiana, M., & Hasdelyati, H. (2020). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan model pembelajaran problem solving berbasis lesson study. Indiktika Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 168–178. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i2.4137

Sabaniatun, S., Febrilia, B., & Juliangkary, E. (2019). The problem-solving ability of students on the material perimeter and area of a triangle. Edumatica | Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–13. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.6074

Saputra, A. I. (2016). Pengaruh metode problem solving dengan menggunakan teknik scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA YLPI Pekanbaru [Skripsi tidak dipublikasikan, Universitas Islam Riau].

Saputri, F. I. (2016). Pengaruh gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 25–36.

Sari, S. M., Harahap, M. R., & Ridwan, A. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran poster dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 438–449.

Simanjuntak, Y., Suharto, Y., & Insani, N. (2022) Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan youtube terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 10 Malang. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(3), 715-728. https://doi.org/10.17977/um063v2i8p715-728

Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. (2021). Pengaruh Model Project Base Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. Journal of Language Literature and Arts, 1(3), 320–330. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330

Yusella, Y. (2023). Profile of Mathematics Problem Solving for Fourth Grader on Fractional Material Viewed from the Type of Learning Style. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(12), 1078–1086. https://doi.org/10.17977/um065v3i122023p1078-1086

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Kholila, Z., & Zulkarnain, Z. (2025). Peningkatan Partisipasi Aktif dalam Pembelajaran Melalui Metode Problem Solving dan Penerapan Gaya Belajar Secara Visual pada Siswa Kelas 11 Pekerjaan Sosial . Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 526–532. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p526-532

Issue

Section

Articles